Ternyata Gampang! Ini 5 Tips Jago Matematika

Lihat Foto
Sumber Gambar : pexels.com
Rujukan artikel ini:
Super Complete Rumus Matematika Sma…
Pengarang: TIM GURU INSPIRATIF
Penulis Lika Purnama
|
Editor: Novia Putri Anindhita

Sudah sejak lama matematika menjadi mata pelajaran yang paling menakutkan di antara yang lainnya.

Dalam satu kelas, mungkin hanya sedikit yang benar-benar bisa menyukai matematika dan sangat menikmati dalam menyelesaikan setiap soalnya.

Sayangnya, matematika tidak dapat dihindari, ini merupakan salah satu subjek wajib yang harus kita hadapi.

Oleh sebab itu, dibutuhkan trik dan cara-cara khusus agar belajar matematika tidak sesulit kelihatannya. Penasaran? Yuk simak tipsnya!

5 Tips Jago Matematika

1. Bangun Fondasi Pemahaman dengan Mulai dari Dasar

Topik dan rumus dalam matematika seringkali berurutan.

Oleh sebab itu, sejak di bangku sekolah dasar, guru mengajarkan kita mulai dari cara menjumlahkan bilangan, mengurangi, mengalikan satu bilangan dengan yang lain dan membaginya.

Empat operasi hitung tersebut merupakan dasar fondasi bagi kita untuk mengerti topik-topik yang lebih kompleks lagi seperti aljabar, trigonometri, dan kalkulus.

Seperti efek beruntun, jika kita tidak mengerti cara menjumlahkan atau membagi bilangan, pasti kita akan kesulitan ketika mengerjakan soal aljabar.

Sedangkan tanpa memiliki pemahaman mendalam pada aljabar dan trigonometri, kita juga tidak dapat mengerjakan kalkulus.

2. Pahami Konsep

Sebagai subyek yang berurutan seperti yang dijelaskan pada poin pertama, cara terbaik menghadapi matematika justru bukan dengan cara menghafal rumus, atau menghafal cara pengerjaan suatu soal, melainkan dengan memahami konsepnya.

Penelitian yang dilakukan oleh Cognitive Science Society membuktikan bahwa siswa yang mampu memahami konsep suatu soal dan logikanya, jauh lebih unggul daripada siswa yang hanya menghafal rumusnya saja.

Sebab, dalam suatu rumus bisa dibuat menjadi begitu banyak model soal dan masalah yang berbeda, sehingga menghafal rumus tanpa mengerti konsep dan logika pemecahan masalahnya akan sia-sia.

3. Buat Jadwal dan Tujuan Belajar

Belajar yang efektif tidak hanya berdasarkan seberapa banyak buku yang kita baca atau seberapa banyak soal yang kita kerjakan, melainkan seberapa banyak hal tersebut bisa kita pahami.

Untuk membuat belajar lebih efektif, buatlah jadwal belajar yang tertata, misalnya jadwal harian atau mingguan.

Selain itu, tentukan juga tujuan atau goal yang ingin kamu capai.

Sebab dengan jadwal dan tujuan yang jelas akan membuatmu lebih terarah dan tidak menghabiskan energi sia-sia.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Perbanyak Mengerjakan Soal

Practice makes perfect, kita bisa menjadi lebih baik jika setiap harinya selalu banyak berlatih.

Dalam belajar matematika, banyak berlatih mengerjakan soal akan membuat kita semakin terbiasa dengan konsep-konsep yang ada dengan berbagai wujud soalnya.

Kamu dapat mencari soal-soal yang ada di internet, atau dengan mengerjakan soal-soal di buku latihan.

5. Belajar dari Kesalahan

Nah, jika dari setiap latihan masih banyak kesalahan, jangan sedih, justru jadikan kesalahan itu sebagai bahan evaluasi agar kamu lebih baik lagi setelah itu.

Jangan malu untuk bertanya kepada guru atau teman yang lain ketika merasa kesulitan, sebab dari diskusi-diskusi ringan tersebut, ide dan pemahaman akan semakin banyak kamu dapatkan.

Nah, sebagai bahan latihan juga tambahan bacaan, buku-buku berikut ini mungkin dapat kamu coba.

Rekomendasi Buku Belajar Matematika

1. Super Complete Rumus Matematika SMA 10,11,12 – Tim Guru Inspiratif

Jika kamu adalah seorang siswa SMA yang ingin jago matematika, buku ini layak untuk kamu jadikan salah satu sumber belajar.

Disusun berdasarkan kurikulum terbaru, buku ini dilengkapi tidak hanya dengan rumus-rumus, namun juga materi dan beragam contoh soal beserta pembahasannya yang ringkas dan sistematis.

Ukuran buku yang didesain pas dengan genggaman menjadikannya praktis dan dapat kamu bawa kemana saja jika bosan belajar di rumah.

Selain cocok untuk belajar mendalami matematika sehari-hari, buku ini juga sangat pas untuk kamu gunakan sebagai persiapan menghadapi ujian.

2. Master Trick ala Bimbel Matematika SMA – Tim Tentor Master

Ingin jago trik-trik yang diajarkan di bimbel tapi tidak ingin mengeluarkan banyak biaya? Atau sudah memasuki tahun terakhir di SMA tapi masih belum memahami matematika? Buku ini bisa jadi solusinya.

Soal-soal yang terdapat dalam buku ini merupakan kumpulan soal-soal ujian nasional, SBMPTN, SIMAK UI, UM UGM, dan juga dari buku-buku materi lain yang akan membantu kamu supaya terbiasa menghadapi soal dengan tingkat kesulitan tinggi.

Buku ini lengkap dengan soal dan pembahasan yang sesuai dengan kurikulum terbaru.

Selain itu, terdapat banyak trik dan cara cepat mengerjakan soal matematika dengan mudah tanpa harus mengikuti bimbel.

3. Kamus Matematika – Mugy Mustamat

Terkadang kesulitan terbesar dari belajar matematika adalah memahami istilah-istilahnya yang sangat banyak dan kompleks.

Buku Kamus Matematika ini berisi beragam istilah-istilah tentang matematika yang dirangkum dengan ringkas dan mudah dipahami sehingga dapat menunjang belajar menjadi lebih mudah.

Itu dia 5 tips jago matematika beserta rekomendasi buku untuk latihan. Kunjungi laman Gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku tersebut secara online dan raih penawaran menarik. Selamat mencoba!

TAG:

Terkini
Lihat Semua
Jelajahi