Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Profesi dengan Gaji Tertinggi di Indonesia Tahun 2022 dan Bagaimana Kamu Dapat Mencapainya

Kompas.com - 22/03/2022, 17:04 WIB
Sumber Gambar: Canva
Rujukan artikel ini:
Esensialisme: Pentingkan yang Penting Saja
Pengarang: Greg Mckeown
Penulis Renny Novita
|
Editor Novia Putri Anindhita

Ada banyak alasan mengapa orang-orang melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, salah satunya adalah untuk meniti karir sampai ke posisi yang jadi impian.

Dari sekian banyak posisi, ada beberapa posisi yang lebih unggul dibandingkan dengan posisi lainnya terutama dalam hal gaji dan benefit.

Berdasarkan situs Michael Page, sebuah perusahaan konsultan rekrutmen yang sudah beroperasi di seluruh dunia termasuk di Indonesia, berikut adalah tiga posisi dengan gaji tertinggi untuk tahun 2022 di Indonesia.

Selain itu di dalam artikel ini kamu mengetahui ruang lingkup tanggung jawab dan latar belakang pendidikan untuk mendukung pengetahuanmu di posisi tersebut.

1. Posisi C-Executive

Mereka yang berada di posisi eksekutif adalah mereka yang berada di level senior, membuat keputusan bisnis penting dan memastikan bahwa itu dikerjakan sesuai dengan rencana.

Huruf C yang berada di depan jabatan merupakan singkatan dari Chief atau kepala dan huruf di tengah mengacu pada bagian yang merupakan tanggung jawab mereka.

Ada banyak posisi eksekutif seperti Chief Executive Officer (CEO), Chief Operating Officer (COO), Chief Finance Officer (CFO), Chief Marketing Officer (CMO), Chief Information Officer (CIO), CCO (Chief Commercial Officer), Chief Human Resources Officer (CHO) atau terkadang dikenal juga sebagai Chief Talent Officer (CTO), Chief Technology Officer (CTO), dan Chief Content Officer (CCO).

Diantara posisi eksekutif ini, Chief Executive Officer (CEO), Chief Financial Officer (CFO), dan Chief Operating Officer (COO) dari berbagai sektor menempati posisi dengan gaji tertinggi, berkisar 150 juta sampai 250 juta per bulan.

Seorang CEO mempunyai tanggung jawab untuk memonitor keseluruhan tim eksekutif, membuat keputusan besar yang terkait dengan pertumbuhan dan kesuksesan sebuah perusahaan.

Untuk menjadi seorang CEO, kamu dapat juga dipilih oleh Board of Director (BOD) atau jajaran direksi dan shareholders atau para pemegang saham.

Sedangkan seorang CFO bertanggung jawab terhadap masalah keuangan dan keputusan keuangan sebuah bisnis.

Seorang COO bertanggung jawab mengelola operasional perusahaan sehari-hari dan seringkali bertindak sebagai tangan kanan dari CEO.

2. Risk Director

Seorang risk director terlibat dalam pemantauan investigasi internal atau insiden yang telah mengekspos perusahaan terhadap potensi risiko.

Mereka juga dapat mempunyai kewenangan untuk memeriksa kontrak perusahaan untuk mengidentifikasi potensi masalah risiko.

Rata-rata gaji yang diperoleh dari posisi ini adalah sekitar Rp180 juta per bulan.

Jika ini adalah posisi impian kamu, setidaknya kamu sudah mengantongi gelar sarjana / bachelor.

3. Country Sales Manager

Sektor industri Consumer & Retail adalah sektor yang menjanjikan di tahun 2022 ini dan sebagai seorang Country Sales Manager, kamu bisa membawa pulang sekitar Rp175 juta per bulan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Seorang Country Sales Manager bertanggung jawab untuk mencapai tujuan penjualan perusahaan di seluruh wilayah negara.

Posisi senior ini melibatkan kegiatan pengawasan seluruh tim penjualan nasional dan bekerja sama dengan manajer penjualan regional serta klien dan termasuk pelanggan penting.

Untuk menduduki posisi Country Sales Manager, seseorang minimal mempunyai gelar sarjana dan bahkan gelar master.

Beberapa jurusan yang umum menjadi latar belakang pendidikan posisi Country Sales Manager termasuk bisnis, marketing, management, communication, finance dan ekonomi.

Hal yang Penting Selain Kemampuan Teknis

Kalau kamu memimpikan suatu saat bisa menduduki salah satu dari posisi tersebut, ada hal yang penting yang perlu kamu persiapkan.

Hal yang penting itu adalah kemampuan soft skills.

Salah satu soft skills yang penting dimiliki oleh mereka yang berada di posisi puncak adalah bagaimana mereka bisa memaksimalkan kemampuan mereka untuk meningkatkan produktivitas.

Buku Esensialisme: Pentingkan yang Penting Saja memuat pendekatan baru tentang produktivitas dan kehidupan dengan cara kamu memprioritaskan hanya yang penting di dalam hidup.

Buku Esensialisme yang ditulis oleh Greg McKeown adalah salah satu buku best seller yang terjual jutaan kopi di seluruh dunia tentang bagaimana memaksimalkan hidupmu dengan melakukan lebih sedikit.

Melakukan lebih banyak bukan berarti kamu melakukan sesuatu yang lebih berarti untuk kehidupan kamu, untuk posisi eksekutif yang kamu raih.

Esensialisme mengajarkan kamu untuk menjadi editor untuk hidupmu sendiri dan salah satu aturan untuk mencapainya adalah aturan 90%.

Untuk setiap hal yang akan kamu lakukan atau keputusan yang akan kamu ambil, fokus pada kriteria yang paling penting dan sesuai dengan tujuanmu, kemudian beri nilai setiap tugas itu antara 0 sampai dengan 100.

Untuk nilai di bawah 90, berarti bisa kamu tinggalkan atau delegasikan karena tidak mendukung tujuan besarmu.

Buku Esensialisme: Pentingkan yang Penting Saja banyak dipakai dan diterapkan oleh posisi middle management sampai dengan senior management, karena jika ada sesuatu yang harus ditambahkan di dalam hidupmu berarti harus sesuatu yang menambahkan value ke dalam hidupmu dan tujuan pentingmu.

Buku Esensialisme: Pentingkan yang Penting Saja bisa kamu dapatkan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com