Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Menghilangkan Ketombe Kering yang Membandel, Murah dan Efektif

Kompas.com - 22/10/2023, 18:00 WIB
Cara Menghilangkan Ketombe Kering  Sumber Gambar: Freepik.com Cara Menghilangkan Ketombe Kering 
Rujukan artikel ini:
Sehat Itu Cantik
Pengarang: Nadira T. Khanza
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Ketombe adalah kotoran yang berbentuk seperti serpihan berwarna putih atau kuning, dan berada di bagian permukaan kulit kepala.

Munculnya masalah ketombe ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti stres, hormon yang tidak seimbang, kurang menjaga kebersihan rambut, dan masih banyak lagi.

Meski tidak menular, masalah ketombe tentunya bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang karena dalam beberapa kasus, ketombe bisa saja jatuh dan mengotori pakaian.

Ketombe pada umumnya terjadi saat seseorang berusia 20 tahunan, bahkan tak jarang juga bisa terjadi para orang-orang yang berusia 50 tahun ke atas.

Untungnya saat ini sudah ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ketombe, beberapa diantaranya bisa kamu temukan di bawah ini.

7 Cara Menghilangkan Ketombe Kering

1. Keramas dengan Sampo Anti Ketombe

Rutin keramas bisa mengatasi masalah ketombe sekaligus juga bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel di kulit kepala.

Meskipun begitu, kamu juga tidak boleh terlalu sering keramas karena bisa menghilangkan minyak alami yang ada pada kulit kepala, dan nantinya bisa memperparah masalah ketombe.

Selain itu, usahakan untuk menggunakan sampo anti ketombe yang mengandung bahan zinc, ketonzolac, asam salisilat, atau selenium sulfida yang berfungsi untuk meredakan gatal pada kulit kepala.

2. Gunakan Lidah Buaya

Selain digunakan untuk merawat kesehatan kulit, lidah buaya juga diklaim ampuh untuk mengatasi peradangan di kulit kepala yang menjadi penyebab munculnya ketombe.

Tidak hanya itu saja, lidah buaya juga bisa membantu meredakan gatal dan menguatkan akar rambut.

Untuk membuat masker lidah buaya, kamu bisa ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Kupas kulit dan lumatkan satu batang lidah buaya.
  • Campurkan gel lidah buaya dengan 1 sendok minyak kelapa.
  • Setelah tercampur rata, oleskan masker ke rambut dan kulit kepala.
  • Tutup rambut dengan penutup kepala, kemudian bungkus kepala dengan handuk yang sebelumnya sudah direndam dalam air hangat.
  • Diamkan kurang lebih 30 menit.
  • Bilas rambut dan keramas.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin sampai ketombe menghilang.

3. Gunakan Minyak Kelapa

Selanjutnya kamu juga bisa gunakan minyak kelapa yang berasal dari ekstrak atau sari daging kelapa.

Minyak kelapa bisa melembabkan rambut dan kulit kepala sekaligus juga bisa menyuburkan dan menghaluskan rambut.

Kamu tinggal oleskan minyak kelapa ke bagian kulit kepala, pijat secara perlahan sampai merata dan diamkan semalaman, pada keesokan harinya, kamu bisa langsung keramas seperti biasa.

4. Gunakan Air Lemon

Di dalam lemon, terdapat banyak sekali nutrisi yang menunjang kesehatan rambut dan mengatasi masalah ketombe yang membandel, di antaranya seperti vitamin C, asam sitrat, dan juga zat besi.

Dalam sebuah jurnal yang dilampirkan oleh Indian Journal of Dermatology, air lemon diklaim bisa mencegah adanya peradangan pada kulit kepala dan memperbaiki sel kulit kepala yang rusak.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Untuk merasakan manfaatnya, kamu bisa langsung mengaplikasikan 2 sendok perasan air lemon ke bagian kulit kepala, diamkan setidaknya 10 sampai 15 menit, dan bilas sampai bersih.

5. Gunakan Cuka Apel

Selain bermanfaat untuk merawat kulit yang berjerawat, cuka apel juga bisa membantu mencegah munculnya ketombe dan mengembalikan pH pada kulit kepala.

Kamu tinggal mencampurkan ½ cangkir cuka apel dan 1 cangkir air dingin, setelah campurannya merata, aplikasikan ke seluruh bagian kulit kepala, diamkan selama 10 menit, baru kemudian bilas dengan air dingin dan jangan lupa untuk mengoleskan kondisioner.

6. Gunakan Tea Tree Oil

Bahan alami seperti tea tree oil ini pada umumnya digunakan untuk mengatasi masalah jerawat yang membandel.

Belum banyak orang tahu kalau tea tree oil juga bisa membantu menghilangkan ketombe dan memberantas jamur penyebab ketombe di kulit kepala.

Cara penggunaannya cukup mudah, kamu tinggal campurkan 2 sampai 3 tetes tea tree oil ke sampo yang biasa kamu pakai, oleskan secara merata ke kulit kepala dan rambut, pijat kepala secara perlahan.

Diamkan selama beberapa menit kemudian bilas rambut sampai bersih, kamu bisa lakukan cara ini setidaknya 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Mengonsumsi Probiotik

Selain mengusahakan pengobatan dari luar, kamu juga harus memperhatikan makanan yang kamu konsumsi.

Salah satu cara terbaik untuk melawan infeksi jamur penyebab ketombe adalah mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti tempe, kombucha, yogurt, atau kimchi.

Selain ampuh mengatasi masalah di kulit kepala, mengonsumsi makanan yang bergizi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Merawat kesehatan rambut tentunya menjadi hal yang wajib dilakukan oleh semua orang, baik laki-laki maupun perempuan.

Alasannya sederhana, sebab rambut adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dari luar sehingga harus diperhatikan kesehatannya.

Bagi kamu yang ingin belajar merawat dan mempercantik diri, buku Sehat Itu Cantik karya Nadira T. Khanza bisa memberikanmu banyak pemahaman baru.

Dalam buku ini, terdapat berbagai macam tips merawat kecantikan diri, dari ujung rambut sampai ke ujung kaki tanpa harus repot pergi ke ahli kecantikan.

Dengan harga yang terjangkau, merawat diri di rumah sendiri bisa membuat kamu jauh lebih tenang dan rileks karena tidak perlu bertemu dengan banyak orang.

Tidak hanya itu saja, buku ini juga dilengkapi dengan berbagai macam informasi tambahan mengenai cara-cara perawatan tubuh dan cara mencegah terjadinya penuaan dini pada wajah.

Kalau penasaran, kamu bisa temukan buku ini melalui online di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com