Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Dijadikan Penghasilan Sampingan, Berikut 5 Hobi yang Menghasilkan Uang

Kompas.com - 01/02/2024, 18:00 WIB
 Hobi yang Menghasilkan Uang  Sumber Gambar: Freepik.com Hobi yang Menghasilkan Uang 
Rujukan artikel ini:
The Richest Man In Babylon…
Pengarang: George S. Clason
|
Editor Ratih Widiastuty

Di tengah hiruk pikuk kehidupan yang penat dan serba menuntut, memiliki hobi dapat menjadi jalan keluar untuk sedikit menikmati hidup.

Selain bisa memberikan kesenangan tersendiri, menjalani hobi juga akan memberikan kepuasan yang tentunya akan dengan senang hati dilakukan tanpa adanya paksaan.

Masing-masing orang tentunya memiliki hobi yang berbeda-beda, dan tak jarang pula setiap orang mungkin mempunyai hobi lebih dari satu.

Tidak ada salahnya jika memang ingin menjalani hobi selama tidak merugikan orang lain maupun diri sendiri karena hobi nyatanya tidak hanya sekedar bentuk kesenangan saja, tapi juga bisa menghasilkan uang.

Apalagi di era digital seperti sekarang, banyak sekali jenis hobi yang bisa menghasilkan uang sering dengan perkembangan zaman.

Kehidupan yang semakin modern memudahkan kita untuk saling terhubung dengan satu sama lain sehingga hobi yang dijalani pun akan dengan mudah dapat dibagikan ke banyak orang.

Apalagi jika hobi yang kita sukai bisa dijalankan secara konsisten, tentunya akan semakin mudah untuk menarik perhatian banyak orang karena kita semakin terampil dalam menguasainya.

Hal ini juga yang menjadikan hobi bisa menghasilkan uang sebab ada pengalaman, wawasan, dan keterampilan yang dapat kita bagi pada banyak orang.

Lalu, apa saja hobi yang bisa menghasilkan uang? Simak lima hobi yang bisa menghasilkan uang berikut ini.

5 Hobi yang Menghasilkan Uang

1. Menulis

Hobi menulis ternyata bisa menghasilkan uang jika kita mampu melihat peluang yang ada.

Tidak ada salahnya untuk mengirim hasil tulisan kita ke beberapa media berita daring untuk menjadi kontributor di blog mereka.

Bagi kamu yang gemar menulis cerita fiksi, kamu juga dapat mengirimkan naskah ke beberapa penerbit buku.

Sebelum mengirim naskah tulisan, ada baiknya untuk menyiapkan portofolio tulisan dalam bentuk blog, media sosial, atau website.

2. Memasak

Memasak juga adalah salah satu hobi yang dapat menghasilkan pundi-pundi uang.

Selain mampu memberikan kepuasan tersendiri, hobi memasak pun dapat dijadikan peluang sebagai sumber pendapatan yang menjanjikan.

Selain bisa menjual hasil masakan kita secara daring maupun luring, kamu juga dapat membagikan resep atau video memasak melalui media sosial.

Hal ini akan membuat banyak orang tertarik sehingga peluang untuk mendapatkan uang pun menjadi terbuka lebar.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Bermain Gim

Jika dulu bermain gim kerap diidentikkan dengan bermalas-malasan, kini menjadi seorang gamer justru adalah peluang karier yang menjanjikan.

Seiring perkembangan dunia teknologi, gamer sudah menjadi pekerjaan yang banyak diminati, khususnya bagi kaum muda.

Bahkan bermain gim sendiri sudah masuk ke salah satu cabang olahraga, yaitu esport.

Berbagai gadget yang semakin canggih memudahkan para atlet esport untuk dapat memilih gim mana yang bisa dimainkan dan menghasilkan uang selama prosesnya.

4. Travelling

Siapa yang tidak mau dibayar untuk travelling atau jalan-jalan karena di era digital seperti sekarang peluang seperti ini sangat terbuka lebar.

Banyak sekali brand, hotel, agen travelling, hingga dinas pariwisata yang rela mengeluarkan dana untuk membayar orang-orang yang mampu membuat konten travelling dengan menarik.

Di sini ditunggu beberapa kemampuan, seperti public speaking dan videografi untuk menghasilkan konten travelling yang menarik.

Maka dari itu, jika kamu hobi travelling, tidak ada salahnya untuk mulai mengasah kemampuan yang sudah disebutkan untuk bisa menghasilkan cuan.

5. Berkebun

Bercocok tanam adalah salah satu hobi yang bisa merelaksasi karena ada proses dan hasil yang didapatkan.

Namun, bagaimana jika hobi ini juga turut serta menghasilkan uang, tentunya bisa menjadi pemicu untuk lebih menjalankannya.

Berkebun bisa dijadikan lahan penghasilan apabila kita pandai dalam menangkap peluang, seperti melihat kebutuhan pasar.

Sayuran, buah-buahan, atau bunga bisa menjadi beberapa opsi tanaman yang bisa dijual dan menghasilkan uang.

Setelah berhasil menghasilkan uang dari hobi yang dijalankan, tidak ada salahnya untuk mulai melek ilmu finansial.

Agar penghasilan yang didapatkan tidak lenyap begitu saja, belajar cara mengelola uang mutlak diperlukan.

Buku The Richest Man in Babylon bisa dijadikan bahan bacaan yang tepat untuk kamu yang tengah memperdalam wawasan finansial sebagai bekal dalam merencanakan masa depan.

Buku ini mengedepankan pedoman abadi yang tak lekang zaman dengan menghadirkan prinsip-prinsip mendapatkan, mempertahankan, dan mengembangkan kekayaan.

Ditulis dalam bentuk nasihat praktis lewat kisah-kisah menarik berlatar Babilonia Kuno yang tentunya akan dengan mudah dapat dinikmati dan dipahami oleh pembaca.

Pesan bukunya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com