7 Jenis Orientasi dari Berbagai Bidang Beserta Fungsi Diadakannya

Lihat Foto
Photo by Ivan Samkov on Pexels
jenis orientasi
Rujukan artikel ini:
Manajemen Pendidikan & Pelatihan
Pengarang: A Rusdiana
|
Editor: Rahmad

Orientasi jadi salah satu konsep yang luas dan dapat diterapkan dalam berbagai bidang. Yuk, kenali apa saja jenis-jenis orientasi dari berbagai bidang agar kamu mudah beradaptasi dalam berbagai kondisi.

Jenis-jenis Orientasi

Berikut ini jenis-jenis orientasi beserta penjelasannya.

1. Orientasi Pendidikan

2. Orientasi Profesional

Buku Manajemen Pendidikan & Pelatihan yang ditulis A Rusdi ini membahas lebih lengkap tentang orientasi untuk keprofesionalan, terutama di tempat kerja. Nah, buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com ya!

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Orientasi Bisnis dan Pemasaran

4. Orientasi Sosial

5. Orientasi Teknologi

6. Orientasi Kesehatan

7. Orientasi Budaya

Orientasi budaya mengacu pada pandangan, nilai-nilai, dan perilaku yang tercermin dari suatu kelompok masyarakat atau komunitas tertentu. Berikut adalah beberapa jenis orientasi budaya yang umum:

Fokusnya mendorong solidaritas kelompok, kerja sama tim, dan harmoni sosial. Kolektivistik cenderung berpusat pada "kami" dan "kita" daripada "saya."

Fokusnya mendorong hubungan saling menghormati antara kelompok budaya yang berbeda dan berusaha meminimalkan konflik karena perbedaan.

Nah, itulah jenis-jenis orientasi dari berbagai bidang. Banyak bidang yang memiliki banyak jenis orientasi yang saling terkait, dan beberapa orientasi mungkin juga berlaku untuk berbagai bidang secara bersamaan.

TAG:

Terkini
Lihat Semua
Jelajahi