Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkenalan dengan Bisnis Model Kanvas, Strategi Mudah untuk Memulai Usaha

Kompas.com - 15/12/2021, 12:00 WIB
Sumber Gambar : Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Business Model And Business Plan…
Pengarang: INDRA MAHARDIKA PUTRA, S.E.,…
|
Editor Ratih Widiastuty

Diperlukan strategi, manajemen, hingga sistem yang matang terlebih dahulu sebelum memulai sebuah bisnis untuk mengurangi risiko yang ada.

Salah satu cara yang paling efektif untuk itu semua adalah dengan menggunakan bisnis model kanvas yang banyak dipakai oleh para pengusaha untuk memajukan bisnis mereka supaya lebih efektif dan efisien dalam menjangkau target pasar.

Sudah banyak perusahaan yang memakai konsep bisnis model kanvas karena memang terbukti dapat membantu dalam menjalankan bisnis agar lebih terstruktur dan jelas arah pasarnya mau dibawa ke mana.

Definisi Bisnis Model Kanvas

Business Model Canvas atau Bisnis model kanvas adalah konsep atau kerangka bisnis yang dibuat untuk membentuk strategi bisnis yang akan dijalankan dengan melibatkan desain dan gambar.

Bisnis model kanvas memerlukan gambar sebagai media untuk ide dan inovasi yang membuat semua orang paham dengan kerangka kerja sederhana.

Hal ini mempermudah kita untuk melihat sebuah ide bisnis dan bagaimana cara merealisasikannya.

Bisnis model kanvas akan memudahkan kamu saat merencanakan ide bisnis yang biasanya cukup pelik dan rumit menjadi terlihat lebih efisien serta efektif tanpa perlu banyak membuang waktu. Temukan contoh bisnis plan makanan disini!

Konsep bisnis model kanvas mempunyai sembilan elemen utama yang penting dan harus dipelajari agar mampu menjangkau target pasar serta bisa mengimplementasikan ide bisnis dengan maksimal.

9 Elemen Utama dalam Bisnis Model Kanvas

1. Value Proposition

Value proposition adalah nilai jual dari produk atau jasa yang membuat konsumen membeli atau memakai perusahaan kamu ketimbang kompetitor.

Pertanyaan berikut bisa membantu kamu dalam menemukan value proposition, yaitu apa kelebihan produk atau jasa kamu yang membuatnya menarik dan layak untuk dipilih?

2. Customer Segments

Target konsumen teramat penting untuk dipikirkan agar produk atau jasa yang kamu jual dapat tersalurkan pada pasar yang memang memerlukannya.

Pertanyaan berikut bisa membantu kamu dalam merumuskan customer segments, yaitu siapa yang akan membeli dan menggunakan produk atau jasa yang kamu jual?

3. Customer Relationship

Setelah tahu target pasar yang kamu incar, tahap selanjutnya adalah membangun hubungan dengan konsumen agar bisnis yang kamu jalankan mendapat dukungan dari konsumen yang puas dan loyal.

Pertanyaan berikut dapat membantu kamu dalam membangun customer relationship, yaitu bagaimana cara untuk mendapatkan testimoni dari pelanggan dan membangun hubungan yang efektif dan kuat dengan konsumen?

4. Channels

Bagian ini adalah untuk menjawab di mana kamu bertemu dan berinteraksi dengan konsumen, apakah secara langsung atau melalui media online.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Berikut pertanyaan yang bisa membantu kamu dalam mencari channels, yaitu bagaimana cara memberi tahu konsumen mengenai produk atau jasa yang kita jual?

5. Key Activities

Key activities bisa diartikan sebagai kegiatan bisnis yang dijalankan agar bisa mencapai value proposition.

Pertanyaan di bawah ini bisa membantu kamu dalam menemukan key activities, yaitu strategi bisnis apa yang bisa dilakukan untuk mencapai target perusahaan?

6. Key Partners

Menemukan partner bisnis yang tepat bisa membantu kamu untuk mencapai value proposition.

Berikut pertanyaan yang tepat untuk menemukan key partners, yaitu siapa pihak yang dapat membantu bisnis kamu dalam memenuhi kebutuhan produksi?

7. Key Resources

Agar bisa terus produktif, kamu memerlukan sumber daya yang dapat membantu kegiatan bisnis kamu tetap berjalan.

Pertanyaan berikut akan membantu kamu menemukan key resources yang tepat, yaitu apa saja aset yang kamu perlukan untuk memajukan bisnis yang sedang dijalani?

8. Revenue Streams

Revenue streams adalah sumber penghasilan yang didapatkan perusahaan dari berbagai aspek, seperti penjualan.

Berikut pertanyaan yang tepat untuk membantu kamu menemukan revenue streams, yaitu apa saja jenis produk dan jasa yang kamu tawarkan kepada konsumen?

9. Cost Structures

Cost structures adalah skema untuk dana yang membiayai kegiatan operasional selama bisnis kamu berjalan.

Berikut pertanyaan yang bisa membantu kamu dalam merumuskan cost structures, yaitu apa saja pengeluaran yang dibutuhkan perusahaan agar tetap terus berjalan?

Apabila kamu masih ingin tahu secara lebih detail dan mendalam mengenai bisnis model kanvas, berikut ini satu rekomendasi buku yang bisa kamu baca.

Buku Business Model and Business Plan di Era 4.0 adalah buku yang tepat untuk memahami model dan rencana bisnis yang tepat di era digital yang semakin berkembang.

Buku ini dapat menambah pengetahuan serta wawasan dalam bidang usaha ekonomi dan metode-metode tepat untuk mengelola suatu usaha di Indonesia yang berbasis teknologi dan digital.

Kehadiran buku ini bisa menjawab tantangan kamu dalam berbisnis dengan model bisnis dan rencana bisnis yang akan memudahkan saat akan mulai menjalaninya.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com