Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bacaan Doa Setelah Membaca Yasin Lengkap dengan Arab-Latin dan Artinya

Kompas.com - 06/09/2023, 13:00 WIB
Doa Setelah Membaca Yasin Sumber Gambar: Pexels.com Doa Setelah Membaca Yasin
Rujukan artikel ini:
Doa-Doa Harian Rasulullah
Pengarang: AKHMAD NAJIBUL KHAIRI LC.
Penulis Okky Olivia
|
Editor Puteri

Setiap malam Jum’at, umat Islam memiliki kebiasaan yang rutin dilakukan yaitu membaca surah Yasin.

Perlu dipahami bahwa surah Yasin adalah surat ke-36 dalam Al-Qur’an yang terdiri dari 83 ayat.

Tidak hanya di malam Jum’at, sebagian umat muslim juga membaca surah Yasin secara rutin setiap hari, karena surah ini memiliki beberapa keutamaan yang luar biasa.

Surah Yasin juga biasa dibacakan untuk mengirim doa pada orang-orang yang telah meninggal dunia, supaya arwahnya mendapatkan keringanan di alam kubur.

Selesai membaca surah Yasin, umat Islam juga dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu sebelum melanjutkan aktivitasnya.

Berikut adalah bacaan doa setelah membaca surah Yasin.

Bacaan Doa Setelah Membaca Surah Yasin

Doa Setelah Membaca Yasin Doa Setelah Membaca Yasin

Allahumma innaa nastahfidzhuka wa nastaudi’uka diinana wa anfusanaa wa ahlanaa wa aulaadanaa wa amwaalanaa wa kulla syai’in a’thaitanaa.

Allahummaj’alnaa wa iyyaahum fii kanafika wa amaanika wa jiwaarika wa ‘iyaadzika min kulli syaithaanim mariid wa jabbaarin‘ aniid wa dzii ‘ainin wa dzii baghyin wa min syarri kulli dzii syarrin innaka ‘alaa kulli syai’in qadiir.

Allahumma jammilnaa bil’aafiyati was salaamati wa haqqiqnaa bit taqwaa wal istiqaamati wa a’idznaa min muujibaatin nadaamati innaka samii’ud du’aa’i.

Allahummaghfirlanaa wa li waalidiina wa li aulaadinaa wa li masyaayikhinaa wa li ikhwaaniaa fiddiini wa li ashhaabinaa wa ahbaabinaa wa liman ahabbanaa fiika wa liman ahsana ilainaa wa lil mukminiina wal mukminaati wal musliminiina wal muslimaati ya rabbal ‘aalamiin.

Washalli allahumma ‘alaa abdika warasuulika sayyidinaa wamaulanaa muhammadin wa ‘ala alihi washahbihi wasallam.

Warzuqnaa kamaalal mutaaba’ati lahu dhaahiran wa baathinan fii ‘aafiyatin wa salaamatin birahmatika yaa arhamar raahimiin.

Artinya:

“Ya Allah, kami memohon penjagaan dan menitipkan kepada-Mu agama kami, keluarga kami, anak-anak kami, harta kami, dan apa saja yang sudah Engkau limpahkan kepada kami.

Ya Allah, semoga Engkau senantiasa memberikan penjagaan dan perlindungan dari godaan setan, orang yang kejam dan zalim, serta dari kejahatan para penjahat. Sesungguhnya Engkau adalah maha kuasa segala sesuatu.

Ya Allah, berikanlah kami kesehatan dan keselamatan, sejatikanlah kami dengan ketakwaan dan istiqamah, dan jagalah kami dari segala penyesalan, sebab hanya Engkau yang maha mendengarkan doa-doa kami.

Ya Allah, ampunilah kami, orang tua kami, anak-anak kami, guru, saudara, sahabat kami, orang-orang yang mengasihi kami, dan kepada siapapun yang telah berbuat baik kepada kami, juga kepada orang-orang beriman baik perempuan maupun laki-laki yang beragama Islam.

Ya Allah, mohon limpahkan rahmat dan keselamatan kepada kami dan utusan-Mu, junjungan kami Nabi Muhammad SAW, serta kepada keluarga dan para sahabatnya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Limpahkan kepada kami kesempurnaan agar senantiasa bisa mengikutinya lahir dan batin dalam keadaan sehat dengan rahmat dari-Mu, wahai sebaik-baiknya penyayang dari para penyayang.”

Keutamaan Membaca Surah Yasin

1. Dosanya Diampuni

Keutamaan membaca surah Yasin yang pertama adalah diampuni dosa-dosanya semasa hidup, meski dosanya sudah sebesar gunung.

Hal ini sebelumnya sudah dijelaskan dalam riwayat At Thabrani yang mengatakan bahwa saat seseorang membaca surah Yasin di malam hari dengan hati yang ikhlas, maka dosa-dosanya di keesokan hari akan diampuni.

2. Meningkatkan Keimanan kepada Allah SWT

Jika seseorang membaca surah Yasin dan memahami artinya, orang tersebut tentu akan semakin memahami kebesaran dan keagungan Allah SWT yang telah dijelaskan dalam surah Yasin.

Selain itu, surah Yasin juga menjelaskan betapa mengerikannya kematian yang nantinya akan dialami oleh setiap makhluk hidup yang ada di bumi sehingga manusia diperintahkan untuk selalu beriman kepada Allah SWT dan mengamalkan ajaran Islam dengan sebaik-baiknya.

Dengan mengetahui arti dan nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam surah Yasin, keimanan seorang muslim akan semakin bertambah, sebab surah Yasin juga dianggap sebagai jantung dari Al-Qur’an.

3. Dilancarkan Rezekinya

Seseorang yang dengan ikhlas membaca surah Yasin di pagi hari akan diberikan kemudahan dan keberhasilan dalam menjalankan aktivitasnya di hari itu.

Selain itu, Allah SWT juga menjanjikan akan memberi kelancaran rezeki dan memudahkan jalan seseorang untuk meraih cita-cita dan harapannya.

Meskipun begitu, kamu juga tetap harus mengiringi doa-doa tersebut dengan usaha dan kerja keras yang konsisten, sampai akhirnya berhasil mendapatkan hal-hal yang kamu impikan.

4. Mendapat Kemuliaan dan Dianggap Keluarga oleh Allah SWT

Pada dasarnya, semua surah yang terdapat dalam Al-Qur’an mampu memberikan kebaikan pada orang-orang yang membacanya.

Dalam sebuah hadist disebutkan bahwa seseorang yang rajin membaca Al-Qur’an dan mengamalkan nilai-nilainya dalam kehidupan, maka kedua orang tuanya akan dihadiahkan mahkota pada hari kiamat kelak.

Jadi, tidak hanya diri kita, tapi kedua orang tua dan keluarga kita juga akan mendapatkan kemuliaan langsung dari Allah SWT.

Kemuliaan lain yang juga akan didapatkan oleh seseorang yang rutin membaca Al-Qur’an termasuk surah Yasin adalah dianggap keluarga oleh Allah SWT.

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Allah SWT memiliki keluarga dari kalangan manusia, mereka adalah orang-orang yang rajin membaca Al-Qur’an.

5. Dijauhkan dari Malapetaka

Salah satu cara terbaik yang bisa menjauhkan diri dari malapetaka adalah rutin membaca surah Yasin.

Dengan membaca surah ini, Allah SWT akan memberikan kita perlindungan dan keselamatan tidak hanya di dunia tapi juga di akhirat, juga menjauhkan kita dari segala macam penyakit dan hal-hal yang bisa mengancam keselamatan jiwa kita.

Tidak bisa dipungkiri kalau doa merupakan salah satu obat yang paling bermanfaat dan senjata paling ampuh untuk meminta petunjuk dan pertolongan kepada Allah SWT.

Melalui buku Doa-Doa Harian Rasulullah, kamu akan mengetahui betapa pentingnya doa dan ibadah dalam kehidupan manusia.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan banyak tambahan materi doa sehari-hari yang sering kali dibaca oleh Nabi Muhammad SAW, seperti doa agar terbebas dari kesulitan, doa dalam perjalanan, doa memohon dilepaskan dari kesedihan, dan masih banyak lagi.

Buku ini bisa kamu dapatkan melalui online di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com