Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 3 Cara Meningkatkan Soft Skill yang akan Berguna untuk Karier Kamu di Masa Depan

Kompas.com - 17/02/2022, 08:44 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Bicara Itu Ada Seninya
Pengarang: Oh Su Hyang
|
Editor Ratih Widiastuty

Selain perlu memiliki hard skill dalam bidang yang kamu kuasai, untuk bisa meningkatkan jenjang karier dan memperluas koneksi dalam dunia kerja, kamu juga dituntut untuk memiliki soft skill yang baik.

Namun, apakah kamu sudah mengetahui perbedaan dari soft skill dan hard skill ini?

Berbeda dengan hard skill yang merupakan kemampuan spesifik dalam bidang tertentu yang terlihat dan bisa diukur, soft skill cenderung tidak ada wujudnya dan tidak bisa diukur.

Kemampuan soft skill ini mencakup komunikasi, kecerdasan dan keterampilan sosial, decision making, critical thinking, problem solving, empati, manajemen waktu, leadership, serta kemampuan dalam beradaptasi dengan lingkungan.

Memiliki soft skill yang baik merupakan hal yang penting dalam dunia kerja, karena saat bekerja kamu perlu berinteraksi dan membangun kerja sama tim dengan orang lain agar pekerjaan yang dilakukan bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Oleh karena itu, selain mengembangkan hard skill untuk memperdalam keilmuan dalam bidang yang kamu kuasai, kamu juga tidak boleh lupa untuk terus mengasah soft skill, karena selain berguna dalam dunia kerja, soft skill juga bisa bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Cara untuk meningkatkan soft skill cukup berbeda dengan hard skill yang bisa dikembangkan dengan cara mengikuti pelatihan.

Berikut ini adalah tiga cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan soft skill yang kamu miliki.

3 Cara Meningkatkan Soft Skill

1. Memperbanyak Interaksi

Cara pertama untuk mengembangkan soft skill yang terbilang cukup mudah adalah dengan memperbanyak komunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.

Seiring dengan berjalannya waktu, perlahan kamu akan mulai bisa memahami sikap atau perilaku orang lain dan bisa beradaptasi serta menyesuaikan diri saat sedang bersama dengan mereka.

Selain itu, kemampuan komunikasi dan keterampilan kamu dalam bersosialisasi juga akan semakin terasah seiring dengan semakin seringnya kamu menjalin hubungan dengan orang lain.

Jika sudah semakin akrab, kamu juga bisa meminta tanggapan atau feedback dari mereka terkait sikap dan perilaku kamu sendiri yang mereka rasakan selama berinteraksi dan berhubungan dengan kamu.

Melalui tanggapan atau kritik yang orang lain berikan, kamu jadi bisa mengintrospeksi dan memperbaiki diri agar kemampuan soft skill kamu bisa lebih baik lagi.

2. Aktif dalam Organisasi

Cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan soft skill sejak duduk di bangku sekolah atau kuliah adalah dengan mengikuti organisasi atau ekstrakulikuler sesuai dengan bidang yang kamu sukai.

Banyak soft skill yang bisa kamu asah dan kembangkan ketika kamu aktif berorganisasi.

Selain kamu jadi lebih sering berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain, kamu juga bisa melatih kemampuan manajemen waktu di antara kesibukan kamu dalam organisasi, untuk sekolah, dan waktu untuk belajar serta mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah.

Kamu juga bisa belajar untuk berdiskusi, berpikir kritis, dan mengetahui cara pengambilan keputusan yang tepat serta problem solving saat mengikuti rapat atau kegiatan di dalam organisasi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Bahkan jika kamu memiliki posisi atau jabatan yang cukup tinggi di dalam struktur organisasi, kamu jadi memiliki kesempatan untuk mengembangkan kemampuan leadership atau kepemimpinan kamu.

3. Mengamati dan Mempelajari dari Orang Lain

Kamu juga bisa meningkatkan soft skill dengan cara mengamati sikap atau perilaku orang lain di sekitar kamu dan menirunya jika kamu anggap cukup baik.

Sebagai contoh, saat guru atau dosen memberikan banyak sekali tugas atau pekerjaan rumah, ada seorang teman kamu yang tidak merasa kesulitan dan bisa menyelesaikan semua tugas dengan tepat waktu.

Ketika kamu bertanya bagaimana cara dia bisa menyelesaikan tugas-tugas tersebut dengan baik, teman kamu menjelaskan jika ia membuat sebuah daftar dan menyusun prioritas pengerjaan tugas berdasarkan deadline pengumpulannya.

Jika kamu merasa cara tersebut memang terbukti ampuh dan efektif, kamu pun bisa meniru teknik yang dilakukan oleh teman kamu itu untuk meningkatkan kemampuan kamu dalam manajemen waktu.

Contoh lain, ketika kamu sedang mengikuti rapat, ada seorang teman yang senang mencatat materi atau hal-hal yang ia anggap penting selama rapat berlangsung.

Ternyata hal tersebut bisa membantunya untuk memahami permasalahan yang dipaparkan dalam rapat sehingga ia merasa lebih mudah untuk berpikir dan mencari solusi yang tepat terkait permasalahan yang tengah didiskusikan.

Kamu pun mencoba cara yang sama untuk mengembangkan kemampuan critical thinking dan problem solving, serta membuat kamu menjadi lebih aktif ketika mengikuti rapat di kantor.

Nah, itulah ketiga cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan soft skill yang akan berguna untuk karier kamu di masa depan.

Salah satu soft skill yang perlu untuk kamu kembangkan adalah kemampuan dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.

Buku Bicara Itu Ada Seninya yang ditulis oleh Oh Su Hyang akan membantu kamu untuk mengetahui teknik-teknik berkomunikasi yang benar dan efektif, sehingga kamu bisa mengasah kemampuan ini dengan lebih baik lagi.

Terdapat lima bab di dalam buku yang berisi pemaparan mengenai ilmu dan metode-metode dalam berkomunikasi secara efektif dan efisien untuk bisa mencapai negosiasi, persuasi, dan tujuan komunikasi yang tepat.

Selain menjelaskan mengenai teori-teori komunikasi, penulis yang merupakan seorang pakar dalam bidang ini juga membagikan pengalamannya dan kisah-kisah inspiratif lain yang bisa memotivasi pembaca untuk semakin giat melatih kemampuan dalam berkomunikasi.

Di dalam bab terakhir, Su Hyang menekankan pentingnya kemampuan berkomunikasi sebagai pondasi yang bisa mendorong keberhasilan atau kesuksesan seseorang melalui contoh-contoh yang berasal dari tokoh dunia.

Pengetahuan terkait teknik dalam berkomunikasi yang kamu dapatkan selama membaca buku ini akan sangat bermanfaat dan bisa kamu praktikkan untuk menunjang karier kamu di masa depan.

Kamu bisa mendapatkan buku Bicara Itu Ada Seninya ini dengan mudah di Gramedia.com.

Dapatkan juga gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk dapatkan vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com