Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Fakta Menarik Tentang Nasi Goreng yang Jarang Diketahui Oleh Banyak Orang!

Kompas.com - 10/10/2022, 15:30 WIB
fakta tentang nasi goreng dan cara membuatnya Sumber: budgetbytes.com fakta tentang nasi goreng dan cara membuatnya
Rujukan artikel ini:
33 Resep Mak Nyus Nasi…
Pengarang: Afin Murtie
|
Editor Rahmad

Ini adalah menu makanan kecintaan dari seluruh masyarakat Indonesia, mulai dari anak-anak, hingga dewasa, pasti menyukai nasi goreng. Rasa-rasanya tidak ada orang yang menolak Ketika mereka disajikan menu masakan nasi goreng.

Selain rasanya yang enak untuk di makan, memiliki beragam variasi, cara membuat nasi goreng juga tergolong cukup mudah dan simple. Oleh sebab itu,nasi goreng sering dijadikan sebagai menu andalan saat sarapan.

Saking terkenalnya nasi goreng, tahukah kamu, kalau tanggal 22 April dilakukan deklarasi sebagai Hari Nasi Goreng Nasional. Deklarasi ini dipelopori oleh seorang produsen bumbu masak legendaris di Indonesia.

Nah, kamu mau tahu hal menarik apalagi yang ada di nasi goreng> gali lebih dalam lagi yuk, fakta menarik tentang nasi goreng dan cara membuat nasi goreng yang simple tapi maknyus!

Fakta Menarik Tentang Nasi Goreng

fakta menarik tentang nasi goreng fakta menarik tentang nasi goreng

1. Berasal dari Tiongkok

Nasi goreng versi Indonesia, boleh jadi sudah populer di seluruh dunia, namun, nasi goreng ini berawal dari negeri Tiongkok. Nasi goreng awalnya berasal dari daerah Yangzhou, atau yang sekarang populer dengan sebutan nasi goreng Yang Chow.

Awalnya, nasi goreng berasal dari kebiasaan warga Tiongkok yang kurang suka memakan nasi putih yang sisa. Supaya nasi putih sisa ini bisa menjadi sebuah hidangan yang lezat, maka mereka menggoreng nasi tersebut dengan bawang, lalu ditambah dengan makanan sisa lainnya, seperti daging ayam, telur, atau apapun yang bersisa dari hidangan terakhir mereka.

2. Makanan yang Bersejarah

Tahukah kamu kalau ternyata, nasi goreng sudah memiliki eksistensi yang sangat lama? Nasi goreng ternyata sudah ada sejak 4000 SM, tua banget ‘kan. Nasi goreng bisa tersebar ke seluruh dunia karena para pedagang Tiongkok yang memang tersebar ke seluruh dunia.

Hal ini juga sangat berkaitan dengan fakta nasi goreng yang pertama, di mana para pedagang, sering kali menggoreng nasi putih sisa supaya tetap enak saat mereka konsumsi.

Beberapa ahli sejarah memperkirakan masuknya nasi goreng ke Nusantara antara abad 10-15 silam. Cara membuat nasi goreng yang mudah dan murah, membuat nasi goreng jadi sangat populer di Nusantara.

3. Makanan Multikultural

Berkat para pedagang Tiongkok di masa lalu serta berbagai cara penyebaran lainnya di era modern, menjadikan nasi goreng mudah sekali kita temui di mana-mana dengan berbagai tipe yang bermacam-macam.

Berbagai kultur dan negara juga memiliki versi nasi gorengnya mereka sendiri serta cara membuat nasi goreng sendiri. Misalnya saja omurice yang berasal dari Jepang, pilaf dari Perancis, Kimchi Bokkeumbap dari Korea, paella dari Spanyol, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Jumlah Kalori

Meskipun cara membuat nasi goreng sangat mudah dan dijadikan menu andalan di rumah, ternyata nasi goreng bukan makanan paling ideal untuk kamu yang sedang diet. Pasalnya, kalori pada seporsi nasi goreng ternyata lebih besar.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Bisa kita lihat dari cara masak nasi goreng, di mana nasi goreng yang memang kalorinya cukup besar dimasak dengan minyak atau mentega, lalu ditambah dengan berbagai toping seperti daging.

Dalam satu porsi nasi goreng bisa mencapai 637 kalori, jauh lebih banyak dibandingkan dengan cheeseburger yang memiliki jumlah kalori sebesar 310 kalori.

5. Harus Segera Dihabiskan

Jika kamu menyajikan nasi goreng, sebaiknya langsung habiskan nasi goreng sesaat setelah dimasak. Jangan biasakan untuk menyimpan nasi goreng di dalam kulkas untuk kamu masak Kembali. Nasi goreng yang dimasak menggunakan suhu tinggi mengandung zat akrilamida.

Apabila nasi goreng tersebut kamu diamkan terlalu lama, maka zat ini akan mengendap dan sulit untuk dicerna oleh tubuh kamu.

6. Hindari Makan Nasi Goreng Bersama Mentimun

Kamu pasti sering melihat atau bahkan memakan potongan mentimun yang ada di nasi goreng. Memang, potongan mentimun ini pas banget untuk mengimbangi nasi goreng yang cenderung berminyak.

Namun, ternyata nasi goreng jika dimakan bersamaan dengan mentimun berbahaya. Hal tersebut disebabkan karena kandungan minyak yang sudah dipakai untuk memasak mengandung racun yang berbahaya jika digabungkan dengan kandungan air atau getah yang ada di mentimun.

Hal ini yang bisa menyebabkan radang pada tenggorokan dan parahnya, dapat mengakibatkan kanker kelenjar tiroid.

Nah, itu beberapa fakta seputar nasi goreng. Mana yang paling mengejutkan buat kamu? Atau setelah membaca fakta tentang nasi goreng malah bikin kamu ingin makan nasi goreng? Kamu bisa langsung memasak nasi goreng di rumah karena cara membuat nasi goreng sangat mudah.

Jika ingin menggunakan resep lain dalam cara membuat nasi goreng, kamu bisa mengintip resep cara membuat nasi goreng di buku 33 Resep Mak Nyus Nasi Goreng. Seperti judulnya, buku ini memuat sebanyak 33 resep cara membuat nasi goreng istimewa, yang dapat kamu buat dalam waktu yang singkat dengan cita rasa yang menggugah selera.

Buku ini bisa menjadi panduan kamu yang ingin masakannya dirindukan oleh keluarga atau bagi kamu yang ingin berbisnis kuliner nasi goreng.

Buku ini bisa langsung kamu pesan melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com