Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudah untuk Dipelajari, Berikut Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris

Kompas.com - 04/07/2023, 11:08 WIB
Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris  Sumber Gambar: Freepik.com Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris 
Rujukan artikel ini:
Simple English Conversation: Panduan Percakapan…
Pengarang: Ipnu R. Nugroho
|
Editor Novia Putri Anindhita

Berkenalan adalah langkah awal untuk menjalin interaksi dan hubungan yang akan sangat berguna dalam berbagai aktivitas, mulai dari bekerja, sekolah, hingga mencari teman baru.

Apalagi saat ini perkembangan teknologi dan informasi semakin mengharuskan kita untuk mempelajari bahasa Inggris karena tentunya akan ada momen untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.

Beberapa momen yang biasanya mengharuskan kita memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris antara lain seperti wawancara, bertemu rekan bisnis, sampai proses belajar-mengajar di sekolah maupun kampus.

Maka dari itu, penting sekali untuk bisa memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris supaya first impression dari lawan bicara atau audiens bisa tertarik terhadap diri kita.

Namun, masih banyak sekali di antara kita yang merasa kebingungan mengenai cara memperkenalkan diri menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar.

Sedikit tips yang dapat dilakukan untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris adalah dengan memberikan sapaan di awal, seperti hello!, hi!, hi everyone!, dan lain sebagainya.

Selanjutnya sampaikan maksud setelah memberikan sapaan di awal perkenalan, contohnya seperti; “Let me introduce myself” atau “I would like introduce myself” yang dilanjutkan dengan memperkenalkan identitas.

Terakhir, tutup dan ucapkan terima kasih sebagai akhir dari sesi memperkenalkan diri.

Seperti apa contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris yang baik dan benar? Simak beberapa contohnya berikut ini.

Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris

1. Perkenalan Diri Secara Singkat dan Sederhana

Perkenalan diri dalam bahasa Inggris yang satu ini bisa digunakan ketika bertemu teman baru yang sebaya dalam kondisi non-formal.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Hello! I would like to introduce myself! My full name is Arland Pratama, you can call me Arland. I live in Bandung. Thank you and nice to meet you all.

Halo! Saya ingin memperkenalkan diri! Nama lengkap saya adalah Arland Pratama, kalian bisa memanggil saya Arland. Saya tinggal di Bandung. Terima kasih dan senang berkenalan dengan kalian semua.

2. Perkenalan Diri sebagai Seorang Siswa

Hi everyone! Let me tell you about myself. My name is Tristan Folaris. I was born in Jakarta on December 26, 2006. Now I'm 17 years old. My hobbies are playing badminton. I have one brother. Ok that's all. Thank you.

Halo semua! Izinkan saya untuk memperkenalkan diri. Nama saya adalah Tristan Folaris. Saya lahir di Jakarta pada tanggal 26 Desember 2006. Hobi saya adalah bermain bulutangkis. Saya memiliki satu saudara laki-laki. Cukup sekian. Terima kasih.

3. Perkenalan Diri sebagai Karyawan Baru

I would like to tell you about myself. My name is Sintia Maharani. I am a new employee here. Previously, I worked in Dwikarya Pustaka Publisher, Jakarta, as an editor. I will do my best for this company, so this company will get higher profits. Well, that's all. I hope we can work together as a good team.

Saya akan memperkenalkan diri saya kepada kalian semua. Nama saya adalah Sintia Maharani. Saya adalah karyawan baru di perusahaan ini. Sebelumnya, saya bekerja di Penerbit Dwikarya Pustaka, Jakarta, sebagai editor. Saya akan melakukan yang terbaik untuk perusahaan ini, supaya perusahaan ini bisa memperoleh keuntungan yang tinggi. Cukup sekian. Saya harap kita bisa bekerja sama sebagai tim yang hebat.

Tidak sulit bukan, memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris di berbagai situasi asalkan mampu menguasai percakapan bahasa Inggris sehari-hari.

Oleh karena itu, buku Simple English Conversation: Panduan Percakapan Bahasa Inggris yang bisa dijadikan media pendukung sebagai sumber belajar.

Buku ini akan sangat cocok bagi pemula yang mau belajar bahasa Inggris karena akan membahas beberapa hal mendasar dari percakapan sehari-hari yang tentunya mudah untuk dipelajari dan dipraktikkan.

Beberapa pembahasan yang ada di dalamnya meliputi tema dialog yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, beberapa contoh dialog, dan disertai dengan idiom yang bisa digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Bukunya bisa dipesan dan dibeli di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com