Memahami Kata-kata Gombalan Dari Ilmu Bahasa Agar Tidak Asal Gombal

Lihat Foto
Photo by HuyNgan
memahami gombalan dari keilmuan bahasa
Rujukan artikel ini:
365 Rumi`s Quotes: Aku Memilih…
Pengarang: Maulana Jalaluddin Rumi
|
Editor: Rahmad

Gombalan adalah kata-kata yang memiliki makna dan tujuan tertentu. Itulah sebabnya kata-kata gombal bisa dikaji dari ilmu bahasa. Dalam praktiknya, jika kamu menguasai teknik bahasa maka akan sangat mudah berkomunikasi.

Itulah sebabnya memahami kata-kata gombalan dari ilmu bahasa dapat meningkatkan keberhasilan ngegombal gebetan atau pasanganmu. Contohnya dalam ilmu bahasa, gombal romantis biasa dan gombalan lucu memiliki sistem aspek bahasa yang berbeda.

Kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan untuk membuat kata-kata gombal, misalnya gombalan yang menyentuh hati, sampai kata-kata yang bisa buat gebetan atau pasangan kamu meleleh dan super klepek-klepek.

Wacana Gombalan Dalam Ilmu Bahasa

Kata-kata gombal atau rayuan gombal biasanya digunakan untuk merayu, menggoda, atau bahkan menarik perhatian orang lain, terutama untuk menarik perhatian lawan jenis. Ini menunjukan bahwa gombalan memiliki wacana yang merupakan bentuk komunikasi verbal yang membutuhkan kreativitas melalui permainan bahasa.

Gombalan sempat populer di kalangan pergaulan anak muda. Wacana gombalan ini adalah bentuk komunikasi verbal yang membutuhkan kreativitas dan tercermin dalam permainan bahasa. Dalam wacana kata-kata gombal dijumpai berbagai permainan bahasa dengan menggunakan aspek kebahasaan seperti berikut ini:

1. Aspek Fonologi

Kata-kata gombal dalam aspek fonologi berkaitan dengan satuan bahasa mulai dari yang terkecil, yakni bunyi bahasa tersebut. Dalam praktiknya,ada tiga satuan kebahasaan yang ada di tingkat satuan fonologis. Yakni fona, fonem, dan suku kata.

Nah,fonem dan suku kata ini dapat dipermainkan sehingga dapat menimbulkan ketidak dugaan dalam wacana kata-kata gombalan. Permainan fonem jadi cara mempermainkan dan menciptakan ketidakterdugaan agar mitra tutur jadi salah kira. Hal ini akan sangat mempengaruhi kata-kata gombal yang kamu berikan ke gebetan atau pasangan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

2. Aspek Sintaksis

Sintaksis berhubungan dengan aspek bahasa yang lebih besar, yakni frasa yang merupakan satuan gramatikal yang bisa terdiri dari dua kata atau lebih, asalkan tidak melewati batas fungsinya sebagai frasa. Dalam aspek sintaksis, kata-kata gombal dalam dikaji dalam kebahasaan berikut ini:

a. Pertalian Kata dalam Frasa

b. Pertalian Antar Klausa

Dalam wacana kata-kata gombal ada beberapa jenis pertalian antar klausa yang bisa kamu kreasikan, seperti berikut ini:

3. Aspek Semantik

Aspek semantik dalam gombalan berkaitan dengan makna satuan bahasanya. Secara sederhana wacana gombal juga memanfaatkan fenomena makna kebahasan seperti berikut ini:

Buku 365 Rumi’s Quotes: Aku Memilih Cinta yang ditulis Maulana Jalaluddin Rumi berisi ungkapan atau kata-kata tentang cinta yang bisa kamu jadikan referensi membuat gombalan. Dari buku ini kamu juga menemukan berbagai jenis ungkapan untuk memahami kutipan tentang cinta atau perasaan asmara yang dalam.

Itulah sebabnya buku ini cocok untuk kamu yang sedang mempelajari bahasa cinta, termasuk bagaimana menggombal dan memahami gombalan dari ilmu bahasa. Dalam praktiknya, jika ingin gombalanmu berhasil, maka perlu membuatnya tampak meyakinkan.

Buku ini sendiri bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

TAG:

Terkini
Lihat Semua
Jelajahi