Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Tahu Bayaran Musisi Kafe dan Tips Merintisnya Sebelum Memulai

Kompas.com - 07/03/2022, 18:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Ng Musikpedia
Pengarang: JOEL LEVY
|
Editor Ratih Widiastuty

Berkarier menjadi seorang musisi adalah sebuah profesi yang mungkin diidam-idamkan oleh sebagian besar orang, karena memiliki segmentasi pasar yang bisa dibilang luas dan beragam sehingga mampu menghasilkan pundi-pundi uang yang menjanjikan.

Menjadi seorang musisi juga bukan melulu menjadi terkenal atau komersil agar bisa dikenal oleh seluruh rakyat Indonesia, tapi menjadi musisi juga bisa dilakukan dengan segmen pasar yang lebih intim lagi, tapi mampu memberikan penghasilan yang cukup besar.

Salah satunya adalah dengan menjadi musisi kafe yang penghasilannya ternyata sangat menjanjikan, karena jika mampu mendapatkan pasar dengan jam terbang yang tinggi, sudah bisa dipastikan akan ada banyak klien yang akan memakai jasa kamu sebagai musisi.

Tidak melulu harus perform di kafe, sebagai musisi kamu juga bisa tampil di beberapa acara pernikahan yang pastinya menawarkan cuan yang tidak sedikit dan akan ada semakin banyak orang yang dapat mengenal bakat kamu sebagai musisi di acara tersebut.

Rata-rata penghasilan seorang musisi kafe adalah berkisar antara ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah tergantung kualitas, daerah, hingga jam terbang musisi tersebut dalam menampilkan bakatnya di dunia musik.

Meskipun terkesan mudah dilakukan, faktanya untuk bisa menjadi seorang musisi kafe yang andal dan berkualitas dibutuhkan beberapa tips yang tepat sebelum memulainya.

Simak tips memulai karier sebagai seorang musisi freelance berikut ini.

Tips Menjadi Seorang Musisi Freelance

1. Terus Asah dan Latih Bakat Musik yang Kamu Miliki

Tentunya sebelum memulai mencoba untuk menjadi seorang musisi kafe, hal pertama yang kamu butuhkan adalah bakat musik itu sendiri sebagai modal utama dalam merintis karier di dunia musik.

Asah dan latih terus bakat musik yang kamu miliki, baik dari segi teknik vokal maupun kemampuan dalam bermain alat musik, agar kualitas yang kamu tawarkan sebagai seorang musisi kafe bisa sebanding dengan bayaran yang ditawarkan.

Dengan mengasah serta melatih skill musik yang kamu kuasai, maka akan semakin matang pula nantinya penampilan kamu di depan para penonton yang menyaksikan, sehingga akan ada banyak klien yang menyewa jasa kamu nantinya.

2. Tentukan Target yang Jelas dan Cari Peluang untuk Bisa Tampil Sebanyak-banyaknya

Tulis target apa yang ingin kamu raih saat menjadi seorang musisi kafe, agar perjuangan yang kamu lakukan nantinya bisa terarah dengan jelas mau bergerak ke mana dan strategi apa yang bisa membawa kamu ke tujuan tersebut.

Target yang jelas akan memudahkan kamu dalam mengambil rencana dan keputusan terkait karier kamu nanti ke depannya, agar tidak jalan di tempat dan bisa mengembangkan sayap hingga ke jenjang yang lebih tinggi.

Jangan malas dalam mencari peluang untuk bisa tampil sebanyak-banyaknya di hadapan penonton, agar bisa menjaring pasar dan relasi yang akan menikmati bakat yang kamu perlihatkan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Gencar Melakukan Promosi

Jangan pernah bosan untuk menampilkan ciri khas yang membedakan kamu dengan musisi kafe lainnya, supaya orang-orang bisa dengan mudah dapat mengenal kamu.

Aktiflah dalam membuat konten yang menarik di media sosial sebagai bentuk promosi diri, yang bisa menjangkau banyak orang untuk mengetahui bakat yang kamu miliki sehingga peluang untuk mendapatkan klien semakin tinggi.

Jangan pernah lelah dan bosan untuk terus membuat promosi diri yang menarik, baik melalui mulut ke mulut, memasukkan karya kamu ke platform musik daring, hingga membuat video yang bisa diunggah di media sosial.

4. Jangan Pantang Menyerah

Abaikan berbagai macam kritikan yang menjatuhkan agar kamu bisa fokus pada tujuan kamu sebagai seorang musisi kafe yang berhasil, karena jika kamu hanya berfokus pada komentar julid orang-orang, niscaya usaha kamu akan sia-sia belaka.

Sebaliknya, dengarkan dan terima kritikan yang membangun sebagai bahan perbaikan diri untuk penampilan kamu selanjutnya, sehingga setiap penampilan yang kamu bawakan akan selalu memiliki perbedaan yang akan disukai oleh penonton.

Kunci dari kesuksesan untuk menjadi seorang musisi kafe yang berhasil adalah dengan terus berusaha dan bekerja keras dalam menjalaninya.

Jika kamu membutuhkan buku seputar musik, buku yang satu ini akan sangat cocok untuk dinikmati sebagai sumber ilmu dan referensi terkait dunia musik.

Musikpedia yang ditulis oleh Joel Levy akan memberikan berbagai sumber referensi seputar musik yang tergolong lengkap dan informatif, sehingga bisa menambah wawasan kamu seputar dunia musik.

Berbagai genre musik dibahas secara lengkap di sini, mulai dari country, pop, blues, hingga rock semuanya ada.

Berbagai sejarah musik juga tidak luput dibahas sebagai bagian penting dari perkembangan musik hingga saat ini yang akan menyempurnakan pengetahuan musik yang kamu miliki.

Buku Musikpedia bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com