Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampil di Sidang PBB, Sandiaga Uno Memaparkan Strategi Bangkitnya Pariwisata Indonesia

Kompas.com - 09/05/2022, 12:44 WIB
Strategi Bangkitnya Pariwisata Indonesia Sumber Foto : Pixabay Strategi Bangkitnya Pariwisata Indonesia
Rujukan artikel ini:
Pembangunan & Pengembangan Pariwisata
Pengarang: Prof. Dr. Hj. Serdamayanti,M.Pd.,…
|
Editor Ratih Widiastuty

Strategi Bangkitnya Pariwisata Indonesia yang Disampaikan di PBB

Indonesia menjadi acuan dunia dalam penanganan pandemi Covid-19 dan keberhasilan dalam membangkitkan sektor pariwisata pasca dua tahun dihantam pandemi.

Pesan itu disampaikan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam acara 'High-level Thematic Debate on Tourism' yang diadakan di New York, Amerika Serikat, oleh United Nations General Assembly Hall.

Agaknya bukan sebuah kebetulan Sandiaga diundang. Dunia yang tengah dirundung pandemi memang perlu segera bangkit. Dan seperti tema besar yang disampaikannya, Indonesia patut menjadi contoh.

Sektor yang paling terdampak pandemi adalah pariwisata. Secara data dan fakta, "Di Indonesia lebih dari 34 juta orang dengan mata pencaharian bergantung pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Sandiaga Uno.

Menurut Sandiaga Uno, sangat penting jadinya bagi negara-negara di dunia untuk memiliki konsep industri pariwisata yang berkelanjutan, dan sekaranglah saat paling tepat untuk memulai transformasi ini.

Untuk membangun menuju praktik pariwisata yang berkelanjutan terbaik, penting bagi para stakeholder, khususnya pemangku kepentingan publik dan swasta untuk memiliki satu frekuensi dan narasi yang selaras dan sama tentang pariwisata berkelanjutan ini.

Tak lupa juga bahwa akses yang memadai untuk mendapat informasi yang akurat harus dimiliki oleh semua stakeholder.

Peran Masyarakat Lokal Dalam Upaya Pemulihan Pariwisata Indonesia

Para stakeholder yang dimaksud dalam mengembangkan sektor pariwisata berkelanjutan ini adalah: sektor publik, sektor swasta, serta masyarakat lokal. Semuanya terjalin dalam kolaborasi yang saling mendukung dan menguntungkan, semuanya tidak dapat berdiri sendiri.

Perlunya penguatan peran masyarakat lokal sebagai katalisator transformasi pariwisata tersebut.

Inilah yang menjadi fokus Kemenparekraf dalam program pemulihan pariwisata, yaitu penguatan peran masyarakat.

Program Desa Wisata dibuat dengan mengintegrasikan akomodasi lokal, daya tarik, kearifan lokal lainnya dan dikoordinasi oleh pemerintah Desa.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Program ini menurut Sandiaga Uno terbukti mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat pedesaan.

Salah satu contoh yang berhasil adalah Desa Wisata Penglipuran di Bali yang memiliki pendapatan diatas 1,45 juta dolar AS pada tahun 2020.

Program Desa Wisata juga sesuai dengan rencana strategis The World Tourism Organization (UNWTO) yang mementingkan pemulihan pariwisata dunia lebih berkualitas dalam hubungannya dengan kesejahteraan masyarakat.

Satu unsur yang sangat penting juga agar pariwisata berkelanjutan ini dapat terjadi adalah memastikan pergerakan orang dan logistik dapat terus berlangsung dengan aman.

"Dalam konteks ini, kita perlu membahas lebih lanjut tentang bagaimana kita dapat menyelaraskan kesehatan standar protokol untuk perjalanan lintas batas," kata Sandiaga Uno.

Tengoklah pagelaran sekelas Moto GP yang begitu sukses awal tahun ini. Bahkan tahun sebelumnya ada Superbike yang juga sukses.

Kedua contoh ini adalah buah yang dipetik dari kolaborasi para stakeholder, penguatan peran masyarakat lokal, dan koordinasi pergerakan orang serta logistik.

Di tengah kondisi pandemi, kita berhasil menggelar 2 acara olahraga besar dan bahkan yang pertama kalinya dilakukan di Indonesia.

Seiring dengan G20 dan peran Indonesia sebagai tuan rumah hari pariwisata dunia, Sandiaga Uno dalam kapasitasnya sebagai Menteri Parekraf akan terus mendorong kebangkitan ekonomi, terciptanya peluang usaha, dan terbukanya lapangan kerja.

Peranan industri pariwisata dapat kamu temukan dalam buku "Protokol Destinasi : Panduan Pemulihan Destinasi Wisata di Era New Normal" yang ditulis oleh Liliek Setiawan.


Buku ini bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com. Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com