Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Quality Time yang Bisa Kamu Coba

Kompas.com - 28/02/2022, 12:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Seni Membuat Hidup Jadi Lebih…
Pengarang: Francine Jay
|
Editor Ratih Widiastuty

Kehidupan yang penat dan serba menuntut biasanya bisa membuat mental dan emosi lelah, sehingga dibutuhkan cara untuk kembali menyegarkan diri melalui beberapa kegiatan yang mampu memperbaiki mood.

Quality time yang dilakukan baik oleh diri sendiri maupun bersama orang terkasih biasanya mampu membuat mood yang buruk dan berantakan kembali menjadi ceria.

Pentingnya melakukan quality time akan sedikit membantu mental kamu agar bisa tetap waras dan sadar untuk menikmati setiap momen dalam kehidupan yang biasanya kerap kita lewatkan.

Tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, quality time juga bisa memperbaiki dan meningkatkan kualitas hubungan dengan orang tersayang, seperti keluarga, sahabat, atau pasangan yang mungkin menjadi renggang akibat kesibukan masing-masing.

Tidak perlu hal-hal yang sulit dan mahal untuk melakukan quality time, sebab kegiatan yang sederhana pun mampu memberikan makna dan arti yang mendalam untuk mengisi kembali daya, baik untuk diri sendiri maupun hubungan yang terjalin.

Akan tetapi, kegiatan apa saja yang bisa dilakukan selama quality time? Berikut 5 ide quality time yang bisa kamu coba lakukan sebagai cara memperbaiki mood.

5 Ide Quality Time

1. Menonton Film

Kegiatan pertama yang dapat kamu lakukan untuk menghabiskan quality time adalah dengan menonton film sebagai bentuk hiburan yang mampu meningkatkan serta memperbaiki mood dengan tampilan visual yang disajikan.

Pilih jenis film yang sesuai dengan keinginan kamu, tapi usahakan untuk memilih film yang dapat membuat emosi menjadi jauh lebih baik, agar quality time yang kamu lakukan bisa membuat kamu lebih bersemangat lagi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

2. Berolahraga

Kegiatan olahraga bisa memberikan endorfin yang akan membuat kamu menjadi jauh lebih bahagia setelah melakukannya, sehingga bisa dijadikan pilihan yang tepat untuk melakukan quality time yang bermanfaat, baik untuk fisik, mental, maupun emosi.

Memilih olahraga yang pas bisa menjadi opsi quality time yang memuaskan, contohnya seperti bermain bulutangkis bersama adik, jogging di taman, bersepeda keliling kota, hingga workout di rumah saja.

3. Bermain Bersama Hewan Peliharaan

Jangan pernah meremehkan waktu yang kamu habiskan dengan bermain bersama hewan peliharaan, sebab interaksi yang kamu lakukan tersebut dapat menjadi pilihan quality time yang menenangkan sekaligus menyenangkan.

Selain bermain bersama hewan peliharaan, kegiatan street feeding juga bisa menjadi sarana quality time yang membahagiakan, karena dengan berbagi biasanya mampu menghadirkan perasaan bahagia.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Mendengarkan Musik

Relaksasi yang diberikan oleh irama musik mampu menjadi opsi quality time untuk diri sendiri dalam menikmati alunan musik sambil meresapi setiap liriknya agar mampu mengisi energi kembali.

Tidak masalah jika kamu ingin mendengarkan musik galau dan menangis karenanya, karena terkadang dengan mengeluarkan emosi lewat musik bisa meringankan beban yang ada dalam dada.

5. Membaca Buku

Selain bisa teralihkan dari realita, membaca buku juga dapat menambah ilmu dan wawasan baru yang akan menolong kamu dalam memandang segala sesuatu yang ada dalam kehidupan, agar bisa menjadi pribadi yang lebih bijak lagi.

Quality time yang dihabiskan dengan membaca buku mampu memberikan relaksasi yang menyegarkan otak dan hati, sekaligus mencoba untuk meningkatkan kualitas diri dari bahan bacaan yang dipilih.

Dari lima ide quality time ini, membaca buku dapat dijadikan alternatif pilihan yang tepat untuk bisa sejenak menyegarkan hati, otak, dan emosi dari realita kehidupan yang menyita perhatian.

Jika kamu ingin menghabiskan quality time dengan membaca buku, buku berikut ini dapat membantu kamu untuk hidup secara lebih ringan lagi dari ego dan tuntutan dunia.

Buku Seni Membuat Hidup Jadi Lebih Ringan yang ditulis oleh Francine Jay akan menjadi sumber ilmu yang membimbing kamu untuk melakukan gaya hidup minimalis yang meringankan.

Teori yang disampaikan Francine Jay di sini akan memudahkan kamu dalam memahami prinsip, cara, hingga manfaat dari gaya hidup minimalis yang kini sudah menjadi lifestyle.

Ada juga uraian tentang cara dalam mengurasi barang-barang mana saja yang layak untuk disimpan dan disingkirkan, agar kondisi rumah dapat terasa lebih lapang tanpa perlu ada beban untuk merawatnya.

Buku Seni Membuat Hidup Jadi Lebih Ringan bisa kamu beli di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com