Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melirik Peluang di Genre Fiksi Thriller Indonesia

Kompas.com - 19/01/2022, 12:25 WIB
Dok: Gramedia
Rujukan artikel ini:
Katarsis
Pengarang: Anastasia Aemilia
|
Editor Ratih Widiastuty

Jakarta, 18 Januari 2021 — Novel Katarsis karya Anastasia Aemilia kembali menjadi perbincangan warganet. Momen ini berlangsung setelah akun abbasarap.id menyampaikan informasi pembelian hak adaptasi novel ini lewat Instagram. Perbincangan ini sekaligus memperlihatkan kepada publik mengenai minat pembaca terhadap novel thriller di Indonesia.

Animo Novel Katarsis Yang Menjadi Buah Bibir di Beberapa Negara

“Walaupun diterbitkan pada 2013, antusiasme dan permintaan terhadap Katarsis masih ada sampai hari ini. Tahun lalu, novel ini menang di penghargaan komunitas ScarletPenAwards 2020, ditambah unggahan pesohor yang memperlihatkan dirinya sedang membaca novel ini ikut berperan membuat novel ini terus dibicarakan,” tutur Dionisius Wisnu, Public Relations Gramedia Pustaka Utama.

Untuk penyegaran dan guna mendapatkan pembaca baru, Katarsis telah dicetak ulang dengan sampul baru pada tahun 2019. Edisi bahasa Inggris juga sudah diterbitkan untuk menjangkau pasar berbeda, menambah terbitan novel Katarsis bahasa asing yaitu bahasa Melayu setelah penerbit Fixi di Malaysia membeli hak terjemahannya. Tidak berhenti di situ, pada tahun 2021 lalu, Screenplay Production resmi membeli lisensi novel Katarsis, untuk dikembangkan menjadi film atau drama seri.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Peluang Novel Thriller di Indonesia

“Peluang untuk menerbitkan novel thriller dengan tema lokalitas Indonesia masih terbuka luas, terutama karena belum banyak penulis lokal yang melirik genre ini. Data yang dimiliki Gramedia Pustaka Utama (GPU) memperlihatkan bahwa dari 25 novel bergenre horor, misteri atau thriller yang terbit tahun 2021, hanya lima judul yang merupakan karya penulis Indonesia,” tambah Wisnu.

Selain peran penerbit, dukungan pembaca, komunitas, hingga pelaksana alih wahana sangat krusial untuk mengembangkan genre horor, misteri, atau thriller lokal Indonesia. Jika berbagai pihak terkait ini dapat bersinergi dengan baik, bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun ke depan karya-karya penulis lokal di genre ini akan bersinar di negeri sendiri.

Novel Katarsis bisa didapatkan di Gramedia.com. Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya. (Wisnu/GPU)

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com