Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca Novel-Novel Horor Klasik Berikut Ini Jika Ingin Dibuat Bergidik Ngeri

Kompas.com - 07/03/2022, 09:00 WIB
Sumber Gambar: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Classics: Dracula
Pengarang: Bram Stoker
|
Editor Ratih Widiastuty

Sebagai orang Indonesia kita sudah terbiasa dengan berbagai hal berbau horor ataupun misteri, karena banyak sekali dongeng tentang sosok hantu yang mampu membuat bulu kuduk bergidik ngeri.

Maka dari itu, sudah bukan hal yang janggal jika banyak di antara kita yang mencari kenikmatan dalam sensasi cerita horor, baik dari media film maupun buku, semuanya seakan laris manis di pasar Indonesia yang memang pecinta cerita horor sejati.

Mungkin, kamu merasa jenuh atau bosan dengan cerita horor lokal dan ingin mencoba cerita horor dari negeri barat yang meskipun tidak semenyeramkan hantu-hantu dari Indonesia, tapi masih mampu membawa vibes merinding kepada penikmatnya.

Selain lewat bentuk visual, cerita horor juga bisa kamu nikmati dalam bentuk tulisan narasi yang dijamin akan membuat benak ikut membayangkan sosok, adegan, dan nuansa yang tercipta dalam sebuah novel horor.

Tidak hanya itu, novel-novel horor dari negeri barat berikut ini juga memiliki kepopuleran yang tinggi di kalangan pembaca seluruh dunia, sehingga kamu tidak perlu meragukan atau mempertanyakan kembali kualitas cerita horor yang ditampilkan dalam novel-novel ini.

Penasaran novel-novel horor apa saja yang layak dan bisa membuat kamu bergidik ngeri ketika membacanya? Baca tiga novel horor berikut ini yang akan memberikan pengalaman cerita hantu dengan kualitas cerita yang mumpuni.

Novel-Novel Horor yang Membuat Bergidik Ngeri

1. Dracula – Bram Stoker

Siapa yang tidak mengenal sosok mayat hidup dengan dua gigi taringnya yang siap menghisap darah ini?

Makhluk horor yang kerap diidentikkan dengan kelelawar ini ternyata berasal dari cerita horor klasik yang ditulis oleh Bram Stoker.

Bercerita tentang seorang Count Dracula yang mengundang seorang pengacara muda bernama Jonathan Harker untuk mengurus kepindahannya ke Inggris, tapi nahas ternyata Count Dracula sendiri ternyata merupakan sesosok vampir penghisap darah yang mengancam nyawa Jonathan dan orang-orang di sekitarnya.

Bisa dibilang novel Dracula ini menjadi cikal bakal dari cerita-cerita vampir yang mulai banyak ditulis hingga saat ini, sehingga bagi kamu penggemar cerita vampir rasanya kurang afdol jika belum mencicipi salah satu novel horor paling legendaris ini.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

2. Frankenstein – Mary Shelley

Bercerita tentang Victor Frankenstein, seorang ilmuwan yang berusaha untuk menciptakan sesosok makhluk mengerikan dari serpihan dan potongan orang mati yang ia jadikan satu dengan cara dijahit dan dibangkitkan kembali menggunakan sumber listrik yang berasal dari sambaran petir.

Tapi, sayangnya eksperimen tersebut justru malah membawa petaka bagi Victor, sebab makhluk tersebut berubah menjadi sosok yang jahat dan penuh amarah, di mana makhluk itu akan membalas dendam pada Victor dengan cara menghilangkan nyawa orang-orang yang disayanginya.

Bisa dibilang Monster Frankenstein sudah menjadi ikon horor yang banyak diadaptasi dalam bentuk film, kartun, hingga video gim yang menjadikannya sebagai salah satu novel horor klasik gotik yang wajib masuk dalam daftar bacaan.

3. The Turn of the Screw – Henry James

Bagi kamu yang sudah pernah menyaksikan serial tv berjudul The Haunting of Bly Manor, maka wajib rasanya untuk kamu membaca sumber adaptasi dari serial tv tersebut, yakni The Turn of the Screw yang membawa horor gotik klasik dengan cara yang memukau.

Menceritakan seorang gadis muda yang diterima bekerja sebagai seorang pengasuh dua orang anak kecil, Miles dan Flora, di sebuah rumah besar bernama Bly Manor yang menyimpan rahasia beserta misteri yang memberikan teror hantu mencekam.

Meskipun cerita horor yang ditampilkan tidak begitu menggebu-gebu atau mencolok, tapi novel ini mampu membawa nuansa horor yang dingin, kelam dan gelap ke dalam jalan ceritanya, sehingga bisa membawa teror mencekam kepada pembaca.

Bagaimana? Tiga rekomendasi novel horor klasik ini apakah sudah mampu menarik minat kamu untuk mulai membacanya?

Jika jawabannya iya, kamu bisa memesan dan membeli ketiga novel horor gotik klasik ini di Gramedia.com dan selamat dibuat bergidik ngeri setelah membacanya.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, langsung klik di sini untuk dapatkan gratis vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com