Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Bertahan Hidup di Alam Liar

Kompas.com - 04/11/2021, 11:28 WIB
Sumber Foto : Pixabay
Rujukan artikel ini:
Why? Survival Science - Ilmu…
Pengarang: Yearim dang
Penulis Dina Chandra
|
Editor Ratih Widiastuty

Masa depan tidak pernah dapat diduga. Saat ini, mungkin kita hidup nyaman di dalam rumah dan menjalani aktivitas sehari-hari di luar rumah dengan damai.

Namun, bahaya yang datang juga tidak pernah dapat terduga. Kita harus waspada dengan kecelakaan, bencana alam, dan sebagainya.

Bahaya seperti kecelakaan dan bencana alam dapat membuat kita kehilangan kehidupan nyaman kita, terlebih jika kita terdampar di pulau asing tak berpenghuni.

Bagaimana jika suatu hari nanti kita terdampar di pulau tak berpenghuni dan hanya dikelilingi oleh laut dan pepohonan?

Ilmu untuk hidup di alam liar merupakan salah satu hal yang perlu kita ketahui karena bencana dapat datang kapan saja.

Cara Bertahan hidup

Jika terdampar di pulau tak berpenghuni, kita tidak bisa menggunakan teknologi dan hanya dapat bergantung pada kemampuan diri sendiri untuk bertahan hidup.

Kita harus mencari air untuk diminum, makanan untuk dimakan, membuat tempat tinggal agar terlindung dari binatang yang ada di alam, api agar tubuh kita tetap hangat, dan lain-lain.

Air minum dapat dikumpulkan dari tetesan embun, salju, ataupun mengambil dari sungai.

Selain itu, kita harus belajar berburu dan mengolah makanan dari tumbuhan atau hewan buruan yang hidup di hutan.

Meskipun pengetahuan untuk dapat bertahan hidup di alam liar tidak terlihat penting, sebenarnya itu sangat dibutuhkan oleh semua orang karena tidak ada manusia yang dapat memprediksi apa yang akan terjadi padanya di masa depan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Pengetahuan itu mungkin tidak berguna saat ini, tapi mungkin dapat menyelamatkan hidup kita dan orang-orang terkasih kita di masa depan.

Buku Yang Mengulas Cara Bertahan Hidup

Demi memberikan pengetahuan baru bagi semua orang, khususnya anak-anak, penerbit Elex Media Komputindo telah menerbitkan buku ‘Why? Survival Science – Ilmu Bertahan Hidup’.

Buku ini menyajikan pengetahuan-pengetahuan tentang bertahan hidup di alam liar seperti apa hal pertama yang harus dilakukan saat terdampar di pulau tak berpenghuni, bagaimana cara mencari air untuk diminum, bagaimana cara membuat api, dan lain-lain, sampai tiba saatnya ada bantuan yang datang untuk menyelamatkan kita.

Buku ‘Why? Survival Science – Ilmu Bertahan Hidup’ telah diterbiatkan sejak tahun 2020 tahun lalu, tapi sampai saat ini masih beberapa kali menjadi buku dengan penjualan terbaik untuk kategori komik pendidikan di penerbit Elex Media Komputindo.

Hal ini membuktikan bahwa masa depan yang tidak pasti mengharuskan kita untuk mencari tahu lebih banyak lagi pengetahuan agar kita dapat bertahan hidup.

Buku ini merupakan salah satu buku dari seri ‘Why?’, seri komik pendidikan dengan penjualan terbaik baik di Indonesia maupun di negara asalnya, Korea Selatan.

Meskipun bersifat ilmiah karena membahas tentang sains, buku ini disajikan dalam bentuk komik sehingga anak-anak dapat membacanya dengan santai dan pengetahuan yang ada di dalamnya dapat diserap dengan mudah.

Pengalaman dan ilmu pengetahuan memang harus ditanamkan pada anak-anak sejak dini, khususnya ilmu pengetahuan yang didapatkan di luar pembelajaran formal di sekolah.

Seri komik pendidikan ini dapat membantu mereka agar tumbuh menjadi anak yang pintar dan memiliki wawasan luas.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com