Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan dalam Panggung Sejarah, Ini Kisah Hidup Para Putri Majapahit Tercantik pada Masanya

Kompas.com - 02/09/2022, 12:00 WIB
Putri Majapahit Tercantik Sumber Gambar: Pinterest.com Putri Majapahit Tercantik
Rujukan artikel ini:
Sejarah Raja-Raja Majapahit
Pengarang: Sri Wintala Achmad
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Beberapa abad yang lalu, seluruh wilayah Nusantara masih menganut sistem pemerintahan yang berbentuk kerajaan, sebab masyarakatnya belum mengenal sistem demokrasi presidensial seperti sekarang.

Dengan menganut sistem kerajaan, seorang raja akan menjabat sebagai pemimpin tertinggi dan orang yang paling berkuasa atas wilayah tertentu.

Selain memiliki jabatan dan harta kekayaan, para raja juga dikenal memiliki pendamping atau ratu yang cantik dan mempesona, bahkan banyak dari mereka yang dianggap sebagai primadona dan idaman para pria pada masanya.

Meskipun begitu, masih ada banyak perempuan dalam sejarah yang tidak hanya dikenal sebagai pendamping sang raja, melainkan sebagai pemimpin tertinggi dalam sebuah kerajaan.

Salah satu kerajaan di Nusantara yang pernah dipimpin oleh para perempuan hebat adalah Kerajaan Majapahit, sebuah kerajaan besar yang berpusat di wilayah Jawa Timur.

Bagi kamu yang penasaran, berikut adalah kisah sejarah singkat Kerajaan Majapahit, dan kisah hidup para putri Majapahit yang dikenal sebagai perempuan tercantik pada masanya.

Sejarah Singkat Kerajaan Majapahit

Majapahit merupakan sebuah kerajaan besar yang pernah berkuasa di Nusantara pada sekitar tahun 1293 sampai 1527 Masehi.

Kerajaan ini didirikan oleh Raden Wijaya yang merupakan menantu Kertanagara (Raja terakhir dari Kerajaan Singasari).

Dalam sejarah Indonesia, Kerajaan Majapahit dikenal sebagai kerajaan Hindu-Budha terbesar sekaligus terakhir yang menguasai Nusantara, sebelum akhirnya dikuasai oleh banyak kerajaan Islam.

Menurut Kitab Negarakertagama, kekuasaan Kerajaan ini terbentang luas dari wilayah Jawa, Sumatra, Semenanjung Malaya, Kalimantan, Sulawesi, Papua, bahkan sampai Kepulauan Sulu di Filipina.

Majapahit mencapai puncak kejayaannya saat dipimpin oleh Raja Hayam Wuruk dan Mahapatih Gajah Mada, yakni sekitar tahun 1313 sampai 1364.

Sejak masa awal berdiri sampai masa keruntuhannya, Kerajaan Majapahit sempat dipimpin oleh lebih dari 10 orang, dan beberapa diantaranya adalah seorang perempuan-perempuan cantik.

Siapa saja putri Majapahit yang dianggap sebagai perempuan tercantik pada masanya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Putri Majapahit Tercantik

1. Gayatri Rajapatni

Nama putri Majapahit yang satu ini mungkin sedikit kalah jika dibandingkan dengan nama para tokoh Majapahit pada umumnya.

Selain terkenal dengan kecantikannya, Gayatri Rajapatni adalah salah satu tokoh yang dianggap lihai dalam urusan pemerintahan, ia memiliki peran penting dalam membantu membangun kerajaan Majapahit.

Menurut sejarah, Gayatri adalah istri ke-4 dari Raden Wijaya (pendiri Majapahit), sekaligus juga ibu suri Kerajaan Majapahit saat putrinya (Tribhuwana Tunggadewi) naik tahta menjadi pemimpin Majapahit.

Sepeninggal suaminya, Gayatri yang tidak tertarik dengan tahta lebih memilih untuk menjadi penasehat spiritual bagi anak-anaknya sampai hari kematiannya tiba.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

2. Tribhuwana Tunggadewi

Tribhuwana Tunggadewi adalah putri Raden Wijaya, sekaligus pemimpin ketiga dari Kerajaan Majapahit setelah ditinggal oleh kakaknya, Jayanagara.

Saat baru naik tahta, keadaan kerajaan Majapahit sedang terancam dengan adanya perang saudara untuk memperebutkan kekuasaan, namun ia berhasil membuktikan bahwa dirinya mampu mempertahankan keutuhan Majapahit.

Bersama dengan ibunya (Gayatri), Tribhuwana berperan besar dalam membawa Majapahit menguasai hampir seluruh Nusantara.

Sama seperti Ratu Elizabeth 1 dari Inggris, Tribhuwana juga memiliki kepiawaian dalam memerintah dan memilih para pengikut setia, salah satunya adalah patih Gajah Mada yang terus setia mengabdi pada Majapahit sampai masa pemerintahan Hayam Wuruk.

3. Anarawati

Kekuatan Majapahit banyak dipengaruhi oleh para perempuan cantik yang ahli dan pandai dalam memerintah.

Sayangnya, kehancuran Majapahit sedikit banyak juga berhubungan dengan keberadaan seorang putri yang cantik dan mempesona.

Prabu Brawijaya yang merupakan raja terakhir Majapahit dikenal memiliki ratu bernama Anarawati yang berasal dari Kerajaan Campa.

Di masa-masa terakhir kejayaan Majapahit, kondisi kerajaan ini memang sudah terasa tidak baik, dilihat dari banyaknya kejadian pemberontakan yang datang dari berbagai kalangan.

Situasi ini diperparah dengan keadaan Prabu Brawijaya yang lebih suka mendengar dan mengikuti ucapan Anarawati ketimbang para penasehatnya, lama kelamaan, kondisi Majapahit semakin tidak terkendali dan pada akhirnya digantikan oleh Kerajaan Demak.

Itu dia beberapa nama perempuan Majapahit yang dikenal karena kecantikan serta perannya dalam membantu memajukan sekaligus juga menjadi faktor kehancuran Kerajaan Majapahit.

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lebih mengenai sejarah Kerajaan Majapahit, kamu bisa membaca buku Sejarah Raja-Raja Majapahit karya Sri Wintala Achmad dan buku Pasang Surut Kerajaan Majapahit karya Mulkul Farisa Nalva.

Dalam buku Sejarah Raja-Raja Majapahit, kamu akan mengenal bagaimana sistem perpolitikan yang pernah dijalankan oleh para raja Majapahit, mulai dari masa awal pendirian sampai masa keruntuhan.

Selain itu, kamu juga akan mengenal lebih dalam beberapa pemimpin hebat yang dianggap membantu memajukan Majapahit seperti Tribhuwana Tunggadewi dan Hayam Wuruk.

Sementara itu, dalam buku Pasang Surut Kerajaan Majapahit, kamu akan lebih mengenal seluk beluk Kerajaan Majapahit yang sebelumnya tidak pernah diajarkan di bangku sekolah.

Sebagai salah satu kerajaan terbesar di Nusantara, Majapahit menyimpan banyak jejak peradaban mengenai kisah penyatuan Nusantara, dari sinilah kamu akan semakin memahami betapa pentingnya Majapahit dalam sejarah bangsa Indonesia.

Kedua buku ini bisa kamu dapatkan melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau