Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Buku tentang Ekspor Impor Bagi Kamu yang Ingin Tahu Seluk Beluknya

Kompas.com - 15/02/2022, 12:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Perdagangan Internasional : Kupas Tuntas…
Pengarang: Andri Feriyanto
|
Editor Ratih Widiastuty

Bagi kamu yang sedang menjalankan bisnis dan ingin mengembangkan usaha dalam kancah internasional, terlebih dahulu kamu perlu mengetahui bagaimana prosedur untuk melakukan kegiatan ekspor.

Atau mungkin kamu ingin membuka usaha dengan produk yang kamu tawarkan meliputi barang-barang yang berasal dari luar negeri?

Maka kamu juga perlu mengetahui tentang seluk beluk kegiatan impor di Indonesia untuk bisa melakukannya.

Selain melalui internet, kamu juga bisa memperoleh informasi terkait ekspor impor ini dengan membaca buku.

Buku-buku tentang ekspor-impor biasanya ditulis oleh orang yang paham dan terlibat langsung di dalamnya, sehingga akan membantu kamu untuk mengetahui lebih dalam mengenai kegiatan ini.

Berikut beberapa rekomendasi buku tentang ekspor impor yang bisa kamu gunakan sebagai referensi bacaan.

Buku tentang Ekspor Impor

1. Perdagangan Internasional: Kupas Tuntas Prosedur Ekspor Impor

Karena terbatasnya referensi buku yang membahas mengenai ekspor impor, penulis yang merupakan pengampu untuk mata kuliah ini akhirnya tergerak untuk menuliskan buku yang bisa digunakan sebagai bahan ajar maupun dibaca oleh masyarakat umum.

Buku ini akan membantu kamu yang tertarik untuk mengetahui tentang perdagangan internasional atau perdagangan antar-negara, khususnya mengenai prosedur kegiatan ekspor impor.

Kegiatan ekspor sendiri merupakan kegiatan menjual barang ataupun jasa ke luar negeri, sedangkan impor adalah kegiatan untuk memasukkan barang atau jasa dari negara lain ke dalam negeri.

Terdapat 12 bab yang dipaparkan di dalam buku ini, meliputi Pengantar Perdagangan Internasional, Pelaku Perdagangan Internasional, Masalah dalam Ekspor Impor, Letter of Credit, Bill of Lading, dan Incoterm.

Selain itu, dijelaskan pula terkait Prosedur Transaksi Ekspor Impor, Pembayaran Transaksi Ekspor Impor, Dokumen yang Diperlukan dalam Ekspor Impor, Asuransi dalam Ekspor Impor, Sistem Tarif Ekspor Impor, serta Kepabeanan dan Beacukai.

Melalui buku ini, kamu akan memperoleh informasi secara lengkap dan mendetail mengenai kegiatan ekspor impor dalam perdagangan internasional yang akan membantu kamu jika ingin melakukan kegiatan ini untuk berbisnis.

2. Seluk Beluk Perdagangan Ekspor Impor Jilid 1 dan Jilid 2

Penyusunan materi yang dipaparkan di dalam kedua buku ini telah disesuaikan oleh penulis dengan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor: Kep. 247/Mei/V/2007, ci mana keputusan ini membahas mengenai Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), Sektor Perdagangan Besar, Sub Sektor Perdagangan Ekspor-Impor tertanggal 31 Mei 2007.

Pada buku di jilid pertama, sebagian besar berisi terkait aturan-aturan kebijaksanaan pemerintahan di bidang ekspor-impor, yang selain bersumber dari Keputusan Menteri yang telah disebutkan di atas, juga bersumber dari Gubernur Bank Indonesia, Menteri Keuangan, serta WTO (World Trade Organization), dan Kadin Internasional (ICC).

Sedangkan pada buku jilid kedua, lebih banyak membahas tentang peran penting dari ekspor impor sebagai penggerak dalam kegiatan ekonomi yang bisa membantu mengurangi angka kemiskinan dan juga pengangguran.

Menurut penulis, dengan meningkatnya kegiatan ekspor impor akan berdampak terhadap meningkatnya partisipasi masyarakat dan bisa mengurangi angka pengangguran yang ada.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Hal ini disebabkan karena semakin banyaknya kegiatan ekspor impor, maka akan menambah kesempatan untuk mengembangkan bisnis atau usaha, dan memperluas kesempatan kerja melalui rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan ekspor impor.

Kedua buku ini akan membantu kamu untuk memperoleh informasi secara mendalam mengenai seluk beluk dari kegiatan ekspor impor, mulai dari ketetapan pemerintah terkait kegiatan ini, hingga potensi yang bisa dicapai dengan melakukan kegiatan ekspor impor.

3. Import Top Secret: Cara Impor Resmi Tanpa Ribet

Kegiatan impor merupakan salah satu bagian yang penting dalam sebuah perdagangan internasional.

Melakukan impor dalam skala besar membutuhkan campur tangan dari Bea Cukai di negara pengirim maupun negara penerima.

Oleh karena itu, terdapat hukum yang menaungi dan aturan main dalam sistem jual beli barang atau jasa impor yang wajib untuk kamu ketahui sebelum melakukan kegiatan ini.

Hukum ini berfungsi untuk memberikan ketenangan kepada pelaku kegiatan dalam melakukan transaksi jual beli barang atau jasa impor.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena buku ini akan membeberkan semua rahasia mengenai cara melakukan kegiatan impor yang resmi tapi tidak berbelit.

Melalui buku ini, kamu juga akan mendapatkan pengetahuan terkait untung dan rugi jual beli barang atau jasa impor, jenis-jenis barang impor, syarat-syarat sah jual beli barang impor, aspek hukum jual beli barang impor menurut KUH Perdata dan CISG, serta prosedur resmi impor barang.

Prosedur resmi dalam impor barang ini meliputi order pengiriman, dokumen perdagangan, penerimaan importer, pembayaran, SPBB, dan juga pengangkutan.

4. Perkembangan Investasi dan Ekspor Produk UMKM dalam Era Ekonomi Digital

Saat ini telah terjadi arus besar dalam perubahan teknologi informasi dan komunikasi yang menimbulkan revolusi industri 4.0, dan kecenderungan dari semakin banyak negara untuk melakukan proteksi dalam perekonomian domestiknya.

Kedua hal ini menyebabkan Indonesia perlu untuk melakukan reformasi struktural terhadap sumber-sumber pertumbuhan ekonomi nasional, termasuk di bidang investasi dan kegiatan ekspor.

Buku ini dimaksudkan oleh tim penulis untuk memberikan catatan-catatan penting terkait informasi akan pengetahuan, isu, dan gagasan yang perlu mendapatkan perhatian, khususnya dalam pengembangan investasi dan ekspor di era ekonomi digital.

Buku ini akan mengulas dan menganalisis mengenai lima topik terkait permasalahan investasi, perkembangan, dan manfaatnya bagi masyarakat, serta mengupas tentang bagaimana pemanfaatan e-commerce untuk mendorong ekspor produk dalam negeri.

Nah, itulah keempat rekomendasi buku tentang ekspor impor yang bisa kamu baca untuk menambah informasi dan pengetahuan mengenai kegiatan ini.

Kamu bisa mendapatkan buku-buku tentang ekspor impor ini dengan mudah di Gramedia.com.

Kamu juga bisa dapatkan gratis voucher diskon yang bisa dipakai tanpa minimal pembelian, hanya dengan klik di sini dan isi formnya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com