Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kisaran Harga Tes TOEFL Berdasarkan Jenisnya yang Berlaku di Indonesia

Kompas.com - 31/07/2022, 12:00 WIB
Harga Tes TOEFL Sumber Gambar: Freepik.com Harga Tes TOEFL
Rujukan artikel ini:
All New Big Book TOEFL+CD
Pengarang: Agus Priyanto
|
Editor Ratih Widiastuty

Di era globalisasi seperti saat ini kebutuhan akan kemampuan berbahasa Inggris menjadi semakin tinggi, baik dalam bidang akademik maupun pengembangan karier.

Hal ini kemudian juga mendorong semakin meningkatnya kebutuhan akan sertifikasi yang bisa membuktikan kemampuan seseorang dalam menguasai bahasa Inggris seperti TOEFL di masyarakat.

Jika kamu adalah salah satu orang yang berencana untuk mengikuti TOEFL dalam waktu dekat, maka penting bagi kamu untuk mengetahui berapa kisaran harga yang perlu kamu persiapkan untuk bisa mendaftarkan diri.

Namun sebelum membahas lebih jauh mengenai harga tes TOEFL, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis TOEFL, seperti PBT, CBT serta IBT dan jenis TOEFL apa yang kamu butuhkan sesuai dengan keperluan kamu.

Hal ini juga tak kalah penting untuk kamu perhatikan karena masing-masing jenis tes tersebut memiliki rentang harga bervariasi yang dipengaruhi oleh struktur dan kompleksitas ujiannya.

Berikut ini adalah kisaran harga tes TOEFL berdasarkan jenisnya yang berlaku di lembaga-lembaga penyedia sertifikasi TOEFL di Indonesia.

Kisaran Harga TOEFL Berdasarkan Jenisnya

1. Harga TOEFL PBT

TOEFL PBT (Paper Basic Test) merupakan jenis TOEFL paling konvensional yang umumnya memiliki harga relatif murah dibandingkan dengan jenis TOEFL lainnya.

Namun karena memiliki struktur tes yang cukup sederhana, hanya beberapa negara tertentu saja yang masih memberlakukan dan menerima sertifikasi TOEFL jenis ini.

Meskipun begitu, di Indonesia TOEFL PBT sering kali masih digunakan sebagai persyaratan untuk masuk ke suatu instansi ketika melamar pekerjaan atau sebagai syarat kelulusan di perguruan tinggi.

Tetapi jika kamu berniat mengikuti TOEFL dengan maksud untuk berkuliah di luar negeri, maka penting bagi kamu untuk memastikan terlebih dahulu apakah negara tujuan kamu masih menerima sertifikasi TOEFL jenis PBT ini.

Biaya TOEFL PBT umumnya berada pada kisaran Rp 550.000 - Rp 675.000 tergantung dari lembaga penyedia tes yang kamu pilih.

Sertifikat TOEFL PBT memiliki masa berlaku hingga 2 tahun dan bisa kamu gunakan pada instansi atau universitas-universitas yang masih mengakui jenis TOEFL ini.

2. Harga TOEFL IBT

Seiring dengan perkembangan zaman, pelaksanaan tes TOEFL pun mengalami perkembangan dengan diberlakukannya TOEFL CBT (Computer Based Test) yang menggunakan komputer sebagai media pengujian.

Kemudian sejak tahun 2006, TOEFL CBT ini tidak lagi digunakan dan digantikan sepenuhnya dengan TOEFL IBT (Internet Based Test) sampai sekarang.

Pada dasarnya TOEFL IBT cukup mirip dengan CBT, hanya saja apabila TOEFL CBT dilaksanakan menggunakan komputer dengan software resmi dari ETS (Educational Testing Service), dilakukan dengan berbasis internet dan dikerjakan secara online.

Selain menggunakan media pengerjaan yang berbeda, TOEFL IBT juga memiliki struktur ujian yang lebih kompleks dibandingkan dengan TOEFL PBT sehingga biayanya pun cenderung lebih mahal.

Jika TOEFL PBT hanya terdiri dari 3 sesi ujian yang meliputi Listening, Structure, dan Reading, TOEFL IBT akan menguji kemampuan berbahasa Inggris kamu dalam 4 aspek yang terdiri dari Listening, Writing, Reading, serta Speaking.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Meskipun memiliki harga yang lebih mahal, namun kamu bisa menggunakan sertifikat TOEFL IBT ini untuk berbagai keperluan karena telah menjadi standar paling aktual, baik dalam skala nasional maupun internasional.

Biaya yang perlu kamu persiapkan untuk mengikuti TOEFL IBT ini yaitu berkisar antara Rp 2.675.000 - Rp 3.382.000 bergantung pada lembaga penyedia tempat kamu melaksanakan tes.

3. Harga TOEFL ITP

Selain PBT dan IBT, ada juga jenis TOEFL ITP (Institutional Testing Program) yang bisa kamu ikuti sesuai dengan kebutuhan kamu.

Sesuai dengan namanya, sertifikat TOEFL ITP memiliki fungsi yang terbatas yaitu hanya dapat digunakan untuk kebutuhan internal institusi saja dan hanya diterima di beberapa program beasiswa seperti Fulbright Foreign Program, Australian Development Scholarship, dan lain-lain.

Umumnya TOEFL jenis ini digunakan sebagai placement test atau tes evaluasi penempatan kelas di lembaga-lembaga bahasa ketika kamu akan mengikuti kursus.

Meskipun memiliki fungsi yang terbatas, namun jenis TOEFL ini tetap bisa menjadi pilihan yang pas apabila sesuai dengan keperluan kamu karena memiliki keuntungan dari segi biayanya yang cenderung lebih murah.

Kisaran harga untuk mengikuti tes TOEFL ITP ini yaitu sebesar Rp 350.000 - Rp 600.000 yang juga bergantung pada lembaga penyedia tempat kamu mengikuti tes.

Pada dasarnya TOEFL ITP memiliki sesi ujian yang cukup mirip dengan TOEFL PBT, yaitu meliputi Listening Comprehension, Structure and Written Expression, serta Reading Comprehension.

Nah, itulah kisaran biaya tes TOEFL berdasarkan jenisnya yang bisa menjadi bahan pertimbangan kamu ketika ingin mengambil sertifikasi TOEFL.

Selain memperhatikan harga, pastikan kamu juga memilih lembaga-lembaga penyedia tes yang terpercaya dan telah bekerja sama dengan ETS, seperti ITC (International Test Center) Indonesia, Batania Language Training Institution, Alfalink English Test Center, UPT bahasa di berbagai universitas di Indonesia, dan lain-lain.

Kamu bisa mempersiapkan diri agar mendapatkan skor TOEFL yang tinggi dengan memiliki buku All New Big Book TOEFL + CD yang ditulis oleh Agus Priyanto ini.

Di dalam buku ini kamu akan mendapatkan berbagai informasi terkini terkait TOEFL, ringkasan materi terpraktis untuk menguasai TOEFL, tip dan trik dalam menyelesaikan TOEFL, serta TOEFL Practice Test terakurat yang dilengkapi dengan pembahasan yang bisa meningkatkan kesiapan kamu untuk menghadapi tes nantinya.

Selain itu, penulis juga akan memberikan banyak fasilitas lain seperti aplikasi Android gratis untuk belajar TOEFL yang bisa kamu unduh dengan mudah melalui barcode yang ada di dalam buku dan juga bonus CD yang berisikan software CBT TOEFL serta video tip dan trik tutorial TOEFL.

Kamu bisa memanfaatkan software CBT TOEFL yang diberikan tersebut untuk melakukan simulasi mandiri di rumah seolah kamu sedang mengerjakan tes TOEFL yang sesungguhnya.

Buku yang diperuntukkan untuk berbagai macam kalangan, mulai dari pelajar, S1, S2, S3, dan umum ini akan menjadi bekal berharga bagi kamu untuk dapat meraih skor maksimal dalam tes TOEFL, baik untuk kepentingan akademis atau pun profesional karier.

Kamu bisa mendapatkan buku All New Big Book TOEFL + CD ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com