Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 6 Negara dengan Pulau Terbanyak di Dunia, Apakah Indonesia Salah Satunya?

Kompas.com - 07/04/2022, 16:00 WIB
Negara dengan Pulau Terbanyak di Dunia Sumber Gambar: Freepik.com Negara dengan Pulau Terbanyak di Dunia
Rujukan artikel ini:
Atlas Indonesia & Dunia Super…
Pengarang: Rinaldy Saputro & Paramukti…
|
Editor Almira Rahma Natasya

Coba tebak, negara apa saja yang memiliki pulau terbanyak di dunia?

Pasti kebanyakan dari kita akan menjawab Indonesia, sebab negara ini memang dikenal sebagai negara kepulauan, yang pastinya mempunyai jumlah pulau yang banyak.

Namun, faktanya tidak demikian, sebab ada negara lain yang ternyata memiliki jumlah pulau lebih banyak daripada Indonesia.

Sebaliknya, negara-negara dengan daratan yang luas justru menjadi negara-negara yang paling mendominasi dalam daftar negara dengan pulau terbanyak di dunia.

Bumi sendiri tidak hanya berisi lautan dan daratan yang luas, tapi juga diisi dengan kumpulan pulau-pulau yang jumlahnya bisa dibilang sangat banyak, di mana pulau-pulau tersebut bisa membentuk sebuah negara maupun menjadi bagian dari suatu negara.

Berdasarkan jumlah pulau yang ada di belahan bumi ini, negara mana saja yang masuk ke dalam enam negara dengan pulau terbanyak di dunia? Simak jawabannya berikut ini.

6 Negara dengan Pulau Terbanyak di Dunia

1. Swedia

Siapa yang sangka jika Swedia yang terletak di Eropa Utara mempunyai 267.570 pulau yang tersebar di Negara Skandinavia ini.

Walaupun memiliki jumlah pulau terbanyak di dunia, tapi hanya kurang dari 1.000 pulau saja yang berpenghuni.

Ribuan pulau yang tersebar di negara ini dapat ditemukan di sepanjang garis pantai Timur dari ujung Utara hingga Selatan, dan salah satu kepulauan paling terkenal di Swedia ialah Kepulauan Stockholm yang berisi 30.000 pulau.

2. Norwegia

Hampir sama dengan negara tetangganya, yaitu Swedia, Norwegia menempati urutan kedua sebagai negara dengan pulau terbanyak di dunia dengan jumlah pulau sebanyak 221.831.

Di antara ratusan ribu pulau tersebut, Kepulauan Lofoten menjadi yang paling terkenal karena keindahannya dengan iklim yang jauh lebih sejuk dan segar, yang menjadikannya sebagai destinasi berkelanjutan.

3. Finlandia

Masih dari kawasan Skandinavia, kini giliran Finlandia yang menempati urutan ketiga dengan jumlah pulau sebanyak 188.000 yang berjejer dari pantai barat daya ke Laut Baltik.

Beberapa pulau di Finlandia juga bisa kamu jadikan destinasi pariwisata, seperti pulau Viikinsaari, pulau Lammassaari, pulaupulau Vallisaari, pulau Kaunissaari, hingga pulau Jurmo.

4. Kanada

Siapa yang menyangka jika sebagai negara terbesar kedua, Kanada masuk ke dalam daftar negara dengan pulau terbanyak di dunia dengan total jumlah pulau sebanyak 52.445 yang tersebar di sekitar Samudra Arktik, Pasifik, dan Atlantik.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Terdapat beberapa pulau dengan total wilayah yang luas dan masuk ke dalam 10 besar pulau terbesar di dunia, yaitu Pulau Ellesmere, Pulau Victoria, dan Pulau Baffin yang menjadi bagian dari Kepulauan Arktik.

5. Amerika Serikat

Negara Adidaya yang memang terkenal kuat dalam bidang ekonomi dan teknologi ini mengklaim memiliki 18.617 pulau.

Di antara puluhan ribu pulau yang dimiliki oleh Amerika Serikat, Pulau Hawaii menjadi salah satu lokasi tujuan untuk berlibur karena memiliki keindahan alam yang luar biasa memanjakan mata.

6. Indonesia

Siapa sangka jika negara kepulauan seperti Indonesia justru malah berada di posisi keenam?

Dengan jumlah pulau sebanyak 17.504 dan 6.000 pulau yang sudah berpenghuni, Pulau Jawalah yang menjadi pulau paling padat di Indonesia.

Bisa dibilang, ukuran Pulau Jawa kira-kira hampir sama dengan negara bagian New York di Amerika Serikat dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat, sehingga wajar saja jika Pulau Jawa mampu menarik banyak minat penghuni.

Mungkin banyak di antara kamu yang mengira jika Indonesia merupakan negara dengan jumlah pulau terbanyak, tapi ternyata tebakan kamu salah karena nyatanya negara dengan pulau terbanyak dipegang oleh negara-negara Skandinavia.

Berbicara pulau dan negara, rasanya akan sangat cocok untuk mencari tahu lebih banyak nama-nama kota, pulau, dan daerah yang ada di seluruh dunia dengan mempelajarinya lewat buku Atlas.

Buku Atlas Indonesia & Dunia Super Lengkap bisa menjadi buku yang tepat untuk menjadi media belajar dalam mengenal bentuk dan ukuran negara-negara yang ada di seluruh dunia.

Buku ini disusun berdasarkan data dan perkembangan geografis terbaru, sehingga isinya dijamin akurat untuk membantu kamu belajar tentang berbagai macam peta dunia yang pastinya akan sangat menarik untuk dipelajari.

Atlas ini memuat 34 provinsi di Indonesia dan 49 lembar peta dunia dengan informasi yang semakin menambah pengetahuan tentang negara-negara yang ada di dunia.

Atlas Indonesia & Dunia Super Lengkap bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com