Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keuntungan Membacakan Dongeng Tentang Binatang, Cara Mudah Menghibur dan Mengajari Anak

Kompas.com - 06/12/2021, 16:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik
Rujukan artikel ini:
Dongeng Fabel Imajinatif untuk Anak…
Pengarang: HERU KURNIAWAN , TITI…
|
Editor Almira Rahma Natasya

Apakah kamu sering membacakan dongeng pada si kecil? Saat usia mereka beranjak memasuki usia prasekolah, sebagai orang tua tentunya ingin agar si kecil dapat terlebih dahulu mengenal berbagai hal, seperti sikap, perilaku, hingga nilai moral.

Salah satu cara yang ampuh untuk mengenalkan itu semua adalah melalui dongeng yang biasanya memiliki pesan moral tentang cara bersikap dan berperilaku yang baik.

Dari berbagai macam jenis dongeng yang tersedia, dongeng tentang binatang menjadi pilihan banyak orang tua untuk dibacakan kepada anak mereka.

Selain karena berisi nilai moral, dongeng tentang binatang pun memiliki karakter yang lucu dan mudah disukai oleh anak-anak.

Selain bisa menghibur anak-anak, membacakan dongeng tentang binatang pun dapat memberikan pelajaran atau bahkan pengetahuan baru yang bisa diserap oleh anak-anak.

Anak juga akan menjadi terbiasa untuk membaca buku, karena dari sejak dini sudah diperkenalkan kepada dunia literasi dengan dibacakan dongeng.

Biasanya membacakan dongeng dilakukan untuk membantu si Kecil agar cepat terlelap, tapi ternyata ada keuntungan lainnya yang bisa didapatkan dari membacakan dongeng kepada si Kecil.


Baca juga: Rekomendasi Cerita Dongeng Sebelum Tidur


Manfaat Membacakan Dongeng Tentang Binatang

1. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Saat membacakan dongeng untuk anak, interaksi yang terjalin antara orangtua dan si kecil akan menumbuhkan kemampuan berkomunikasi lewat mulut, pendengaran, kenangan, dan bahasa lewat karakter binatang yang dihadirkan.

Karakter binatang yang unik dan menarik juga akan menambah ketertarikan anak terhadap dongeng tersebut, sehingga memicu rasa penasaran yang akan memunculkan pertanyaan dari anak dan menciptakan komunikasi di dalamnya.

Saat orang tua membacakan dongeng tentang binatang, suara-suara khas binatang yang dibacakan pun mampu membuat kemampuan berkomunikasi anak menjadi lebih berkembang.

2. Mengenalkan Anak pada Berbagai Macam Jenis Binatang

Dongeng yang memiliki tokoh binatang dapat menyampaikan cerita dengan cara yang menyenangkan melalui bentuk fisik dan karakter yang akan dipelajari oleh anak.

Beragamnya jenis binatang yang dihadirkan dalam dongeng fabel akan membantu orang tua memperkenalkan bentuk, kebiasaan, hingga suara dari berbagai macam binatang.

Sehingga selain dapat menghibur, membacakan dongeng tentang binatang juga bisa menambah wawasan si kecil tentang berbagai macam jenis binatang yang ada di dunia.

3. Mengajarkan Pesan Moral

Dongeng tentang binatang tidak hanya menyuguhkan cerita yang menyenangkan, tetapi juga mengajarkan pesan moral yang baik kepada si kecil.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Sikap teladan yang ditunjukkan karakter binatang dalam cerita dongeng bisa menjadi bahan pelajaran bagi anak untuk menyerap cara bersikap dan berperilaku yang baik terhadap orang lain.

Tidak hanya melalui sikap teladan, sebab akibat yang terjadi dalam dongeng tentang binatang pun menghadirkan hikmah yang bisa diambil si kecil untuk menerima kehidupan yang beragam dan serba tidak pasti.

4. Memperbesar Daya Imajinasi

Bentuk atau karakter binatang yang dihadirkan dalam dongeng bisa memicu daya imajinasi anak agar mampu berpikir kreatif.

Jalan cerita yang ringan, menghibur, dan menyenangkan membuat otak merasa relaks, sehingga anak bisa membayangkan cerita dalam benak mereka.

Selain daya imajinasi meningkat, kreativitas anak juga akan terasah dan mudah dalam menyelesaikan masalah.

5. Meningkatkan Fokus dan Membiasakan Anak Membaca Buku

Saat membacakan dongeng tentang binatang kepada anak, mereka dituntut untuk fokus saat mendengarkan cerita yang sedang dibacakan.

Maka dari itu, sejak dini anak sudah mampu mengasah daya konsentrasi mereka yang akan sangat bermanfaat jika sudah beranjak dewasa nanti.

Tidak hanya itu, membacakan dongeng kepada si kecil pun turut memperkenalkan mereka dengan kegiatan membaca yang akan menjadi kebiasaan yang baik untuk diterapkan.

Setelah mengetahui keuntungan dari membacakan dongeng binatang bagi anak, apakah kini kamu mulai tertarik untuk membacakan dongeng kepada mereka?

Berikut ada satu rekomendasi buku dongeng tentang binatang yang akan cocok untuk dibacakan kepada si kecil sebagai media pembelajaran yang menyenangkan.

Buku Dongeng Fabel Imajinatif untuk Anak Usia Dini ini cocok dibacakan kepada anak sebagai alternatif dalam mengenalkan kebiasaan membaca sekaligus bentuk dan jenis binatang.

Buku ini berisi kumpulan dongeng fabel sebanyak 20 cerita imajinatif mengenai karakteristik binatang yang akan disukai oleh anak-anak usia dini.

Setiap cerita ditulis dengan singkat, ringkas dibarengi teks yang sederhana, sehingga mampu memikat anak-anak usia dini untuk tertarik saat menyimak masing-masing dongeng.

Buku ini pun dapat dijadikan bahan materi membaca untuk anak-anak usia dini, sekaligus mengajarkan sikap teladan dan positif.

Gambar atau ilustrasi binatang yang ada dalam buku ini disajikan dengan lucu, penuh warna, dan berkarakter, sehingga akan dengan mudah disukai dan dinikmati oleh anak-anak usia dini.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com