Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menambah Informasi dan Pengetahuan Baru, Ini Daftar Koran Terpopuler di Indonesia yang Bisa Kamu Baca Setiap Hari

Kompas.com - 04/02/2022, 09:30 WIB
Sumber Foto: Unsplash.com
Rujukan artikel ini:
Kompas/ 31 Januari 2022
Pengarang: Kompas
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Koran menjadi salah satu surat kabar legendaris yang sudah ada sejak zaman dahulu dan masih bisa kamu nikmati sampai hari ini.

Diambil dari bahasa Belanda “krant” dan bahasa Perancis “courant”, koran merupakan surat kabar yang ringan dan mudah untuk dibuang karena dicetak dari kertas-kertas yang biayanya rendah.

Koran ini berisi berbagai informasi dan topik-topik terkini yang sedang hangat di masyarakat, topiknya bisa berupa politik, olahraga, kriminal, laporan cuaca, otomotif, dan masih banyak lagi.

Selain topik-topik penting dan terkini, koran juga sering diselipi dengan berbagai karikatur yang berisi sindiran mengenai masalah tertentu, lowongan pekerjaan, atau ada juga kolom teka teki silang.

Jenis koran atau surat kabar ini biasanya diterbitkan setiap hari kecuali pada hari-hari libur, jadi kamu tidak akan ketinggalan update berita terbaru setiap harinya.

Pemilik surat kabar akan menjadi pihak penanggung jawab yang berkaitan erat dengan keberlangsungan media ini sendiri, sedangkan yang bertanggung jawab terhadap isi surat kabarnya biasanya disebut sebagai editor.

Tidak hanya buku-buku novel, koran juga saat ini sudah mendapat banyak perhatian dari pemerintah dan sering diadakan acara penghargaan khusus, salah satunya adalah penghargaan dari “Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa” yang dibawahi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Berikut adalah daftar koran atau surat kabar Indonesia yang dinilai berhasil menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar tahun 2021 lalu.

Daftar Koran yang Dinilai Berhasil Menggunakan Tata Bahasa Indonesia yang Baik Tahun 2021

  1. Media Indonesia (Jakarta),
  2. Republika (Jakarta),
  3. Bisnis Indonesia (Jakarta),
  4. Pikiran Rakyat (Jawa Barat),
  5. Tribun Jabar (Jawa Barat),
  6. Koran Sindo (Jakarta),
  7. Warta Kota (Jakarta),
  8. Lampung Post (Lampung),
  9. Suara Pembaruan (Jakarta),
  10. Harian Tabengan (Kalimantan Tengah),

Penghargaan ini membuktikan bahwa koran ini masih menjadi salah satu media cetak yang penting dan tersebar di banyak wilayah di Indonesia.

Selain nama-nama yang disebutkan oleh badan bahasa diatas, ada beberapa nama koran lain yang populer dan bahkan masih terus diproduksi sampai hari ini karena sudah memiliki banyak peminat.

Daftar Koran yang Populer di Indonesia

  1. Jawa Pos
  2. Kompas
  3. Koran Jakarta
  4. Koran Tempo
  5. Koran Sindo
  6. Media Indonesia
  7. Rakyat Merdeka
  8. Republika

Walaupun pihak penerbitan koran masih terus beroperasi sampai sekarang, tapi eksistensi koran semakin lama juga akan semakin tergantikan dengan banyaknya media online yang ada saat ini.

Banyak orang-orang yang merasa kerepotan jika harus membaca koran sambil melakukan aktivitas lain, sehingga mereka memilih membaca berita melalui media online karena lebih praktis dan mudah diakses melalui smartphone.

Nah, saat ini sudah banyak sekali media atau aplikasi yang menyediakan koran atau surat kabar lain yang bisa kamu akses melalui online, salah satunya ada di aplikasi Gramedia Digital.

Gramedia Digital adalah aplikasi yang disediakan oleh toko buku Gramedia sebagai tempat untuk membaca berbagai buku melalui online.

Tapi tidak hanya buku saja, Gramedia Digital juga menyediakan ratusan majalah dan berbagai koran lain yang bisa kamu update secara berkala setiap harinya, sehingga kamu tidak akan ketinggalan berita atau informasi terbaru.

Untuk lebih lengkapnya, yuk simak cara penggunaan aplikasi Gramedia Digital berikut ini.

Cara Menggunakan Aplikasi Gramedia Digital

1. Buka website Gramedia Digital

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kamu bisa mengakses website Gramedia Digital melalui ebooks.gramedia.com dan login menggunakan akun email kamu.

2. Klik menu “Premium”

Sebelum membaca berbagai buku, majalah, dan koran di Gramedia Digital, kamu harus berlangganan paket premiumnya terlebih dahulu, ada beberapa paket langganan yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

3. Pilih Premium Package yang kamu inginkan dan klik “Buy Now

4. Klik “Lanjutkan ke Pembayaran”

5. Klik dan ceklis pada bagian kotak “Ya, saya memiliki salah satu dari device ini"

Di halaman ceklis ini jangan lupa untuk memilih “tipe pembayaran”.

Kamu bisa membayar paket langganan ini melalui mobile banking atau e-wallet yang tersedia.

6. Masukkan kode pembayaran

Setelah memilih tipe pembayaran, kamu akan mendapatkan kode pembayaran dan segera lakukan pembayaran sesuai dengan tagihan yang tertera, baru kamu bisa menggunakan aplikasi ini.

7. Buka aplikasi Gramedia Digital

Setelah berhasil berlangganan paket premium, kamu bisa langsung login melalui aplikasi Gramedia Digital.

Kamu bisa memilih koran atau surat kabar yang kamu inginkan, dan klik “unduh” untuk membacanya secara lengkap.

Tapi kalau kamu hanya ingin berlangganan salah satu koran saja, kamu sebenarnya tidak harus membeli paket langganan premium bulanan atau tahunan.

Kamu tinggal memilih salah satu nama koran yang ingin kamu baca, klik “beli” dan lakukan pembayarannya sama seperti saat membeli paket premium di atas.

Jadi, tunggu apalagi? Kalau kamu tidak mau ketinggalan berita terbaru dan ingin membaca koran dengan praktis, maka Gramedia Digital bisa menjadi solusinya.

Saat ini, Gramedia Digital sudah bisa kamu akses dengan mudah melalui smartphone dengan mendownloadnya di sini.

Selamat membaca koran dengan praktis!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com