Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinopsis Novel Laskar Pelangi, Kisah Anak Daerah Dalam Menggapai Impiannya

Kompas.com - 22/04/2023, 13:30 WIB
sinopsis novel laskar pelangi Sumber: Gramedia.com sinopsis novel laskar pelangi
Rujukan artikel ini:
Novel New Edition Laskar Pelangi
Pengarang: Andrea Hirata
|
Editor Rahmad

Jika kamu seorang penggemar bacaan novel, tentu nama Andrea Hirata tidak asing lagi untuk kamu.

Pasalnya, Andrea Hirata merupakan salah satu penulis yang terkenal di Indonesia bahkan juga di kancah internasional.

Sudah banyak karyanya yang sudah dirilis, salah satunya adalah novel Laskar Pelangi.

Di mana, novel Laskar Pelangi menjadi salah satu novel mega best seller dan sudah berhasil dicetak ulang berkali-kali sampai dengan saat ini.

Dirilis pada tahun 2005 oleh penerbit Bentang Pustaka, novel Laskar Pelangi berhasil melalang buana sampai kancah internasional.

Buktinya, novel Laskar Pelangi ini sudah diterjemahkan ke dalam 40 bahasa asing, terbit dalam 22 bahasa, dan sudah beredar di lebih dari 130 negara.

Novel Laskar Pelangi sendiri terinspirasi dari kisah nyata dari kehidupan Andrea Hirata sendiri sebagai penulis.

Hal ini karena kisahnya yang begitu inspiratif, membuat novel Laskar Pelangi banyak diadaptasi ke dalam berbagai bentuk, seperti layar lebar, serial TV, drama musical, dan sebagainya.

Jika kamu penasaran dengan kisah di dalam novel Laskar Pelangi, sebagai permulaan kamu bisa membaca terlebih dahulu sinopsis novel Laskar Pelangi berikut ini.

Sinopsis Novel Laskar Pelangi

Novel Laskar Pelangi mengisahkan tentang kehidupan dari 10 anak hebat yang mempunyai semangat juang yang tinggi untuk tetap melanjutkan sekolah di kampung Gantung, Kepulauan Bangka Belitung.

Kesepuluh anak tersebut dinamai Laskar Pelangi, yang terdiri dari Ikal, Lintang, Mahar Ahlan, Sahara Aulia Fadillah, Syahdan Noor Aziz, Samson atau Borek, Muhammad Jundullah Gufron Nur Zaman atau A kiong, Harun Ardhili Ramadhan, Trapani Ihsan Jamari, dan Mukharam Kudai Khairani.

Kesepuluh anak ini bersekolah di sebuah sekolah yang bernama SD Muhammadiyah Gantung, yang dibimbing oleh Bu Muslimah dan Pak Harfan.

Selama mereka sekolah, mereka juga mendapatkan seorang teman baru, pindahan dari SD PN Timah yang bernama Flo.

Sebagian besar dari kesepuluh anak yang bersekolah di SD Muhammadiyah Gantung ada anak-anak dari para penambang timah di pulau dengan perolehan kekayaan alam timah yang terbesar di dunia.

Namun, hal itu berbanding terbalik dengan taraf kesejahteraan hidup masyarakat aslinya.

Cerita ini dimulai dari penerimaan siswa baru di SD Muhammadiyah Gantung, di mana hanya terdapat 9 orang yang mendaftar untuk sekolah.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Hal ini yang membuat Bu Muslimah dan Pak Harfan, dan seluruh orang tua murid merasa cemas.

Sebab, pemerintah setempat akan mengumumkan kalau sekolah dasar harus mempunyai, minimal 10 orang murid supaya kegiatan sekolah bisa tetap berjalan.

Karena, murid ke 10 yang ditunggu tidak kunjung datang, maka dengan rasa kecewa Pak Harfan harus mengambil keputusan terberat.

Akhirnya, di tengah situasi tersebut, datanglah seorang murid baru yang menjadi penyelamat. Murid tersebut bernama Harun Ardhli Ramadhan.

Dirinya merupakan seorang anak yang mempunyai keterbelakangan mental, tetapi tetap mempunyai semangat juang yang tinggi untuk bisa bersekolah.

Kebersamaan antar murid dan guru pun akhirnya dimulai sejak saat itu.

Selama menempuh Pendidikan, Bu Muslimah serta Pak Harfan membimbing serta mengajar mereka semua dengan penuh semangat dan dedikasi yang tinggi.

Para murid juga akhirnya dapat belajar dengan penuh semangat berkat kekompakan dan semangat yang dimiliki mereka semua. Akhirnya, Bu Muslimah pun menjuluki mereka sebagai “Laskar Pelangi”.

Tak hanya Buu Mislimah dan Pak Harfan saja, SD Muhammadiyah Gantung juga mempunyai guru yang merangkap sebagai seorang kepala sekolah yang bernama Pak Harfan Effendi Noor.

Sama halnya seperti kedua guru lainnya, Pak Harfan juga mengajar dengan penuh semangat.

Bahkan, beliau juga sering kali menyelipkan kisah teladan nabi dan rasul saat mengajar.

Di tengah keterbatasan yang mereka hadapi, para anggota Laskar Pelangi ini harus menghadapi berbagai macam rintangan yang menimpa mereka untuk bisa berhasil menggapai segala mimpi yang mereka miliki.

Kisah perjalanan mereka ini akan diwarnai dengan berbagai macam pengalaman emosional, baik itu untuk membahagiakan ataupun yang penuh dengan keharuan.

Nah, itulah sinopsis dari novel Laskar Pelangi. Gimana, penasaran dengan perjalanan kisah Ikal dan para sahabat Laskar Pelangi lainnya?

Ikuti kisah mereka di novel Laskar Pelangi yang bisa kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Penulis: Nurul Ismi Humairoh

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com