Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Manfaat Ulat Sutra Bagi Kehidupan Manusia

Kompas.com - 28/10/2022, 10:30 WIB
Manfaat Ulat Sutra Bagi Manusia
Sumber Gambar: Pexels.com Manfaat Ulat Sutra Bagi Manusia
Rujukan artikel ini:
Ensiklopedia Dunia Satwa : Serangga…
Pengarang: Dk Publishing
|
Editor Almira Rahma Natasya

Bombyx mori atau ulat sutra merupakan jenis serangga yang dikenal sebagai penghasil sutra orisinal dengan nilai ekonomi yang tinggi.

Kebanyakan orang mengenal makhluk ini ketika masih berbentuk larva yang sering disebut ulat sutra ketimbang bentuk dewasanya yang disebut imago.

Ulat sutra senang tinggal di atas pohon yang memiliki banyak daun, khususnya daun pohon murbei dengan situasi tempat yang tenang, sehingga jangan heran jika menemukan perkebunan ulat sutra pastinya akan jauh dari jalan raya.

Kepompong ulat sutra yang disebut dengan kokon mampu menghasilkan bahan kain sutra yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan kain sutra, ulat sutra pun bisa dijadikan bahan penambah stamina tubuh karena memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.

Makanan utama ulat sutra sendiri ialah daun murbei yang bertujuan untuk bisa menghasilkan kain sutra yang lembut dan halus.

Namun, ada beberapa ulat sutra yang diberi pakan daun singkong karet yang akan menghasilkan kain sutra yang jauh lebih berserat dan lebih empuk.

Ulat sutra akan berhenti makan saat sudah menjadi kepompong yang akan mulai menghasilkan benang kokon, di mana di hari keempat sudah dapat dipanen.

Namun, apa saja manfaat ulat sutra bagi kehidupan manusia? Cari tahu jawabannya berikut ini.

Manfaat Ulat Sutra

1. Menjadi Komponen Bahan Suplemen Penambah Stamina

Kandungan protein yang tinggi pada larva ulat sutra ternyata dapat dijadikan salah satu komponen bahan untuk suplemen penambah stamina.

Kandungan protein dalam larva ulat sutra dapat memberikan efek yang baik bagi tubuh.

Tidak heran jika larva ulat sutra turut dimasukkan dalam bahan pembuatan suplemen penambah stamina, mengingat kandungan proteinnya yang memang akan membantu membuat tubuh menjadi jauh lebih bugar dan kuat.

Jadi, tidak hanya saat menjadi kepompong atau kokon saja, ulat sutra pun dapat dimanfaatkan saat masih berbentuk larva.

2. Dijadikan Obat Tradisional

Ulat sutra ternyata sudah digunakan sejak zaman dahulu kala oleh masyarakat Tiongkok sebagai obat tradisional yang tentunya berkhasiat bagi tubuh.

Terdapat beberapa khasiat dari ulat sutra yang dijadikan obat tradisional, seperti meredakan kejang-kejang, mengobati masuk angin, dan mengencerkan dahak.

Sebelum dijadikan obat tradisional, pertama-tama ulat sutra diolah terlebih dahulu.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Namun, ulat sutra juga bisa langsung dikonsumsi dengan cara merebusnya terlebih dahulu.

3. Diolah Menjadi Makanan Ringan

Meskipun terdengar aneh dan menjijikkan, tapi ternyata mengolah ulat sutra untuk dijadikan makanan ringan merupakan hal yang biasa bagi masyarakat Tiongkok dan Korea.

Mereka mengolah ulat sutra dengan cara dipanggang atau dibakar hingga kering untuk selanjutnya dibersihkan dan langsung dapat menjadi camilan yang lezat.

Tidak hanya dibakar atau dipanggang, ulat sutra juga dapat diolah dengan cara direbus bersama rempah-rempah untuk dijadikan sajian yang menggugah selera.

Tidak hanya lezat, ulat sutra pun mempunyai nilai gizi yang baik untuk tubuh.

4. Dijadikan Perawatan Kecantikan

Kandungan asam amino dan ph yang baik pada kepompong ulat sutra atau kokon ternyata mempunyai manfaat yang baik untuk kecantikan kulit wajah.

Komposisi pada jaringan ulat sutra ternyata mirip dengan struktur kulit manusia, sehingga dapat dimanfaatkan untuk perawatan kulit wajah.

Protein yang terkandung dalam kokon mempunyai material yang berfungsi sama dengan natural moisturizing factor (NMF) pada kulit manusia.

Material tersebut adalah asam amino serin, treonin, dan glisin yang sangat bermanfaat baik bagi kulit manusia.

Ternyata ulat sutra tidak hanya dapat dijadikan bahan baku kain sutra saja, tapi ada manfaat lainnya bagi kehidupan manusia.

Mungkin sekarang kamu jadi penasaran dengan beragam jenis serangga lainnya yang ada di muka bumi.

Buku Ensiklopedia Dunia Satwa: Serangga dan Aneka Antropoda bisa dijadikan sumber wawasan yang akan memuaskan rasa penasaran kamu tentang dunia serangga.

Buku ini akan membahas dunia serangga, mulai dari habitat, makanan, cara hidup, keunikan, peran dalam lingkungan, dan manfaatnya bagi manusia.

Kamu dapat menjadikan buku ini media belajar yang tepat untuk anak kecil yang tentunya akan tertarik dengan setiap pembahasan dunia serangga yang ditulis di sini.

Yuk, tunggu apa lagi, langsung order bukunya di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com