Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut Penyebab Cowok Cuek dan Cara Ampuh untuk Menghadapinya

Kompas.com - 26/02/2022, 14:17 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Men are from Mars, Women…
Pengarang: John Gray
|
Editor Novia Putri Anindhita

Sifat cuek memang cenderung banyak dimiliki oleh laki-laki, meskipun tidak semuanya begitu.

Sebagai seorang perempuan yang biasanya lebih peka, tentunya kamu akan bertanya-tanya ketika merasa pasangan kamu jadi lebih cuek dibandingkan biasanya.

Jangan langsung berasumsi kalau pasangan kamu sudah tidak menyukai kamu lagi, karena sering kali itu bukan penyebab mengapa laki-laki menjadi cuek.

Komunikasi menjadi kunci penting agar tidak terjadi kesalahpahaman di antara kalian, yang juga bisa berpotensi menimbulkan pertengkaran.

Kepribadian laki-laki yang cenderung sulit untuk menyampaikan isi hatinya, terkadang mau tidak mau menuntut kamu untuk jadi lebih aktif dalam memahami perasaan pasangan kamu.

Berikut adalah beberapa alasan yang menyebabkan pasangan kamu jadi lebih cuek dan bagaimana kamu bisa mengatasinya.

Penyebab Cowok Cuek dan Cara Menghadapinya

1. Membutuhkan Ruang untuk Sendiri

Meskipun telah memiliki seorang pasangan atau bahkan sudah menikah, terkadang seseorang masih membutuhkan waktu dan ruang untuk dirinya sendiri selama beberapa saat.

Mungkin pasangan kamu sedang mengalami masalah yang belum bisa ia ceritakan kepada kamu sehingga ia lebih sering diam dan seakan jadi tidak peduli ketika kalian sedang bersama.

Meskipun kamu mungkin merasa kesal, namun coba tenangkan diri dan berikan waktu sejenak bagi pasangan kamu untuk menenangkan pikirannya.

Jika dirasa mood atau perasaan pasangan kamu sudah semakin membaik, kamu bisa membicarakan dan menanyakan kepadanya apa yang sedang dialaminya.

Jika pasangan masih sulit untuk membagikan masalahnya dengan kamu, maka jangan paksa dia untuk bercerita.

Cukup berikan empati dengan memahami perasaannya dan mengingatkan pasangan kamu, bahwa kamu akan selalu ada ketika dia membutuhkan seseorang di sampingnya.

2. Memiliki Banyak Pekerjaan yang Harus Diselesaikan

Tentu wajar bagi kamu untuk merasa kesal jika pasangan kamu jadi jarang menelepon atau membalas pesan kamu.

Namun jangan terburu-buru berpikir negatif, karena bisa saja pasangan kamu sedang sibuk dengan pekerjaan atau tugas yang harus ia selesaikan sehingga tidak memiliki waktu untuk sekadar memberi kabar.

Ketika pekerjaannya sudah selesai pun, mungkin saja pasangan kamu merasa terlalu lelah dan lebih memilih untuk segera beristirahat.

Jika pasangan kamu tiba-tiba tidak membalas pesan, coba beri waktu selama dua atau tiga hari sebelum menghubunginya kembali.

Siapa tahu selama menunggu, pasangan kamu akan menghubungi kamu terlebih dahulu dan memberi tahu jika ia sedang sibuk.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Mengirimkan terlalu banyak pesan dan mendesaknya untuk segera membalas hanya membuat pasangan kamu yang sedang tertekan dengan pekerjaannya menjadi semakin stres.

3. Merasa Kecewa

Ketika pasangan kamu tiba-tiba menjadi cuek, coba untuk intropeksi diri kamu selama beberapa hari ke belakang.

Apakah kalian sempat beradu argumen atau terlibat dalam pertengkaran mengenai suatu hal?

Apakah mungkin tanpa kamu sadari kamu telah mengucapkan sesuatu yang menyinggung atau menyakiti hati pasangan kamu?

Meskipun sikap cuek yang ditunjukkan oleh pasangan memang kurang bijak dibandingkan jika dia langsung menyampaikan kekecewaannya pada kamu, namun terkadang mereka merasa kesulitan untuk menemukan kata-kata yang tepat dan lebih memilih untuk diam sebagai pelampiasan kemarahannya.

Sebisa mungkin cobalah mengalah dan tetap bersikap lembut tanpa tersulut emosi ketika menanyakan apakah kamu telah berbuat kesalahan kepadanya.

Jika akhirnya pasangan kamu terbuka dan mau mengungkapkan perasaannya, terimalah kritik yang mungkin dia sampaikan dengan kepala dingin dan meminta maaf kepadanya secara tulus.

Nah, itulah beberapa penyebab mengapa pasangan kamu menjadi cuek dan sikap serta tindakan yang perlu kamu lakukan untuk menyikapinya.

Jika kamu tertarik untuk bisa lebih memahami pasangan dan membangun hubungan yang menyehatkan tanpa banyak terjadi kesalahpahaman, buku Men Are From Mars, Women Are From Venus yang ditulis oleh John Gray bisa membantu kamu.

Meskipun termasuk buku klasik yang telah terbit sejak tahun 1995, namun buku ini masih dibaca oleh banyak orang hingga saat ini karena memberikan informasi yang menarik terkait cara komunikasi yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.

John Gray mengibaratkan kaum laki-laki sebagai seseorang yang berasal dari Mars dan kaum perempuan sebagai seseorang yang berasal dari Venus.

Keduanya kemudian saling jatuh cinta dan menjalin hubungan yang membahagiakan di Bumi.

Melalui penggambaran ini, penulis ingin menunjukkan bahwa masing-masing memiliki cara komunikasi yang berbeda karena mereka berasal dari planet yang berlainan.

Di dalam buku ini, John Gray memaparkan mengenai alasan munculnya perbedaan yang sering kali menyebabkan pertengkaran dalam sebuah hubungan, serta cara yang tepat untuk bisa menjembatani semua perbedaan yang ada di antara laki-laki dan juga perempuan.

Kamu bisa mendapatkan buku Men Are From Mars, Women Are From Venus ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com