Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Warna Kesukaan BTS? Berikut Ini Beberapa Fakta Menarik Seputar BTS yang Perlu Kamu Tahu

Kompas.com - 15/07/2022, 18:00 WIB
Apa Warna Kesukaan BTS Sumber Gambar: twitter.com/bts_bighit Apa Warna Kesukaan BTS
Rujukan artikel ini:
Map Of The Soul :…
Pengarang: Murray Stein
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Bangtan Sonyeondan atau BTS merupakan salah satu boygrup yang telah berhasil menorehkan banyak prestasi bagi industri hiburan di Korea Selatan.

Grup yang debut pada 13 Juni 2013 ini telah merilis puluhan lagu dan berkolaborasi dengan beberapa penyanyi kenamaan luar negeri yang semakin memperkuat eksistensi mereka di mancanegara.

Begitu kuatnya pengaruh yang dimiliki oleh BTS pada akhirnya mampu membuat para fans sekaligus orang awam kerap mencari tahu soal fakta-fakta menarik yang dimiliki oleh member BTS, mulai dari posisinya di dalam grup, kepribadiannya, sampai warna favoritnya.

Apa warna kesukaan para member BTS dan fakta BTS apa saja yang menarik untuk diketahui? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Warna Kesukaan Member BTS

1. Kim Nam-joon (RM) – Hitam

Kim Nam-joon atau yang lebih akrab disapa RM adalah seorang main-rapper sekaligus leader di grup BTS.

RM diketahui menyukai warna hitam yang melambangkan sifat misterius, independen, dan penuh keanggunan, definisi ini tentunya sangat cocok jika dikaitkan dengan sosok RM yang karismatik dan mampu mengayomi grupnya dengan sangat baik.

Selain penyuka warna hitam, RM juga dikenal sebagai pribadi yang cerdas dan senang membaca buku, ia berhasil menjadi lulusan terbaik saat ujian nasional, memiliki IQ 149, dan skor 900 untuk TOEIC, hal inilah yang membuatnya fasih berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Meski baru berusia 27 tahun, RM telah mencetak prestasi sebagai artis termuda kedua yang karya-karyanya berhasil diakui langsung oleh KOMCA (Korea Music Copyright Association) atau Asosiasi Hak Cipta Musik Korea.

Keberhasilannya ini tidak bisa dilepaskan dari sosoknya yang teliti dan selalu menghargai setiap proses, ia bahkan melakukan berbagai macam riset sebelum menulis dan menciptakan lirik-lirik lagunya.

2. Kim Seok-jin (Jin) – Pink

Member tertua di BTS yang lahir pada 4 Desember 1992 ini ternyata menyukai warna merah muda, alias pink.

Meski sering diidentikan dengan warna perempuan, tapi warna pink juga melambangkan keceriaan, kebaikan, dan kelembutan. Sebagai member tertua, Jin dikenal sebagai pribadi yang lembut dan sering memasak makanan untuk member lainnya.

Selain itu, Jin yang dikenal sebagai sub-vocalist dan visual di BTS ini memiliki julukan “worldwide handsome” oleh para ARMY berkat wajahnya yang rupawan.

Pada tahun 2020, Jin telah berhasil menunjukkan talentanya pada dunia melalui lagu “Abyss” dan “Epiphany” yang ia nyanyikan secara solo dan sudah memiliki lebih dari 100 juta pendengar.

3. Min Yoon-gi (Suga) – Putih

Member tertua kedua di BTS yang memegang peranan sebagai lead-rapper ini menyukai warna putih yang sering menjadi lambang dari kemurnian, kesucian, dan kepolosan.

Meski wajahnya sering terlihat dingin, Suga sebenarnya adalah sosok tsundere yang penyayang dan memiliki hati yang hangat, ia bahkan sering menjadi tempat sandaran bagi para member BTS lainnya.

Seperti halnya RM, Suga adalah member yang pandai bernyanyi rap dan menulis lirik lagu, diketahui ia telah berhasil menciptakan 134 lagu yang sudah memiliki hak cipta dari KOMCA (Korea Music Copyright Association).

Di tahun 2020, Suga semakin memperkuat eksistensinya di industri musik setelah merilis mixtape-nya sendiri yang ia beri nama “Agust D”, khusus untuk MV (Music Video) “Daechwita” yang ia ciptakan, Suga berhasil mengumpulkan lebih dari 300 juta pendengar di platform Youtube.

4. Jung Hoseok (j-hope) – Hijau

Sudah menjadi rahasia umum bahwa warna hijau dapat mempengaruhi mood dan kondisi hati seseorang, hal ini tentu sangat mendefinisikan sosok j-hope yang sering dianggap sebagai moodmaker dan penyemangat di dalam grup.

Jung Hoseok atau j-hope menempati posisi rapper dan main-dancer, yang artinya ia memiliki kemampuan menari yang sangat mumpuni, bahkan sering sekali mendapat perhatian publik.

Dikenal sebagai member yang paling fashionable berkat style dan gaya berpakaiannya yang sangat khas, j-hope juga menempati posisi pertama sebagai member BTS terkaya, dengan total kekayaan mencapai Rp 346 - 376 miliar.

Salah satu faktor kesuksesannya ini ia dapatkan setelah merilis mixtape solonya yang bertajuk “Hope World” pada tahun 2018, dan beberapa hari yang lalu (1 Juli 2022), ia kembali berkarya lewat lagu solonya yang berjudul “MORE”, yang sudah ditonton lebih dari 30 juta kali.

5. Park Ji-min (Jimin) – Biru Muda

Member BTS yang lahir di Busan pada 13 Oktober 1995 ini adalah penyuka warna biru muda yang memiliki arti “bertanggung jawab dan dapat diandalkan”.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jimin menempati posisi sebagai penari utama sekaligus lead-vocalist berkat warna vokalnya yang unik, lewat talenta menarinya yang sangat baik, bahkan ia direkomendasikan oleh gurunya untuk mendaftarkan diri di sebuah audisi yang diadakan oleh Big Hit Entertainment.

Saat awal debut, Jimin adalah member yang sering merasa tidak percaya diri karena postur tubuhnya yang mungil dan bentuk pipinya yang chubby, alhasil, Jimin rela melakukan diet ketat sampai akhirnya berhasil mendapatkan bentuk tubuh dan wajah yang menurutnya ideal.

Jimin juga telah berhasil menunjukkan talenta yang ia milikki, bersama Ha Sung-woon “Wanna One”, ia didapuk menjadi pengisi soundtrack drama Korea “Our Blues” yang tayang perdana pada bulan April 2022 lalu.

Lagu duet “With You” yang mereka berdua bawakan telah berhasil menduduki posisi 5 besar di Spotify Global selama berminggu-minggu.

6. Kim Tae-hyung (V) – Hitam dan Putih

Member yang lahir di tahun yang sama dengan Jimin ini menempati posisi sebagai sub-vocalist sekaligus visual, ia dikenal berkat tone suaranya yang unik, postur tubuh yang ideal, dan wajah yang rupawan.

Sebagai penyuka warna hitam, V memiliki sisi misterius di dalam dirinya, tapi lewat kepribadiannya yang unik, ia juga sering bertingkah aneh sekaligus lucu secara tiba-tiba.

Di tahun 2016, V berhasil menajamkan kiprahnya di dunia akting lewat perannya sebagai Han-Sung di drama Korea Hwarang, bersama dengan aktor Park Seo-joon, Park Hyung-sik, dan Go Ara.

V juga beberapa kali diminta untuk mengisi soundtrack drama Korea, pertama untuk drakor Hwarang lewat lagu “Even If I Die”, drakor Itaewon Class lewat lagu “Sweet Night”, dan Our Beloved Summer lewat lagu “Christmas Tree”.

7. Jeon Jung Kook (Jungkook) – Merah

Member termuda (Maknae) di BTS yang lahir di tahun 1997 ini adalah penyuka warna merah yang dikenal memiliki kepribadian hangat, berani, dan penuh energi.

Jungkook sering dijuluki sebagai “Golden Maknae” berkat sederet talenta yang ia milikki, bahkan sebelum debut, ia sempat diincar oleh banyak agensi KPop sebelum akhirnya ia bergabung di Big Hit Entertainment.

Sebagai seorang main-vocalist dan lead-dancer, kemampuan menyanyi dan menari Jungkook memang sudah tidak diragukan lagi.

Selain itu ia juga ahli dalam menggambar, olahraga, rap, dan bermain gitar.

Meski baru berusia 24 tahun, Jungkook telah menorehkan banyak prestasi, bersama dengan member BTS lainnya, ia didapuk sebagai orang Korea termuda yang menerima Order of Cultural Merit (penghargaan di bidang kebudayaan), berkat kontribusinya dalam menyebarkan budaya Korea ke seluruh dunia.

Itulah daftar warna-warna yang menjadi favorit para member BTS, sekaligus juga beberapa fakta menarik tentang mereka yang perlu kamu ketahui.

Bagi kamu yang masih penasaran dan ingin mengetahui lebih jauh mengenai karya-karya BTS, kamu bisa membaca buku Map Of The Soul: 7 Persona, Shadow, & Ego Dalam Dunia BTS yang ditulis oleh Murray Stein.

Map of The Soul 7 merupakan nama salah satu album BTS yang dirilis pada tahun 2020, dan telah berhasil menjadi best seller di berbagai belahan dunia karena setiap lagunya memiliki makna dan kesan yang mendalam, yang berkaitan langsung dengan kehidupan.

Dalam buku ini, Stein ingin menjelaskan arti yang terkandung dari setiap lirik lagu dalam album Map of The Soul 7, yang ternyata memiliki kaitan langsung dengan kondisi kejiwaan manusia.

Tidak sampai disitu saja, Stein juga akan menjelaskan alasan dibalik pemilihan angka 7 yang dijadikan sebagai bagian dari nama album ini.

Dengan buku setelah 208 halaman ini, Stein sengaja menulisnya untuk membantu para pembaca agar bisa hidup lebih baik, misalnya dengan mencintai diri sendiri, mengenal diri sendiri lebih dalam lagi, serta berani menyampaikan berbagai hal yang membuat diri kita tidak nyaman.

Buku ini bisa kamu dapatkan melalui online di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com