Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Intip Peluang Bisnis Catering yang Bisa Menghasilkan Cuan

Kompas.com - 01/02/2022, 11:09 WIB
Sumber Foto: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
70 Resep Easy Cook -…
Pengarang: Yunita Anwar
|
Editor Novia Putri Anindhita

Kondisi yang tidak pasti dan tidak menentu mendorong banyak orang untuk mencari peluang usaha agar dapat bertahan hidup di tengah tuntutan serta tekanan kehidupan yang rasanya semakin mencekik.

Banyak sekali peluang usaha yang bisa dicoba dengan potensi keuntungan yang menggiurkan, serta prospek di masa depannya pun terlihat cerah dan menjanjikan, salah satunya adalah bisnis catering yang memang menjadi kebutuhan sehari-hari setiap orang, yaitu makan.

Peluang usaha catering bisa dibilang tidak akan pernah mati sebab setiap manusia pastinya membutuhkan makanan untuk mengisi asupan gizi ke dalam tubuh, dan bisnis catering menyediakan solusi itu untuk semua orang yang membutuhkan makanan.

Bisnis catering pun banyak rupa dan jenisnya yang bisa disesuaikan tergantung situasi, kondisi, dan peluang yang tampak, sehingga kamu bisa merencanakannya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memasuki dunia bisnis catering.

Pastinya, banyak hal yang perlu kamu pelajari dan siapkan sebelum membuka bisnis catering agar tidak salah langkah serta bisnis catering yang kamu jalankan pun jelas arahnya mau dibawa ke mana.

Daripada bingung mengenai ide bisnis catering apa yang cocok, simak cara berikut ini untuk membuka usaha catering yang dijamin akan menghasilkan cuan yang menjanjikan.

5 Cara Membuka Bisnis Catering

1. Melakukan Riset Pasar dan Konsumen

Sebelum memutuskan untuk memulai bisnis catering, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah meriset pasar dan apa yang konsumen inginkan agar target market bisnis catering yang akan kamu jalankan nantinya mampu menangkap peluang pasar yang ada.

Cari referensi atau tren apa saja yang tengah populer di masyarakat tentang selera mereka terhadap makanan, seperti catering makanan sehat, catering khusus diet, catering menu makanan anak-anak, atau catering untuk makan siang pegawai kantoran.

Riset yang dilakukan tidak hanya tertuju pada konsumen, tapi kamu juga harus melakukan riset untuk kompetitor, sehingga kamu tahu apa yang harus dilakukan, mulai dari menentukan harga, cara promosi, hingga jumlah variasi makanan yang akan ditawarkan.

2. Mencari Nama Merek

Tentukan nama brand yang akan kamu pakai untuk bisnis catering yang akan dijalankan, sehingga bisnis catering kamu akan dengan mudah dapat melekat dan diingat dalam benak konsumen.

Cari nama merek yang sesuai dengan karakter bisnis catering kamu agar konsumen mudah untuk mencari dan memesan produk catering yang kamu tawarkan.

Usahakan untuk mencari nama yang mudah diingat, tapi juga enak didengar agar konsumen bisa dengan mudah membedakan bisnis catering yang kamu jalankan dengan pesaing.

3. Menentukan Menu Makanan dan Mencari Supplier Bahan Makanan yang Berkualitas

Setelah target pasar dan nama brand ditentukan, step selanjutnya adalah menentukan menu makanan apa saja yang akan ada dalam paket catering yang ditawarkan agar konsumen dapat memilih beragam jenis menu yang ada.

Usahakan untuk melakukan trials and errors untuk mencoba berbagai resep yang ada agar menu kamu bisa memiliki kualitas rasa yang sedap di lidah dan enak dipandang, untuk bisa menjadi menu catering favorit pelanggan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Cari juga supplier bahan baku menu yang akan kamu buat dengan kualitas bahan yang bersih, baik, dan terjamin, agar kualitas makanan yang kamu sajikan di dalam menu catering tidak mengecewakan pelanggan.

4. Siapkan Modal dan Hitung Apa Saja yang Kamu Butuhkan

Setelah semua siap, siapkan hal yang paling penting, yaitu modal untuk memulai bisnis catering, karena tanpa adanya modal bisnis catering yang kamu inginkan tidak dapat berjalan.

Hitung jumlah total modal yang kamu perlukan untuk membangun sebuah bisnis catering, mulai dari bahan baku, peralatan memasak, tempat, hingga pegawai yang dibutuhkan untuk menambah efisiensi waktu.

Rencanakan secara matang dan terstruktur semua detail bisnis catering kamu agar tidak ada satu hal pun yang tertinggal saat akan menyiapkan modal usaha.

5. Melakukan Promosi Usaha

Setelah semua siap dan rampung, kini saatnya untuk kamu melakukan promosi bisnis catering yang kamu jalankan dengan cara promosi yang efektif dan tepat.

Cari bentuk atau media promosi yang dirasa paling pas dan efektif untuk menjangkau konsumen, entah itu dengan cara memberi harga diskon, bonus, atau sampel makanan yang bisa dicoba secara gratis.

Manfaatkan juga kehadiran media sosial sebagai alat promosi bisnis catering kamu agar bisa menjangkau seluruh pelosok dan kalangan konsumen.

Semoga kelima cara memulai bisnis catering di atas dapat membantu kamu dalam menjalankan bisnis ini.

Jika kamu masih merasa bingung untuk mencari ide menu makanan untuk bisnis catering, buku yang satu ini bisa menjadi solusinya.

Buku 70 Resep Easy Cook – Praktis, Halal, Non-Msg yang ditulis oleh Yunita Anwar akan memberikan inspirasi ide menu makanan catering yang pastinya mudah untuk dibuat.

Buku ini akan memberikan berbagai jenis resep masakan rumahan yang pastinya akan sangat cocok untuk lidah orang Indonesia, mulai dari Indonesian Food, Asian Food, hingga Western Food.

Bervariasinya berbagai menu yang ada di buku ini akan membuat jenis masakan yang kamu tawarkan di bisnis catering tidak membosankan dan banyak pilihan yang bisa dibuat.

Buku resep masakan ini sudah bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com