Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat Cara Membuat Telur Asin Berikut Ini, Peluang Jualan yang Menghasilkan Cuan

Kompas.com - 24/02/2022, 08:00 WIB
Sumber Gambar: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Business Model Navigator (Edisi 2021)
Pengarang: Oliver Gassmann, Karolin Frankenberger,…
|
Editor Ratih Widiastuty

Telur bebek adalah salah satu jenis telur yang banyak digemari untuk dikonsumsi masyarakat Indonesia, sebab selain memiliki rasa yang lezat, telur bebek juga mempunyai kandungan gizi yang baik untuk kebutuhan tubuh.

Apalagi cara mengolah telur bebek sebelum dikonsumsi pun tergolong mudah.

Selain bisa digoreng dan dimasak dengan bumbu lainnya, telur bebek juga bisa diolah menjadi telur asin yang rasanya sudah sangat familier di lidah.

Telur asin bisa dikategorikan sebagai makanan yang praktis karena selain bisa menjadi bahan pendamping nasi dan lauk pauk lainnya, telur asin juga bisa langsung dikonsumsi tanpa nasi, sehingga mudah membuat perut kenyang.

Biasanya telur asin dibuat dari telur bebek pelari yang warna cangkang telurnya berwarna biru dan kemudian melewati proses pengawetan dengan cara diasinkan yang memunculkan rasa asin yang khas dalam cita rasanya.

Berbicara tentang telur asin, peluang bisnis kuliner yang satu ini juga tergolong menjanjikan, karena hampir setiap orang menyukai rasa telur asin.

Hal ini terlihat dari banyaknya jenis makanan yang memberikan rasa salted egg dalam produk yang dijual.

Namun, sebelum memulai berjualan telur asin, bagaimana cara membuat telur asin itu sendiri? Catat langkah dan proses dalam membuat telur asin berikut ini.

Cara Membuat Telur Asin

1. Sortir Telur yang Memiliki Kualitas Bagus

Langkah pertama dalam membuat telur asin adalah dengan memilah telur bebek yang berkualitas bagus dengan cara merendam telur ke dalam air selama 2 menit dan jika ada telur bebek yang mengapung itu artinya kualitas telur tersebut buruk, sementara telur yang tenggelam ke dasar air memiliki kualitas telur yang bagus.

2. Cuci Bersih Telur

Setelah mendapatkan telur-telur yang mempunyai kualitas yang bagus, langkah selanjutnya adalah mencuci bersih telur dari kotoran bebek yang menempel.

Saat sedang mencucinya, usahakan untuk secara perlahan dalam membersihkan kotoran yang menempel pada kulit telur agar cangkangnya tidak pecah atau retak.

3. Mengampelas Cangkang Telur

Selesai mencuci bersih telur bebek, langkah berikutnya adalah mengampelas kulit telur agar pori-pori yang ada di cangkangnya dapat terbuka lebar sehingga memudahkan garam untuk dapat masuk meresap ke dalam isi telur tersebut.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Campurkan Abu Gosok, Garam, dan Air

Siapkan bahan-bahan seperti abu gosok, garam, dan air yang dicampur dan diaduk menjadi satu hingga merata.

Perlu diingat, ketika sedang mencampur abu gosok dan air, pastikan teksturnya agar tidak terlalu cair agar nantinya mudah dibalurkan pada telur bebek.

5. Lumuri Telur dengan Adonan Abu Gosok

Setelah campuran abu gosok, garam, dan air terbentuk, selanjutnya kamu bisa membalurkannya pada telur bebek yang sudah dibersihkan dan diampelas dengan tingkat ketebalan 3 cm.

6. Simpan Telur ke dalam Ember atau Gentong

Setelah semua telur bebek selesai dibaluri adonan abu gosok, simpan telur-telur tersebut di dalam ember atau gentong yang ditutup kembali dengan taburan abu gosok secukupnya agar proses penyerapan garam pada telur bisa lebih meresap.

7. Diamkan Selama 14 Hari

Dibutuhkan proses selama 14 hari agar garam yang melumuri telur bebek dapat meresap dengan sempurna dan proses pengawetan pun dapat selesai.

8. Rebus Telur

Setelah 14 hari, telur yang dilumuri abu gosok dan garam sudah bisa dibersihkan dan selanjutnya dapat kamu rebus selama waktu 1 jam dengan api kecil.

Jangan memasukkan telur saat air rebusan mendidih agar tidak merusak cangkang telur.

Delapan langkah atau cara membuat telur asin ini bisa kamu coba dan praktikkan untuk memulai berjualan telur asin, tapi jika kamu masih bingung dengan model bisnis yang akan digunakan dalam berjualan telur asin, buku yang satu ini bisa membantu.

Buku Bussiness Model Navigator akan membantu kamu dalam menemukan model bisnis yang cocok untuk bisnis yang akan dijalankan.

Buku ini memang ditulis untuk orang-orang yang menghindari pemakaian pendapat teoretis yang biasanya rumit, sehingga bisa langsung mempraktikkan model bisnis navigator untuk bisnis yang dijalankan.

Buku ini bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com dan selamat mencoba menjalankan bisnis telur asin dengan model bisnis yang tepat.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com