Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Trik Cara Membuat Telur Gulung Anti Gagal di Rumah!

Kompas.com - 14/11/2022, 20:30 WIB
trik membuat telur gulung Sumber: kulinerkota.com trik membuat telur gulung
Rujukan artikel ini:
Aroma Rasa Kuliner Indonesia -…
Pengarang: Lilly T. Erwin
|
Editor Rahmad

Jajanan khas anak SD yang satu ini memang selalu hadir menghiasi masa kecil banyak orang. Terutama buat kamu yang lahir di tahun 90-an, jajanan ini menjadi primadona yang paling banyak diburu ketika bel istirahat atau pada saat bel pulang sekolah telah berbunyi.

Bahkan, anak-anak zaman sekarang pun tidak bisa menolak pesanan jajanan telur gulung ini. Saking banyak peminatnya, tidak jarang orang-orang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah. Selain itu, tidak jarang masih banyak juga orang yang gagal.

Cara membuat telur gulung memang bisa dibilang susah-susah gampang. Ternyata ada trik-trik tertentu supaya bisa membuat telur gulung dengan sempurna seperti abang-abang di pinggir jalan.

Nah, untuk itu, artikel ini akan membocorkan beberapa rahasia cara membuat telur gulung anti gagal seperti yang dijual abang-abang di pinggir jalan. Simak tips dan triknya berikut ini, ya!

Cara Membuat Telur Gulung di Rumah

trik membuat telur gulung trik membuat telur gulung

1. Campurkan adonan telur menggunakan air

Bahan yang digunakan untuk membuat telur gulung sangatlah mudah. Bahan utama yang dibutuhkan hanyalah telur saja, tanpa adanya tambahan seperti tepung, gula pasir, ataupun baking soda. Sebab, secara alami, telur bisa mengembang dan sudah memiliki tekstur yang halus.

Akan tetapi, yang biasanya menyebabkan orang-orang gagal dalam membuat telur gulung, salah satunya adalah karena sedikitnya kandungan air. Jadi, pada saat telur masuk ke dalam minyak, telur tersebut langsung mengental, padat dan tidak menyebar.

Maka dari itu, setelah telur dimasukkan ke dalam mangkok, kamu bisa melakukan langkah berikut ini:

  • Campurkan air ke dalam telur. Kemudian tambahkan air. Untuk 2 butir telur, jumlah air yang perlu ditambahkan hanyalah 15 ml atau setara dengan 1 sendok makan saja.
  • Lalu, masukkan tepung maizena, hanya 1 sendok teh sebagai pengental saja.

2. Tambahkan kaldu ayam

Fungsi dari kaldu ayam di sini selain untuk menambah kelembaban pada adonan telur, juga sebagai penambah rasa gurih, sehingga menambah rasa pada saat disantap.

Jika kamu tidak memiliki kaldu, kamu juga bisa menggantinya dengan saus, lho. Caranya adalah campurkan semua bahan, lalu aduk sampai merata hingga menyatu antara saus dan garam.

Lalu, berapa takaran yang digunakan? Cukup dengan ½ sendok teh saja untuk 2 butir telur/ atau kamu bisa menambahkannya sesuai dengan selera kamu. Jadi, sangat mudah dan hemat, bukan?

3. Kocok sampai berbusa

Salah satu rahasia lagi cara membuat telur gulung ala kaki lima yang tebal adalah dengan mengocok adonannya hingga berbusa. Ini akan membuat adonan telur kamu menjadi lebih mengembang.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Tidak hanya teksturnya saja yang menjadi lembut dan tebal, car aini juga sekaligus membuat telur mudah untuk digulung dan tidak kaku. Selain itu, Teknik ini juga dapat membantu kamu dalam menghemat bahan. Jadi, hidangan telur gulung buatan kamu bisa jadi lebih banyak.

4. Minyak yang panas tapi api kecil

Ketika ingin menggoreng, pastikan kalau minyaknya sudah benar-benar panas. Namun, setelah minyak panas, gunakanlah api yang kecil sekadar untuk mempertahankan suhunya saja. Dengan cara ini, telur akan mengembang sempurna dan tidak membuat telur gosong.

Jumlah minyak yang digunakan juga harus cukup banyak, maka sebaiknya gunakan wajan yang cekung.

5. Teknik dalam menuang telur

Trik selanjutnya adalah menuangkan agar telur tidak gagal. Cara membuat telur gulung adalah dengan menuangkan telur dengan jarak yang tinggi dari wajan. Ini bisa membantu telur untuk menyebar dan tidak saling menempel.

Selain itu, tuangkan sedikit demi sedikit adonan supaya membentuk jaring laba-laba. Ini juga akan memudahkan kamu saat menggulung telur. Kamu bisa menggunakan sendok saat menuang adonan telur. Atau bisa juga menggunakan wadah plastik yang berbentuk corong, sehingga jauh lebih mudah.

6. Jangan menggulung terlalu lama

Cara membuat telur gulung yang selanjutnya adalah jangan terlalu lama untuk mulai menggulung telur. Maksimal 5-10 detik saja setelah adonan mulai dituang ke wajan, lalu langsung gulung telur.

Cara ini akan mencegah telur terlalu kering yang bisa menyebabkan telur hancur saat penggulungan. Tidak hanya itu, nantinya lapisan telur menjadi bervariasi dan teksturnya tidak enak di lidah.

Gimana, sudah paham kan rahasia cara membuat telur gulung anti gagal ala abang-abang di pinggir jalan? Kamu bisa langsung mempraktekan trik tersebut di rumah. Jika kamu ingin mencoba hidangan beragam telur lainnya, kamu bisa lihat buku Aroma Rasa Kuliner Indonesia - Sajian Serba Telur.

Pada buku tersebut kamu akan menemukan 25 resep telur yang variatif, baik dari segi rasanya hingga penampilannya. Semuanya dirangkum dengan jelas di dalam buku ini.

Tidak hanya itu, jenis di dalam buku ini juga sangat beragam, ada telur ayam, telur bebek, telur puyuh, hingg telur ikan. Mulai dari resep yang praktis hingga yang sulit bisa kamu temukan di dalam buku ini.

Buku ini bisa langsung kamu pesan melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com