10 Tips dan Trik yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menulis Kata Pengantar Skripsi

Lihat Foto
Sumber: akumaubelajar.com
tips menulis kata pengantar skripsi
Rujukan artikel ini:
Pedoman Penulisan Usulan Penelitian, Skripsi,…
Pengarang: I Made Wiratha Ir.,…
|
Editor: Rahmad

Bagi kamu para mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi, kata pengantar skripsi menjadi salah satu hal yang wajib untuk dituliskan setelah seluruh pembahasan di dalam skripsi selesai.

Ditulisnya kata pengantar skripsi merupakan sebagai bentuk terima kasih kepada para dosen serta orang yang berada di sekelilingmu yang mendukung selesainya skripsi tersebut.

Pada kata pengantar, kamu sebagai penulis diberikan sebuah kebebasan untuk mengeksplorasi banyak hal selain sebuah ucapan terima kasih. Kamu bisa menulis manfaat dari penulisan, serta permohonan saran serta kritik yang mampu memperbaiki isi dari skripsi.

Secara teknis, penulisan kata pengantar skripsi ini dibuat dalam bentuk untaian kata yang jelas dan tegas. Tidak ditulis dengan terlalu panjang dan juga bertele-tele. Intinya, kamu bisa menulis pengantar skripsi dalam sebuah informasi yang singkat, padat, juga sederhana.

Berikut ini adalah ulasan tips untuk menulis kata pengantar skripsi yang baik. Terdapat beberapa aspek yang perlu untuk kamu ketahui saat mengerjakannya.

Aspek-aspek yang Harus Ada Di Dalam Kata Pengantar Skripsi

Pertama, saat menuliskan sebuah bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, lalu selanjutnya menuliskan ucapan terima kasih kepada banyak pihak lainnya, yaitu orang tua, dosen, sampai kepada orang terdekat atau pasangan yang mendukungmu.

Kata pengantar dalam skripsi juga harus mengandung beberapa penjelasan singkat tentang skripsi yang ditulis. Libatkanlah semua pihak yang sudah membantu kamu dalam penulisan skripsi. Tuliskan pula harapan dari skripsi yang sudah kamu tulis. Jangan lupa tuliskan pula manfaat yang akan didapatkan pembaca melalui skripsi yang kamu buat.

Tips Membuat Kata Pengantar Skripsi

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

  1. Membuat paragraf pembuka. Pada paragraf pertama ini, bisa juga kamu menyertakan maksud atau tujuan utama kenapa kamu harus menyelesaikan skripsi ini.
  2. Buat penjelasan singkat mengenai skripsimu. Jika kamu terlalu banyak ide yang ada di dalam kepalamu, mungkin kamu bisa mulai dengan membuat poin-poin.
  3. Akhiri dengan kata penutup. Jangan lupa juga untuk menuliskan sebuah harapan serta permintaan kritik saran terhadap tulisan skripsi kamu. Serta tuliskan juga harapan ke depannya dari hasil skripsi yang baru kamu selesaikan itu.
  4. Hindari memasukkan ucapan terima kasih kepada terlalu banyak orang di dalamnya. Hal itu tidak perlu kamu lakukan, sebaiknya cukup dengan pihak yang berkontribusi saja.
  5. Tulis secara singkat, baik, dan menarik.
  6. Hindari penulisan kata pengantar skripsi dengan bahasa yang sulit dipahami.
  7. Hindari menulis kata pengantar skripsi dengan kalimat yang berbelit-belit.
  8. Hindari menulis dengan Bahasa yang tidak formal.
  9. Perhatikan struktur kata pada kata pengantar skripsi.
  10. Hindari menuliskan kata pengantar skripsi yang dapat menyinggung pihak-pihak tertentu.

Itulah tips tentang penulisan kata pengantar skripsi. Kamu juga bisa melihat contoh serta panduan lainnya di dalam buku panduan skripsi dari prodi kamu atau juga dari buku-buku pedoman skripsi.

Salah satu buku yang bisa kamu jadikan pedoman dalam penulisan skripsi kamu adalah buku Pedoman Penulisan Usulan Penelitian, Skripsi, Dan Tesis. Buku ini sangat penting untuk mahasiswa sebagai penuntun serta pendamping saat Menyusun usulan penelitian, menulis skripsi ataupun tesis dalam rangka menyelesaikan tugas akhir.

Melalui buku ini, tugas tersebut akan menjadi lebih mudah dan bisa membuat kamu cepat untuk lulus. Buku ini membahas tahapan penyusunan penelitian, skripsi serta tesis, dilengkapi juga metode dalam penyusunan skripsi dan tesis.

Dilengkapi juga dengan aturan yang perlu untuk kamu patuhi dalam melengkapi usulan penelitian, skripsi, dan tesis seperti penyusunan daftar isi, table, gambar, dan sebagainya.

Detail aturan tentang penulisan skripsi seperti catatan kaki, pembagian halaman, judul, kata pengantar skripsi juga dibahas pada buku ini. Buku ini memang ditujukan untuk mereka yang tengah menghadapi tugas akhir untuk mencapai gelar sarjana ataupun master.

Buku ini bisa langsung kamu pesan melalui https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

TAG:

Terkini
Lihat Semua
Jelajahi