5 Cara Jitu Menghibur Diri agar Tidak Gampang Sedih

Kompas.com - 28/12/2021, 19:00 WIB
Sumber Gambar : Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Going Offline
Pengarang: Desi Anwar
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Hidup tidak bisa selamanya membahagiakan kita.

Terkadang ada kejadian atau peristiwa tertentu yang membuat hati kita merasa sedih atau bahkan membuat hidup jadi terasa tidak menyenangkan.

Pada dasarnya, perasaan sedih ini merupakan sebuah tanggapan emosional terhadap sesuatu yang tidak berjalan sesuai dengan ekspektasi atau harapan kita, seperti misalnya kehilangan sosok yang dicintai, merasa gagal dalam target tertentu, dan masih banyak lagi.

Walaupun rasanya kadang tidak menyenangkan, tapi perasaan sedih ini sebenarnya punya manfaat positif lho, karena bisa membuat kita lebih menghargai sesuatu yang kita punya dalam hidup ini.

Tapi kita juga harus sadar bahwa terlalu banyak tenggelam dan terlarut dalam perasaan sedih juga akan berdampak buruk pada diri sendiri.

Untuk itu, kita bisa melakukan beberapa cara untuk menghibur diri dan mengatasi rasa sedih yang kita alami supaya kita bisa segera ceria kembali.

Berikut ini lima cara jitu yang bisa kamu lakukan supaya kamu tidak mudah merasa sedih.

5 Cara Jitu agar Tidak Gampang Sedih

1. Ekspresikan Perasaan

Belajar mengekspresikan perasaan sebenarnya sangat penting supaya kamu bisa meluapkan apapun yang ada dalam hati kamu dan membuat perasaan kamu jadi lebih lega.

Di saat kamu sudah tahu bagaimana caranya mengekspresikan perasaan, maka kamu juga nantinya bisa lebih mudah mengendalikan perasaan yang membuat kamu tidak lagi mudah merasa sedih.

2. Mendengarkan Musik

Cara lain yang bisa membantu kamu agar tidak lagi mudah merasa sedih adalah dengan mendengarkan musik yang bisa membuat emosi kamu menjadi lebih stabil.

Selain mendengarkan musik dan lagu favorit, kamu juga bisa mencoba untuk membaca buku atau menonton film yang membuat rasa sedih kamu menjadi teralihkan.

3. Travelling

Untuk menghibur diri dan terhindar dari perasaan sedih, kamu bisa coba untuk pergi berlibur dari rutinitas dan aktivitas kamu sehari-hari.

Cobalah untuk merefleksikan dan mengevaluasi segala hal yang sudah pernah terjadi dalam hidup dan temukan hikmah di balik setiap peristiwa yang nantinya bisa membuat pikiran serta perasaan kamu menjadi lebih tenang.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Perluas Jaringan Pertemanan

Berdiam diri dan meratapi nasib malah membuat kamu menjadi mudah merasa sedih.

Kamu harus mulai belajar untuk bersosialisasi dan memperluas jaringan pertemanan supaya kamu bisa sedikit mengalihkan pikiran.

Memilih jaringan pertemanan yang baik dan positif akan menggiring kamu ke lingkungan dan suasana baru, yang membuat kamu tidak lagi mengingat kesedihan yang kamu alami.

5. Lakukan Kegiatan Sosial

Sebagai manusia kadang kamu merasa sedih karena apa yang kamu alami dalam hidup ini rasanya terlalu berat, padahal sebenarnya ada banyak orang di sekelilingmu yang hidupnya mungkin jauh lebih berat.

Nah, dampak positif dari memperluas jaringan pertemanan ini juga bisa membuat kamu mengenal organisasi dan kelompok yang biasanya melakukan kegiatan sosial dengan berbagi kepada orang yang membutuhkan.

Dengan melakukan kegiatan sosial dan membantu orang lain ini bisa menularkan kebahagiaan dan membuat kamu jadi tidak mudah sedih lagi.

Selain kelima cara diatas, sebenarnya ada cara lain yang mungkin bisa kamu lakukan untuk terhindar dari perasaan sedih, yaitu dengan menjauhi gadget dan media sosial.

Buku Going Offline karya Desi Anwar, akan menjelaskan bahwa sebanyak apapun manfaat yang kamu dapat dari media sosial, tetap saja kamu membutuhkan dunia nyata untuk tetap bertahan hidup.

Buku ini bisa kamu jadikan sebagai teman saat kamu membutuhkan ruang istirahat dari gadget dan media sosial.

Buku ini juga bisa sangat membantu kamu untuk memperbaiki pata hati karena isinya banyak membahas mengenai cara mengapresiasi dan menemukan jati diri dalam kehidupan.

Kamu juga bisa membaca buku Cast Away Your Sadness: Seni Menguasai Rasa Sedih yang Banyak Orang Belum Tahu karya Irfan Suryana.

Buku ini akan menyadarkan kamu bahwa perasaan sedih memang wajar dimiliki oleh orang-orang di dunia ini, karena ada banyak peristiwa yang tidak bisa kita kendalikan, tapi semua orang juga punya pilihan untuk bisa menanggulangi rasa sedihnya.

Dalam buku ini kamu akan diberikan banyak cara yang bisa dilakukan untuk memahami arti dari tiap kesedihan yang datang dalam hidup kamu sehingga kamu jadi tidak lagi mudah merasa sedih.

Nah, kalau kamu tertarik dan mau membaca buku ini, kamu bisa dengan mudah membelinya di Gramedia.com.


Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.