Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengatasi Pengangguran di Indonesia

Kompas.com - 19/07/2023, 18:00 WIB
Cara Mengatasi Pengangguran  Sumber Gambar: Pexels.com Cara Mengatasi Pengangguran 
Rujukan artikel ini:
Lagi Probation : Menikmati Perjalanan…
Pengarang: Samuel Ray
|
Editor Ratih Widiastuty

Entah di negara maju maupun berkembang, pengangguran menjadi salah satu masalah krusial yang harus segera diatasi.

Pasalnya, apabila dibiarkan secara berlarut-larut, hal ini bisa memberikan dampak yang signifikan pada berbagai macam sektor, mulai dari ekonomi, sosial, sampai pendidikan.

Pengangguran dapat terjadi akibat banyak faktor, tapi biasanya disebabkan oleh jumlah angkatan kerja yang tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang tersedia.

Pengangguran merupakan istilah atau sebutan yang disematkan pada seseorang yang tidak bekerja sama sekali, tengah mencari pekerjaan, bekerja kurang dari dua hari seminggu, atau sedang mencari pekerjaan yang pantas.

Dilihat dari sudut pandang ekonomi, pengangguran akan menimbulkan beban bagi orang yang bekerja karena kesejahteraan mereka akan berkurang.

Pengangguran juga membuat terhambatnya pertumbuhan ekonomi yang apabila dibiarkan dapat menyulitkan pembukaan lapangan kerja baru dan penghasilan pajak yang menurun.

Sementara dampak yang timbul secara sosial, pengangguran bisa menambah tingkat kriminalitas yang pada dasarnya terdesak akibat kebutuhan ekonomi.

Beberapa tindak kriminal yang timbul antara lain seperti pencopetan, perampokan, pencurian, penipuan, penjambretan, kecanduan alkohol, dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana cara efektif mengatasi pengangguran yang ada di Indonesia? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

5 Cara Mengatasi Pengangguran

1. Mengadakan Bursa Pasar Kerja

Bursa tenaga kerja merupakan cara menyampaikan informasi oleh perusahaan-perusahaan ataupun pihak-pihak yang memerlukan tenaga kerja kepada masyarakat umum.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan supaya berlangsungnya komunikasi yang efektif antara perusahaan dan pencari kerja.

Maka dari itu, dengan adanya bursa pasar kerja diharapkan akan membantu banyak masyarakat mendapatkan informasi secara menyeluruh.

Kehadiran bursa pasar kerja pastinya mempermudah para pencari kerja untuk mendapatkan info lowongan yang tepat untuk dilamar.

2. Memberikan Pelatihan Kewirausahaan

Memberikan pelatihan kewirausahaan bisa menjadi alternatif yang tepat untuk mengurangi pengangguran di Indonesia.

Cara ini akan menambah ilmu dan kemauan dari para pencari kerja untuk mulai mengaplikasikan wawasan yang mereka peroleh untuk membuka wirausaha.

Ilmu yang didapatkan dari pelatihan akan menambah motivasi dan semangat untuk membuat lapangan pekerjaan, baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Cara ini akan membantu mengurangi jumlah pengangguran dengan optimal jika bisa dijalankan dengan efektif.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Membuat kualitas pendidikan menjadi jauh lebih baik akan mendorong kemungkinan seseorang untuk memperoleh peluang pekerjaan yang lebih baik.

Kesempatan tersebut akan turut serta membantu mengurangi jumlah pengangguran.

Pemerintah harus mulai peduli pada kualitas pendidikan untuk turut membantu mengurangi jumlah pengangguran yang semakin tinggi.

Masyarakat yang mendapatkan pendidikan yang layak dan berkualitas akan mampu bersaing dalam dunia kerja sehingga akan dengan mudah bisa mendapatkan peluang yang jauh lebih baik.

4. Mendirikan Pusat Latihan Kerja

Cara mengatasi pengangguran yang selanjutnya adalah dengan mendirikan pusat pelatihan kerja.

Hal ini bisa mendorong dan meningkatkan keahlian seseorang agar membuka peluang lebih besar dalam memperoleh pekerjaan.

Tingkat keahlian yang dikuasai akan sangat berpengaruh pada peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.

Oleh karena itu, keahlian yang didapatkan dari pusat pelatihan kerja akan membantu mengurangi jumlah angka pengangguran di Indonesia.

5. Memperluas Lapangan Pekerjaan

Memperluas lapangan pekerjaan melalui cara mendirikan industri-industri baru, khususnya yang bersifat padat karya.

Apalagi era globalisasi yang semakin meluas mampu membuka lapangan pekerjaan yang tidak hanya di dalam negeri, tapi juga di luar negeri.

Penting sekali untuk mulai meng-upgrade diri dengan cara mengikuti pelatihan atau belajar secara otodidak lewat kanal-kanal daring yang saat ini sudah sangat mudah untuk diakses.

Lapangan pekerjaan yang semakin beragam di dunia digital juga bisa dimanfaatkan sebagai peluang untuk mengatasi pengangguran.

Nah, bagi kamu yang saat ini sedang berusaha untuk mencari pekerjaan, buku Lagi Probation: Menikmati Perjalanan Mencari Kerja akan sangat cocok untuk dibaca.

Buku ini berisi mengenai perjalanan mencari kerja yang menjelaskan secara rinci tentang penilaian CV dan surat lamaran yang dilakukan HRD.

Tidak hanya itu, buku ini juga membagikan tips dan trik mencari kerja yang ditulis dengan bahasa yang ringan dan sederhana.

Buku ini hadir untuk kamu yang baru pertama kali mencari pekerjaan, ingin mencari pekerjaan baru, atau tengah mengenang masa-masa mencari pekerjaan.

Segera pesan bukunya sekarang juga di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau