Inilah 4 Lapisan Struktur Bumi Beserta Penjelasan Lengkapnya

Lihat Foto
Sumber: pixabay
struktur lapisan bumi
Rujukan artikel ini:
Seri Smart Science : Lapisan…
Pengarang: KANG SUN NAM
|
Editor: Rahmad

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa planet bumi adalah satu-satunya planet yang bisa dihuni oleh makhluk hidup. Hal ini disebabkan karena bumi mempunyai atmosfer yang memiliki banyak kandungan oksigen serta memiliki cukup air untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Suhu udara di bumi tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin, yaitu rata-rata 22 derajat Celsius. Permukaan dari bumi sendiri sebanyak 70% adalah perairan dan sisanya adalah pulau dan benua. Bagian dalam bumi bersifat aktif dan terdiri dari besi padat.

Sedangkan pada bagian inti luarnya adalah fluida yang menciptakan suatu medan magnet, serta lapisan tebal yang relatif padat pada bagian mantel.

Agar lebih mudah untuk kamu memahaminya, maka berikut ini adalah struktur lapisan bumi beserta penjelasan lengkapnya.

Struktur Lapisan Bumi

1. Kerak bumi (crust)

Kerak bumi atau crust adalah bagian terluar dari lapisan bumi yang lebih tipis jika dibandingkan dengan lapisan bumi lainnya. Di lapisan ini, terdapat unsur-unsur seperti oksigen, alumunium, silicon, besi, natrium, kalsium, serta magnesium.

Lapisan bumi terluar ini juga memiliki dua jenis, yaitu lapisan kerak benua di daratan dan Samudra di dasar laut. Ketebalan dari kerak benua adalah 30 sampai 70 km, sedangkan kerak samudra mempunyai ketebalan 6 hingga 11 km.

Di lapisan bumi terluar ini tempat terjadinya proses endogen yang membuat permukaan bumi ini menjadi tidak rata karena ada energi di dalamnya. Proses ini yang dapat menyebabkan terbentuknya bukit-bukit dan pegunungan.

2. Mantel bumi (mantle)

Lapisan bumi yang kedua adalah mantel. Sesuai dengan namanya, lapisan bumi ini adalah yang paling tebal, dengan ketebalan mencapai 2.900 km. Lapisan bumi ini juga disebut dengan astenosfer karena memiliki fungsi untuk melindungi inti bumi.

Di lapisan bumi ini, terdapat dua jenis mantel, yaitu mantel luar dan mantel dalam. Mantel luar pada lapisan bumi ini memiliki ketebalan 10 hingga 300 km di bawah permukaan bumi dengan suhu mencapai 1.400 hingga 3000 derajat kelvin yang membuat logam-logam yang ada di dalamnya bisa mengeras.

Di bagian mantel dalam lapisan bumi, mantel memiliki ketebalan 300 sampai 2890 km di bawah permukaan bumi dengan suhu yang dimiliki mencapai 3000 derajat kelvin. Di lapisan bumi ini, sudah mulai berisi cairan logam.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Inti luar (outer core)

Lapisan bumi ini adalah lapisan cair yang memiliki ketebalan sampai 2266 km, yang terdiri dari besi dan juga nikel di atas inti dalam dan di bawah mantel.

Suhu yang dimiliki oleh inti luar berkisar 4.300 derajat kelvin pada bagian luar sampai 5000 derajat kelvin di dekat inti dalam.

Dari suhu tertingginya itu, maka sudah dapat kita pastikan kalau lapisan bumi ini berupa fluida dengan tingkatan viskositas yang rendah.

Arus Eddy yang ada di lapisan bumi inti luar juga sudah mempengaruhi medan magnet bumi.

4. Inti dalam (inner core)

Sesuai dengan namanya, lapisan bumi pada bagian inti dalam adalah lapisan bumi yang paling dalam, yang berbentuk seperti bola padat berjari-jari sekitar 1.220 km.

Pada lapisan bumi ini, menjadi lapisan bumi terpanas dari bumi dengan memiliki kedalaman 5.150 hingga 6.370 km dengan suhunya mencapai 5.500 derajat kelvin.

Lapisan bumi ini dipercaya tersusun dari besi serta nikel, yang disertai juga dengan belerang, oksigen, karbon, silicon, serta kalium dengan persentase kecil.

Nah, itulah empat struktur pada lapisan bumi. Semakin dalam lapisan bumi, maka suhunya serta bentuknya pun akan semakin berubah karena kandungan yang ada di dalamnya.

Pelajari tentang lapisan bumi lebih detail lagi melalui buku cerita yang dibumbui dengan konten sains yang sangat menarik melalui buku Seri Smart Science: Lapisan Bumi dan Fosil - Alfa & Mega Berwisata Ke Bumi.

Buku yang ditulis oleh Kang Sun Nam ini adalah sebuah buku cerita dengan konten sains yang sangat menarik untuk dibaca oleh semua kalangan, terutama anak-anak. Buku ini juga bisa diakses melalui ponsel pintar.

Dengan begitu, kamu akan memiliki pengalaman baru dalam belajar sains melalui sebuah cerita, animasi, dan juga video percobaan. Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

TAG:

Terkini
Lihat Semua
Jelajahi