Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Rekomendasi Buku Bisnis Terbaik yang Wajib Kamu Baca Jika Ingin Jadi Pengusaha Sukses

Kompas.com - 08/03/2022, 12:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Start With Why
Pengarang: Simon Sinek
|
Editor Ratih Widiastuty

Membangun sebuah bisnis merupakan salah satu peluang usaha yang menggiurkan untuk bisa memperoleh pendapatan tambahan dan keuntungan yang besar.

Namun kenyataannya, bukanlah hal yang mudah untuk bisa meraih kesuksesan dalam dunia bisnis yang keras dan penuh ketidakpastian ini.

Selain membutuhkan tekad yang kuat, kamu juga perlu memiliki pengetahuan yang mendalam di bidang bisnis untuk bisa melihat peluang dan membangun usaha yang mampu bertahan hingga jangka panjang.

Terdapat berbagai macam cara yang bisa kamu lakukan untuk belajar mengenai bisnis, salah satunya adalah dengan membaca buku.

Banyak pengusaha-pengusaha sukses yang membagikan ilmu serta pengalamannya selama berkecimpung di dunia bisnis melalui buku yang bisa menjadi sumber inspirasi dan motivasi kamu dalam membangun usaha kamu sendiri.

Berbagai tips dan rahasia yang dipaparkan di dalam buku bisnis akan membantu kamu untuk bisa mengikuti jejak dari para pebisnis yang telah sukses tersebut.

Berikut adalah beberapa rekomendasi buku bisnis terbaik yang bisa menjadi pilihan bacaan kamu untuk belajar mengenai bidang ini.

4 Rekomendasi Buku Bisnis Terbaik

1. Start with Why – Simon Sinek

Sebagai seorang pengusaha, penting bagi kamu untuk memiliki jiwa kepemimpinan sehingga bisa memimpin diri kamu sendiri dan juga karyawan yang bekerja dengan kamu.

Menurut penulis, seseorang bisa memiliki performa cemerlang ketika bekerja karena mereka mengerti alasan atau motivasi dasar yang kuat mengapa mereka melakukannya.

Oleh karena itu, kamu pun perlu mengidentifikasi dan menetapkan visi misi yang jelas untuk bisa mengembangkan bisnis atau usaha yang kamu bangun.

Tujuan bisnis yang kamu tetapkan haruslah berasal dari alasan mengapa kamu ingin membangun bisnis tersebut.

Dengan memiliki tujuan yang digambarkan melalui visi misi perusahaan yang kuat dan jelas, maka kamu beserta para karyawan bisa mewujudkan tujuan tersebut dengan performa yang lebih maksimal.

Buku ini akan membantu kamu untuk bisa menemukan "why" yang menjadi fondasi dasar dalam menjalankan bisnis atau usaha kamu.

2. Zero to One – Peter Thiel

Ditulis oleh co-founder dari PayPal dan Palantir, sekaligus seorang pebisnis serta investor ternama, buku yang direkomendasikan oleh Mark Zuckerberg ini sangat cocok untuk siapa saja yang ingin memulai usaha.

Peter Thiel sebagai penulis ingin membagikan filosofi mengenai bisnis, bahwa setiap orang bisa menciptakan sebuah ide bisnis atau usaha yang unik.

Jangan hanya meniru tokoh-tokoh pengusaha yang telah sukses, karena dengan begitu sama halnya kamu tidak memetik pelajaran apapun dari mereka.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Melalui buku ini, Peter akan memaparkan terkait tips-tips yang bisa kamu lakukan untuk membangun bisnis atau usaha yang unik dan bisa bertahan dalam waktu lama.

Selain itu, buku ini juga membahas mengenai tujuh pertanyaan dasar yang perlu kamu jawab sebelum memulai bisnis dan bagaimana kamu bisa menghadapi tantangan di masa depan yang penuh dengan ketidakpastian.

Dengan penulisan yang ringan dan mudah dipahami, prinsip-prinsip dalam mengembangkan bisnis yang dibagikan oleh penulis akan menginspirasi dan membuat kamu semakin bersemangat untuk bisa menjadi seorang pengusaha yang sukses.

3. Outliers – Malcolm Gladwell

Selain mencetak banyak pengusaha sukses, faktanya sebagian orang juga mengalami kegagalan saat terjun ke dalam dunia bisnis.

Dibandingkan merasa takut dan justru mengurungkan niat untuk membangun usaha, buku ini akan membantu kamu untuk mengulik informasi mengapa seseorang bisa sukses di bidangnya.

Malcolm Gladwell mengemukakan bahwa kisah di balik kesuksesan sesungguhnya bisa benar-benar berbeda dengan apa yang biasa kamu baca atau kamu dengar.

Perjuangan seseorang untuk bisa mencapai kesuksesan ternyata lebih rumit dan kompleks dibandingkan yang terlihat di permukaan.

Banyak fakta-fakta menarik yang dibagikan oleh penulis di dalam buku ini, seperti kesuksesan yang tidak selalu ditentukan dari seberapa keras seseorang berusaha atau seberapa tinggi IQ yang dimilikinya.

Beberapa figur yang disebutkan di dalam buku mungkin bisa menjadi panutan kamu dalam membangun dan juga menjalankan bisnis.

4. This is Marketing – Seth Godin

Marketing atau pemasaran merupakan salah satu aspek penting yang perlu kamu pahami dan kuasai untuk bisa menjalankan bisnis yang sukses.

Melalui buku ini, penulis akan membagikan mengenai strategi pemasaran yang baik berdasarkan pada empati, koneksi, dan kerja emosional.

Kamu akan memperoleh berbagai informasi terkait bisnis yang bermanfaat, meliputi cara untuk membangun kepercayaan konsumen, menentukan target pasar yang sesuai dengan usaha yang dijalankan, dan lain-lain.

Penjelasan mengenai hal-hal penting dan mendasar dalam pemasaran tersebut ditulis dengan bahasa yang ringan, sehingga mudah dipahami oleh para pemula yang ingin membangun bisnis.

Kamu bisa mendapatkan buku-buku bisnis ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com