Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Buku Puisi Bahasa Inggris Terbaik, Penuh Makna dan Relatable

Kompas.com - 08/05/2023, 08:30 WIB
Photo on Gramedia.com
Photo on Gramedia.com
Rujukan artikel ini:
A Poem with Your Name
Pengarang: Adi K.
|
Editor Rahmad

Apakah kamu penggemar dan penikmat puisi? Yap, puisi adalah salah satu karya kata-kata yang indah untuk dinikmati.

Selain penuh makna, puisi itu mungkin bisa sangat relate dengan kehidupan kita sehari-hari.

Selain memberi kita pembelajaran, puisi ini juga bisa jadi renungan yang berarti. Salah satunya puisi-puisi bahasa inggris yang sayang untuk dilewatkan.

Rekomendasi buku puisi bahasa Inggris di bawah ini juga bisa kamu jadikan inspirasi kado untuk teman, pasangan, atau orang terdekat lainnya.

Rekomendasi Buku Puisi Bahasa Inggris

Berikut ini rekomendasi buku puisi bahasa Inggris dari berbagai tema yang bisa kamu baca atau jadikan rekomendasi kado buku untuk orang terkasih:

1. Buku A Poem with Your Name

Buku A Poem with Your Name ini jadi rekomendasi buku puisi bahasa Inggris yang ditujukan untuk seseorang yang ada di hatimu.

Ada yang senang, ada yang sedih, ada yang membuat kita marah. Sampul buku biru benar-benar menunjukkan kesedihan buku itu.

Buku ini disertai dengan ilustrasi oleh penulis. Buku ini sangat cocok sebagai teman saat musim hujan.

Buku kumpulan puisi Adi K ini bercerita tentang kemalangan yang hadir dalam tahapan kehidupan seorang anak.

Tentang persahabatan, percintaan, kerinduan, kekecewaan dalam hidup.

Setelah membaca halaman-halaman buku ini, para pembaca didorong untuk merangkul penulis dan memberikan dukungan penuh atas emosi yang disampaikan melalui tulisan-tulisan bukunya.

2. Collected Poems 1947-1997

Untuk pertama kalinya, ada buku yang mengumpulkan keseluruhan puisi Allen Ginsberg yang diterbitkan, setengah abad karya briliannya yang jadi dari salah satu penyair besar Amerika.

Karya Ginsberg ini bahkan mengubah arah puisi Amerika, membebaskannya dari bentuk akademik tertutup dengan penciptaan syair postmodern yang terbuka, vokal, spontan, dan energik dalam tradisi Walt Whitman, Guillaume Apollinaire, Hart Crane, Ezra Pound, dan William Carlos Williams.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Puisi klasik Ginsberg ini memimpin puisi Amerika (dan internasional) menuju bahasa daerah tanpa sensor, keterusterangan eksplisit, kegembiraan, rhapsodik, dan ketulusan yang semuanya diragi oleh alur akal sehat yang menarik dan meresap.

Nada mentah Ginsberg dan sikap pembebasan spiritual juga membantu mengkatalisasi revolusi psikologis yang telah menjadi bagian permanen dari warisan budaya kita, sangat mempengaruhi tidak hanya puisi dan lagu dan pidato populer, tetapi juga pandangan kita tentang dunia.

Dilihat dari susunan komposisinya, puisi-puisi dalam buku Collected Poems 1947-1997 ini saling bercermin, termasuk puisi pendidikan yang penuh makna untuk pembelajaran hidup.

3. The Collected Poetry of Nikki Giovanni

Buku The Collected Poetry of Nikki Giovanni ini mencakup karya puisi lengkap Nikki Giovanni dari tahun 1967 1983. Kumpulan puisi ini mencakup jilid lengkap, mulai dari Black Feeling Black Talk/Black Judgment, My House, The Women and the Men, dan beberapa puisi terbaik Nikki.

Nikki sendiri menerbitkan buku pertamanya Black Feeling, Black Talk/Black Judgement pada tahun 1969 yang berhasil terjual 10.000 eksemplar.

Puisi ikoniknya tersebut digembar-gemborkan sebagai salah satu volume yang paling penting dari puisi Afrika-Amerika modern.

4. Selected Poems

Kumpulan puisi karya Emily Dickinson ini banyak membicarakan tentang diri. Termasuk rasa kesepian yang bisa relate dialami setiap orang. Bahkah hal-hal tersembunyi dalam diri kita yang juga sangat sulit untuk dimengerti diri sendiri.

Tema puisi dalam buku Selected Poems ini cocok jadi bacaan untuk renungan dan mengenali diri dengan penuh makna. Tidak ada yang lebih asik untuk membahas diri sendiri bukan?

5. You Never Existed: A Heartbreak Poetry

You Never Existed: A Heartbreak Poetry karya Adi K ini jadi salah satu rekomendasi buku puisi yang tepat untuk kamu baca di waktu luang sambil merenung. Kumpulan puisi ini berisi sindiran dan sarkasme tentang bagaimana cinta dan patah hati bisa terjadi.

Puisi yang pendek, sederhana, gelap, dan penuh makna. menariknya, buku ini dilengkapi dengan ilustrasi puitis dan tampak realistis. Buku ini bisa dibaca untuk umur 15 keatas.

Nah, itulah 5 rekomendasi buku puisi bahasa Inggris terbaik koleksi Gramedia yang bisa kamu baca di waktu luang.

Rekomendasi buku di atas juga cocok jadi kado yang berharga untuk orang terkasih. Ada buku yang tertarik kamu baca?

Segera dapatkan bukunya, biar nggak kehabisan, ya. Koleksi buku puisi di atas bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com