Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Rekomendasi Buku Kumpulan Lagu Daerah Lengkap dari Seluruh Nusantara

Kompas.com - 06/07/2023, 14:30 WIB
Rekomendasi Buku Kumpulan Lagu Daerah Sumber: pixabay/cocoparisienne Rekomendasi Buku Kumpulan Lagu Daerah
Rujukan artikel ini:
Koleksi Lengkap Lagu-lagu Daerah &…
Pengarang: Tim Redaksi
|
Editor Rahmad

Menjadi orang Indonesia itu membanggakan, kenapa?

Negara kita kaya akan sumber daya alamnya, termasuk juga sumber daya manusianya yang melimpah ruah.

Selain itu, negara kita juga sangat kaya dengan kebudayaannya. Bayangkan, terdapat 37 provinsi di Indonesia, yang masing-masing memiliki kebudayaannya sendiri.

Mulai dari beragamnya Bahasa daerah, rumah adat, kesenian, dan yang lebih keren lagi memiliki lagu daerahnya masing-masing.

Lagu daerah bukan menjadi hal yang asing lagi buat kita tentunya. Selain itu, lagu daerah ini tidak hanya dinyanyikan di suatu daerah tertentu saja, tetapi setiap daerah bisa menyanyikan lagu daerah lainnya.

Mulai dari lagu daerah Jawa Timur, lagu Bungong Jeumpa yang berasal dari Nangroe Aceh Darussalam, sampai lagu Apuse yang berasal dari Papua pasti dipelajari oleh seluruh masyarakat daerah yang ada di Indonesia.

Kamu ingin mempelajari berbagai macam lagu daerah? Berikut rekomendasi buku lagu-lagu daerah yang bisa kamu pelajari.

Rekomendasi Buku Lagu-lagu Daerah

1. Koleksi Lengkap Lagu-lagu Daerah & Wajib Nasional

Ungkapan rasa cinta kepada tanah air terangkum melalui begitu banyak karya, di antaranya adalah lagu dengan lirik lagu yang sangat menawan, yang dibuat oleh musisi negeri.

Setiap daerah di Indonesia memiliki lagu daerahnya masing-masing.

Buku Koleksi Lengkap Lagu-lagu Daerah & Wajib Nasional ini berisi lagu-lagu daerah, seperti lagu daerah Jawa Timur dan sebagainya. Termasuk juga lagu wajib nasional yang mungkin sudah pernah kamu dengarkan sebelumnya.

Buku ini dibuat untuk memudahkan kepada pembacanya yang ingin belajar, mengetahui, serta menghafalkan lagu-lagu daerah dan lagu wajib.

Oleh sebab itu, tidak perlu repot untuk membeli buku dengan judul buku yang berbeda-beda.

Buku ini juga bisa dibaca oleh berbagai kalangan, mulai dari naka-anak, pelajar sekolah, mahasiswa, hingga orang dewasa, bahkan pengajar seperti guru dan dosen sekalipun.

2. Terlengkap Kumpulan Lagu Wajib Nasional, Lagu Daerah, Dan Lagu Anak Indonesia

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari beragamnya suku, bahasa, serta budaya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Keberagaman ini bisa dipersatukan melalui semangat nasionalisme yang harus dimiliki oleh setiap warganya.

Jadi, jiwa nasionalisme ini wajib ditumbuhkan pada anak-anaka sebagai generasi penerus bangsa.

Lagu nasional bisa menumbuhkan jiwa nasionalisme. Tidak hanya lagu nasional, lagu daerah juga turut meningkatkan jiwa nasionalisme seseorang.

Melalui buku Terlengkap Kumpulan Lagu Wajib Nasional, Lagu Daerah, Dan Lagu Anak Indonesia karya Wildan Bayudi, maka bisa menjadi salah satu media untuk mengenalkan keberagaman Indonesia kepada anak-anak sebagai generasi penerus.

Buku ini dilengkapi juga dengan not balok, not angka, chord, dan juga biografi dari para komposer serta pencipta lagunya, lho.

Jadi, buku ini bisa menjadi buku pegangan yang tepat untuk kamu yang ingin belajar menyanyi atau ingin menambah wawasan tentang lagu daerah.

3. Master Book Lagu Wajib Lagu Nasional & Daerah SD - SMP – SMA

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya. Selain memiliki lagu daerah yang beragam, juga memiliki lagu nasional yang mampu menumbuhkan rasa nasionalisme.

Lagu daerah merupakan lagu yang berasal dari suatu daerah yang ada di Indonesia dengan lirik lagu yang biasanya menggunakan bahasa dari daerah tersebut, ada juga yang menggunakan bahasa Indonesia.

Buku Master Book Lagu Wajib Lagu Nasional & Daerah SD - SMP – SMA, berisikan lagu-lagu daerah dan juga lagu nasional secara lengkap.

Tidak hanya berisi lirik lagu saja, tetapi di dalamnya juga dilengkapi dengan bonus video tutorial yang bisa kamu lihat melalui scan barcode QR code yang ada pada bagian sampul depan buku.

4. Koleksi Terlengkap Lagu Wajib Nasional Daerah Anak-Anak Indonesia

Buku Koleksi Terlengkap Lagu Wajib Nasional Daerah Anak-Anak Indonesia karya Nada Irama ini merupakan buku yang berisi kumpulan lagu wajib nasional, lagu daerah, serta lagu anak-anak Indonesia yang populer, lengkap juga dengan not angkanya.

Dengan begitu, menjadi lebih mudah jika ingin mempelajari lagu di dalam buku menggunakan alat musik.

Melalui buku ini, kita akan menghormati serta menghargai jasa dari para pahlawan, serta menghargai karya seni musik yang selalu mengobarkan semangat jiwa cinta pada tanah air,

Buku ini bisa menjadi buku pegangan bagi semua kalangan, mulai dari siwa sekolah tingkat dasar hingga tingkat menengah, guru, serta masyarakat umum.

Nah, itulah rekomendasi buku lagu-lagu daerah terbaik, yang bisa kamu baca untuk mengetahui lirik lagu daerah. Semua rekomendasi buku di atas, bisa kamu pesan melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com