Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Memulai Bisnis Startup, Langkah Awal Menuju Kesuksesan

Kompas.com - 10/03/2022, 14:37 WIB
Sumber Gambar: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
The Lean Startup
Pengarang: Eric Ries
|
Editor Almira Rahma Natasya

Perkembangan dunia teknologi dan informasi yang semakin bertumbuh pesat, membuat banyak anak muda mencari cara untuk memulai bisnis startup yang kini sudah menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan untuk dijalani.

Membangun sebuah bisnis startup yang sukses adalah impian banyak orang, sehingga dibutuhkan cara dan langkah yang tepat sebelum memulainya, agar mampu bersaing di pasar yang penuh persaingan.

Terdapat beberapa step yang harus dilakukan sebelum menjadikan bisnis startup yang akan kamu kelola mampu bersaing dan menjadi sukses, karena setiap langkah yang harus dilakukan mempunyai peranan penting dalam perkembangan startup yang akan dibangun.

Startup sendiri hadir bagai sebuah ide brilian yang muncul dari masalah sosial pendirinya, dengan tujuan untuk memberi jalan keluar dari masalah tersebut, meskipun bisa dibilang konsep bisnisnya sendiri biasanya belum terbentuk secara sempurna.

Biasanya, startup hanya berdiri berdasarkan ketidakpastian atau hanya sekedar ikut-ikutan belaka karena tidak memahami dan mengikuti cara yang tepat sebelum memulainya, sehingga banyak startup yang baru muncul harus tenggelam akibat kesalahan ini.

Namun, sebenarnya bagaimana cara memulai bisnis startup yang benar? Berikut lima cara membangun bisnis startup agar tidak salah langkah ketika akan memulainya.

5 Cara Memulai Bisnis Startup

1. Cari Ide Bisnis yang Sederhana, tapi Mampu Memberikan Solusi yang Pasti

Alih-alih mencari ide bisnis berdasarkan tren yang sedang populer saat ini, kamu dapat mencari ide lain yang jauh lebih sederhana, tapi memberikan manfaat bagi konsumen dengan kepuasan yang luar biasa.

Beberapa ide bisnis ini bisa kamu dapatkan berdasarkan pengalaman pribadi, atau permintaan konsumen saat itu yang dapat kamu realisasikan menjadi sebuah produk dan jasa yang pastinya akan memberikan dampak dan pengalaman yang memuaskan.

Pastikan ide bisnis yang akan kamu jalankan bersifat orisinal, inovatif, dan kreatif sehingga bisa memberikan produk atau jasa yang tidak hanya memenuhi kebutuhan konsumen, tapi juga bisa tampak unik dan menarik.

2. Tetapkan Target yang Jelas dan Spesifik

Setelah kamu memperoleh ide yang tepat untuk bisnis startup yang akan dijalankan, selanjutnya tetapkanlah target yang ingin dituju dari bisnis kamu secara jelas dan spesifik.

Menetapkan target secara jelas dan spesifik akan memudahkan kamu untuk mengambil langkah dan tujuan yang pasti, agar mampu bersaing dan berinovasi di pasar yang semakin ketat.

Jangan ragu atau tanggung ketika menetapkan target bisnis yang ingin dituju, agar usaha dan kerja keras yang kamu dan tim lakukan bisa sebanding dengan hasil yang akan didapatkan.

3. Survei dan Analisis Target dan Selera Pasar

Sebelum produk atau jasa yang akan ditawarkan hadir di pasaran, alangkah lebih baik jika kamu melakukan survei dan analisis terhadap konsumen dan selera mereka.

Ini penting dilakukan agar nantinya bisnis startup yang kamu kelola bisa memuaskan keinginan dan kebutuhan pelanggan, alih-alih hanya mencari keuntungan belaka.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Setelah mengetahui target dan selera pasar yang dituju, kamu bisa berinovasi untuk mengembangkan produk dan jasa, hingga mengeluarkan sesuatu yang baru di pasar.

4. Beri Tenggat Waktu untuk Target yang Ingin Dicapai

Penting sekali untuk menentukan deadline bagi target bisnis yang ingin kamu capai sebagai bahan acuan untuk bisa tetap terus bergerak dan berinovasi, agar bisa terus bersaing di pasar yang semakin ketat.

Tenggat waktu yang kamu tetapkan juga bisa membuat rencana yang sudah tersusun bisa berjalan dengan lancar jika mampu mencapai target yang diinginkan.

Sehingga, saat tujuan sebelumnya telah tercapai, kamu bisa menetapkan tujuan baru yang lebih tinggi dengan tenggat waktu yang sudah diatur sama seperti sebelumnya.

5. Bangun Tim yang Solid dan Positif

Terakhir, cara paling penting untuk mengembangkan sebuah bisnis startup adalah dengan membangun sebuah tim yang kuat dan positif, agar mampu memiliki fokus dan tujuan yang sama, sehingga target yang diinginkan bisa tercapai.

Buatlah budaya kerja yang menyenangkan, tapi tetap profesional sesuai dengan job desk masing-masing, agar tidak membebankan terlalu banyak pekerjaan pada salah satu karyawan.

Setelah mampu membuat hubungan yang kuat dan positif melalui budaya kerja yang transparan, terus fokus untuk tetap pada jalur yang sudah ditetapkan supaya bisnis startup yang kamu bangun bisa terus tumbuh besar.

Kelima cara dalam membangun bisnis startup ini akan sangat menolong kamu dalam mengambil keputusan dan langkah yang tepat sebelum membuat bisnis startup berjalan.

Buku berikut ini pun bisa menjadi bahan referensi dan pembelajaran bagi kamu yang akan memulai membangun bisnis startup agar tidak salah arah.

Buku The Lean Startup yang ditulis oleh Eric Ries akan memberikan strategi yang membuat sistem kerja startup yang kamu bangun menjadi jauh lebih efisien sekaligus tetap berguna.

Lean Startup merupakan sebuah metode yang bisa kamu aplikasikan dalam membangun sebuah bisnis startup agar mampu bersaing, berinovasi, dan berkembang di tengah startup-startup yang bermunculan.

Lewat pengalamannya dalam membangun dan membesarkan berbagai startup selama bertahun-tahun, Eric Ries mempu menciptakan sebuah metode baru, yakni Lean Startup.

Buku The Lean Startup bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, langsung klik di sini untuk dapatkan vouchernya!

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com