Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Buku The Power of Now, Ketika Kamu Menyadari yang Terpenting Adalah Saat Ini

Kompas.com - 23/03/2022, 14:00 WIB
Sumber Gambar: Canva
Rujukan artikel ini:
The Power Of Now :…
Pengarang: Eckhart Tolle
Penulis Renny Novita
|
Editor Novia Putri Anindhita

Pernahkah kamu mengalami keadaan ketika kamu mengerjakan sesuatu tetapi pikiranmu mengembara entah ke masa lalu, atau memikirkan apa yang harus kamu kerjakan di esok hari?

Jika kamu pernah mengalaminya atau bahkan sering mengalaminya, ini mengungkapkan kalau kamu tidak menginginkan saat ini, kamu menginginkan masa depan atau masa lalu.

Kenyataan pahitnya adalah kamu tidak menginginkan apa yang kamu miliki karena kamu menginginkan apa yang tidak kamu miliki.

Namun, ada fakta menarik, yaitu kamu bisa mendapatkan masa depan yang lebih baik dari masa lalu, jika kamu mulai fokus dengan kamu yang sekarang.

Jika kamu penasaran dan ingin tahu tentang apa yang harus kamu mengerti tentang menjadi mindful dan berada di saat sekarang, silahkan baca buku The Power of Now karya Eckhart Tolle.

Buku The Power of Now dahulu sempat banyak sekali dibicarakan di awal tahun 2000, saat orang-orang belum banyak mengenal dan menerapkan mindfulness.

Kini, mari kita bicarakan kembali.

Review Buku The Power of Now

Seberapa pun indahnya masa lalu yang kamu miliki, tidak akan pernah bisa dikunjungi kembali.

Kamu berjalan ke masa depan, dan masa sekarang akan menentukan ke arah mana kamu di masa depan dengan memperhatikan seperti apa pikiran-pikiranmu.

Ya, betul, pikiran-pikiranmu.

Dalam satu hari, pikiran kita memproduksi jutaan pemikiran termasuk salah satunya saat kamu membaca kalimat ini.

Tidak semua pikiran yang diproduksi itu adalah pikiran yang positif dan baik, banyak yang bahkan berpikiran buruk dan efeknya berdampak pada dirimu sendiri.

Tidak salah jika ada ungkapan kalau kamu adalah musuh terbesar dirimu sendiri.

Tapi kamu bukan pikiranmu dan setiap kali kamu merasa sudah mulai hanyut ke dalam pikiran, cobalah untuk berada kembali di saat sekarang.

Hanya ego lah yang menganggap masa kini itu tidak pernah ada dan menganggap penting masa lalu dan masa sekarang.

Sadarilah kalau yang kamu miliki adalah masa sekarang dan mulai menjadikan saat ini sebagai fokusmu.

Be mindful.

Bekerja keras untuk yang sekarang kamu hadapi dan coba lihat bagaimana hidup akan bekerja dan bergerak ke arah yang kamu inginkan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Semakin kamu menghargai dan menerima saat sekarang, semakin kamu akan terbebas dari rasa sakit dan penderitaan serta terbebas dari pikiran-pikiran egois.

Kualitas kesadaranmu akan saat ini menentukan seperti apa masa depanmu.

Untuk mengecek tingkat kesadaranmu, kamu bisa menjawab apa saja kegiatan yang kamu lakukan hari ini, bagaimana dengan hari kemarin, bagaimana dengan hari Selasa seminggu yang lalu, dan lainnya.

Jika kamu membutuhkan waktu lama untuk menjawabnya, dan bahkan tidak mampu mengingatnya, cobalah untuk mempraktekan mindfulness dan lebih berada di situasi sekarang.

Eckhart Tolle, seorang guru spiritual kelahiran Jerman, membuat pembacanya memahami mengapa saat ini atau now penting bagi mereka dan masa depannya.

Dikemas di dalam 10 bab, kamu akan memahami dari yang mulai mendasar sampai bagaimana agar kamu bisa menjadi lebih mindful.

Buku ini tidak terasa seperti text book yang hanya mengandung teori, tapi kamu juga bisa sekaligus mengaplikasikannya di dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satunya ada dari bagian bab 4 yang membahas tentang strategi pikiran untuk menghindar dari saat ini.

Biasanya ketika kita merasakan ketidaknyamanan atau bahkan penderitaan, kita “pergi dari kondisi itu” di dalam pikiran.

Kamu padahal bisa melakukan hal lain selain “pergi dengan pikiranmu”, lho.

Jika kamu menemukan kalau kondisi saat ini tidak dapat kamu toleransi lagi, atau tidak membuatmu bahagia, kamu harus pergi dari situasi tidak menyenangkan itu, menerimanya, atau merubahnya.

Jika kamu ingin mengambil tanggung jawab dalam hidupmu, kamu hanya tinggal memilih satu dari tiga keputusan ini untuk setiap permasalahan hidup.

Ketika kamu berserah diri pada saat sekarang dan aware terhadap apa yang terjadi di sekeliling, masa lalu tidak lagi memiliki kekuatan buat hidupmu.

Kamu tidak membutuhkan itu lagi.

Saat ini adalah kunci untuk menjadi hidup dan hadiah serta guru terbesar adalah kehidupan itu sendiri.

Jika kamu menyukai buku The Power of Now, pesan sekarang di Gramedia.com atau dapatkan secara langsung di toko Gramedia terdekat.

Selain itu, kamu juga bisa dapatkan gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk dapatkan vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com