Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Contoh Soft Skill yang Harus Ditulis dalam Sebuah CV

Kompas.com - 14/02/2022, 11:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Bicara Itu Ada Seninya
Pengarang: Oh Su Hyang
|
Editor Novia Putri Anindhita

Saat akan melamar pekerjaan, biasanya kita dituntut untuk membuat sebuah CV, agar rekruter bisa melihat kemampuan apa saja yang kita miliki beserta pengalaman kerja yang akan membantu mereka dalam menentukan apakah kita layak dan bisa diterima bekerja.

Maka dari itu, wajib hukumnya untuk kamu mengetahui hal-hal apa saja yang harus dimasukkan ke dalam CV, agar bisa memperbesar peluang untuk diterima bekerja berdasarkan skill atau kemampuan yang dimiliki.

Selain pengalaman kerja, skill pun teramat sangat menentukan nasib kamu saat akan melamar pekerjaan yang biasanya terdapat dua jenis skill yang jadi bahan pertimbangan rekruter, yaitu hard skill dan soft skill.

Kedua skill ini, hard skill maupun soft skill, memberikan gambaran yang akan mempermudah rekruter untuk menentukan kandidat mana yang terlihat paling cocok untuk posisi pekerjaan yang ditawarkan, sehingga bisa mempersingkat waktu dalam mencari kandidat yang tepat.

Namun, apa saja contoh dari soft skill itu sendiri? Soft skill merupakan kepribadian atau pembawaan yang bisa membantu kamu dalam memperlancar pekerjaan, khususnya yang berhubungan dengan kerja sama tim.

Daripada bingung, simak enam contoh soft skill berikut ini yang bisa kamu tulis dan pertimbangkan untuk dimasukkan dalam CV sebelum melamar pekerjaan.

6 Contoh Soft Skill dalam CV

1. Mampu Bekerja Sama dengan Tim

Dalam bidang pekerjaan apa pun, bekerja sama dengan tim merupakan hal paling mutlak yang harus mampu kamu kuasai agar dapat mempermudah urusan pekerjaan, mulai dari deadline pekerjaan yang terpenuhi, bisa memimpin tim untuk mempercepat menyelesaikan tugas, hingga mampu beradaptasi dengan rekan kerja di divisi yang berbeda.

Kerja sama tim merupakan kunci kesuksesan dalam berhasil atau tidaknya sebuah pekerjaan, sebab saat kamu tidak mampu bekerja sama dengan orang lain, biasanya peluang pekerjaan yang akan didapatkan sangat kecil, bahkan bisa tertutup rapat.

2. Kepemimpinan

Contoh soft skill selanjutnya yang tidak kalah penting dengan team work adalah kemampuan memimpin, yang memang dalam dunia kerja harus bisa dikuasai agar saat kamu diberikan posisi yang mengharuskan memimpin sebuah tim, leadership skill akan sangat membantu untuk mengarahkan dan mengomunikasikan tujuan bersama kepada tim.

Melalui kemampuan leadership, kamu bisa menjadi sosok yang lebih tangguh dalam mengoordinasikan pekerjaan, karena mampu memimpin banyak orang agar dapat mengerjakan pekerjaan sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

3. Manajemen Waktu

Soft skill yang teramat sangat dibutuhkan dunia kerja selanjutnya adalah kemampuan dalam mengatur waktu, sebab perusahaan ingin jika pekerja yang mereka mampu menyelesaikan deadline secara tepat waktu, alih-alih gagal dan menunda-nunda pekerjaan.

Apalagi saat ritme dunia kerja yang setiap harinya berjalan dengan cepat dan serba menuntut, mengharuskan kamu untuk memiliki kemampuan dalam mengatur waktu ini agar dapat mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja yang serba cepat.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Kreatif dan Inovatif

Dunia kerja mengharuskan kamu untuk selalu mampu menjadi sosok yang kreatif dan inovatif agar bisa menghasilkan ide-ide segar dan baru yang bisa meningkatkan kualitas pekerjaan.

Pola pikir yang kreatif dan inovatif juga akan memperbesar peluang bagi kamu untuk meningkatkan posisi atau jabatan, sebab perusahaan akan melihat passion yang kamu punya dalam mengerjakan pekerjaan.

5. Dapat Memecahkan Masalah

Tidak bisa dihindari, pekerjaan yang kamu jalankan akan menghadapi beberapa masalah yang memang biasanya muncul sebagai bagian dan tantangan dalam dunia kerja, sehingga diperlukan kemampuan untuk bisa menanganinya.

Kemampuan dalam memecahkan masalah sangat diperlukan agar saat menghadapi problem ketika sedang bekerja, kamu dapat melihatnya dengan lebih tenang agar mampu melihat cara yang tepat dan efisien untuk menyelesaikannya.

6. Komunikasi

Soft skill terakhir yang wajib dimiliki adalah kemampuan berkomunikasi yang baik dan lancar, karena dunia kerja memang menuntut komunikasi yang intens dan serba cepat yang membuat kamu harus mampu berkomunikasi dengan tepat.

Berkomunikasi dengan baik dan benar adalah modal dari segala macam soft skill yang ada, sebab dari cara kamu berkomunikasi, orang-orang yang ada di sekitar akan melihat bagaimana dengan efisien kamu bisa berdiskusi, menyampaikan pendapat, hingga beradaptasi di lingkungan kerja.

Keenam soft skill yang dibahas ini mutlak kamu butuhkan jika ingin mudah mendapatkan pekerjaan, sebab di era digital yang semakin berkembang ini, soft skill yang mumpuni akan sangat membantu melancarkan karier.

Oleh karena itu, buku Bicara Itu Ada Seninya yang ditulis oleh Oh Su Hyang, akan sangat menolong kamu dalam meningkatkan soft skill dalam hal berkomunikasi untuk memperbesar peluang diterima bekerja.

Selain berisi mengenai pengalaman dalam meningkatkan skill berkomunikasi dalam diri, buku ini juga akan memperlihatkan cara berkomunikasi yang baik dan benar, seperti teknik komunikasi, persuasi, dan negosiasi.

Buku Bicara Itu Ada Seninya bisa kamu beli di Gramedia.com.

Ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com