Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Tag di YouTube agar Video yang Diunggah Bisa Menjadi Trending

Kompas.com - 16/08/2022, 16:00 WIB
Cara Membuat Tag di Youtube Sumber Gambar: Freepik.com Cara Membuat Tag di Youtube
Rujukan artikel ini:
Kitab YOUTUBER
Pengarang: Jubilee Enterprise
|
Editor Almira Rahma Natasya

YouTube merupakan salah satu situs berbagi video yang memungkinkan siapa saja bisa mempublikasikan video yang mereka buat, sekaligus dibayar pula jika mampu menarik jumlah likes dan penonton terhadap video tersebut.

Menjadi seorang YouTuber merupakan salah satu profesi content creator yang paling banyak diinginkan oleh anak muda saat ini, karena selain tampak kekinian pekerjaan ini juga bisa mendatangkan cuan yang banyak, jika mampu dikerjakan dengan serius.

Sayangnya, untuk bisa mendapatkan subscribers, likes, dan penonton yang banyak, tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Ada beberapa hal yang mampu membuat sebuah video menjadi trending di YouTube, salah satunya ialah menciptakan dan menggunakan tag atau bisa dibilang sebagai kata kunci kedua setelah judul video itu sendiri.

Dengan menggunakan kata kunci kedua atau tag ini, maka akan semakin memudahkan penonton untuk mencari video yang ingin mereka saksikan di YouTube.

Kehadiran tag sendiri akan membuat sistem YouTube jauh lebih gampang melakukan sortir video yang sesuai dengan keinginan penonton.

Efeknya akan berdampak pada jumlah penonton pada video yang dicari menjadi semakin banyak, jika mampu menggunakan tag yang tepat dan sesuai agar bisa menjadi trending di YouTube.

Akan tetapi, bagaimana cara membuat dan menggunakan tag yang tepat di YouTube agar dapat menjadi trending?

Cara Membuat Tag di YouTube

Tag bisa dibilang sebagai kata kunci deskriptif yang bisa ditambahkan ke konten video agar bisa memudahkan penonton untuk menemukan konten video yang kamu unggah.

Terdapat beberapa unsur metadata yang tidak kalah penting dari tag itu sendiri, seperti deskripsi, judul, dan thumbnail yang akan menolong penonton untuk menentukan video mana yang ingin mereka saksikan.

Cara untuk membuat atau menambahkan tag pada video yang baru kamu unggah ialah pertama-tama login terlebih dahulu ke YouTube Studio.

Selanjutnya, di pojok kanan atas, klik BUAT Upload Video.

Kemudian pilih file yang akan diunggah dan di alur upload, klik OPSI LAINNYA dan tambahkan tag.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jika kamu ingin menambahkan tag ke konten video yang sudah kamu unggah sebelumnya, langkah pertama adalah login terlebih dahulu ke YouTube Studio.

Dari menu sebelah kiri, pilih Konten kemudian pilih video yang ingin kamu tambahkan tag di dalamnya.

Tips Menambahkan Tag agar Banyak Ditonton

1. Gunakan Tag yang Mudah Dicari

Cari atau buatlah tag sendiri yang dapat dengan mudah dicari oleh viewers dengan menggunakan kata atau kalimat yang pastinya akan dengan mudah diingat serta dikenal oleh banyak orang.

Menggunakan kata atau kalimat yang sederhana, tapi memiliki kemudahan untuk diingat dapat menjadi cara yang menjanjikan.

2. Pergunakan SEO YouTube

Hampir sama seperti penggunaan SEO Google, untuk menggunakan SEO YouTube yang perlu dilakukan hanyalah dengan melakukan research terlebih dahulu melalui pencarian beberapa kata kunci tertentu.

Setelah kata kunci yang dicari dirasa cocok dengan konten video dan pencarian yang dilakukan oleh viewers, maka kamu dapat menggunakan kata atau kalimat tersebut sebagai tag YouTube pada video yang kamu unggah.

3. Lihat Tag pada Video Orang Lain

Cara terakhir dalam menambahkan tag YouTube agar video yang diunggah dapat memiliki jumlah viewers yang banyak ialah dengan melihat tag YouTube dari video orang lain yang masuk ke dalam kategori trending.

Namun, perlu diingat, kamu jangan asal main comot tag saja karena setiap tag yang dimasukkan harus tetap sesuai dengan jenis dan isi konten video yang kamu miliki.

Jika kamu menjadi semakin tertarik untuk mendalami profesi sebagai seorang YouTuber, maka buku Kitab YOUTUBER yang disusun oleh Jubilee Enterprise bisa dijadikan pedoman dan patokan yang pas karena akan membimbing kamu melalui penjelasan yang konkret.

Di sini, kamu akan menemukan ilmu yang berharga dan mendalam untuk dapat menjadi seorang YouTuber profesional, mulai dari cara mengunggah video, mengatur privasi dan lisensi, mengatur feature, mendesain tampilan channel, hingga monetisasi.

Jelas sudah memang jika buku ini dapat dijadikan sumber acuan untuk belajar menjadi seorang YouTuber tanpa perlu memerlukan cara yang rumit dan sulit, karena semuanya ditulis secara ringkas, padat, dan jelas.

Buku ini bisa dipesan, dibeli, dan dimiliki melalui Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com