Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angin Segar untuk Para Pejuang Skripsi

Kompas.com - 28/03/2023, 13:00 WIB
 Buku Sukses Sidang Skripsi  Sumber Gambar: Dok. Gramedia Widiasarana Indonesia Buku Sukses Sidang Skripsi 
Rujukan artikel ini:
Sukses Sidang Skripsi (S3)
Pengarang: Ezra Alfatah
|
Editor Puteri

Apa yang kamu bayangkan ketika mendengar kata “skripsi”? Sudah pasti kebanyakan orang memikirkan sebuah ritual menyeramkan untuk mendapatkan gelar sarjana.

Bagaimana tidak, rangkaian demi rangkaian yang harus dilalui tak sedikit menguras banyak energi, waktu, biaya, dan mungkin sampai menguras air mata, mulai dari mencari judul skripsi, melakukan penelitian atau riset, menemui dosen pembimbing, menyusun skripsi, sampai menghadapi sidang skripsi.

Tak jarang mahasiswa dibuat menyerah, frustrasi, stres, bahkan bisa berhenti di tengah jalan.

Lalu, apa benar sidang skripsi semenyeramkan itu? Tentu itu hanyalah selintas pikir yang belum tentu terjadi saat menghadapinya.

Meski banyak hal yang perlu kamu persiapkan dan lakukan, tetapi jika kamu menjalaninya sesuai dengan aturan yang benar, tentu sidang skripsi tidak semenyeramkan seperti yang kamu pikirkan.

Jika kamu bagian dari pejuang-pejuang skripsi, berikut hal-hal yang menjadi angin segar yang perlu kamu ketahui agar sidang skripsi kamu sukses.

1. Persiapan Wajib sebelum Sidang Skripsi

Untuk mendapatkan hasil sidang skripsi yang memuaskan, kamu perlu mempersiapkan sidang dengan matang.

Namun, banyak mahasiswa yang masih kebingungan apa saja yang perlu dipersiapkan dan harus memulainya dari mana.

Hal-hal yang perlu kamu persiapkan adalah segala berkas sidang, mulai dari segala bentuk administrasi, surat permohonan sidang, sampai skripsi yang sudah di-acc oleh pembimbing.

Selain itu, kamu juga perlu mengonfirmasi jadwal sidang kepada dosen pembimbing, menandai hal-hal penting dalam isi skripsi, mengecek kembali kesalahan skripsi, mempersiapkan slide presentasi yang menarik, melakukan simulasi sidang skripsi, dan tak kalah penting adalah menjaga kesehatan.

2. Kumpulan Pertanyaan Dosen Penguji

Hal yang paling ditakuti oleh mahasiswa saat sidang skripsi adalah pertanyaan yang akan diajukan oleh dosen penguji.

Mahasiswa pasti akan membayangkan pertanyaan-pertanyaan sulit yang tidak bisa mereka jawab.

Namun, kamu perlu tahu terkait pertanyaan-pertanyaan dosen penguji yang dibagi dalam tiga kategori, yaitu pertanyaan yang berkaitan dengan isi skripsi, pertanyaan yang berkaitan dengan mata kuliah, dan juga pertanyaan jebakan.

Sebagai mahasiswa, kamu tidak akan tahu pertanyaan mana yang dosen penguji akan ajukan.

Maka, mempelajari isi skripsi dengan baik menjadi salah satu kunci untuk menghadapi setiap pertanyaan dosen penguji.

Selagi kamu mengerjakan skripsimu sendiri secara sungguh-sungguh tanpa menggunakan jasa joki skripsi, kamu akan mampu menjawab segala pertanyaan dosen dari ketiga kategori pertanyaan tersebut.

3. Kunci Percaya Diri saat Presentasi Sidang Skripsi

Salah satu hal yang juga sulit dilakukan adalah ketika presentasi di depan umum.

Mungkin ada beberapa dari kamu yang sering mengalami demam panggung atau panic attack saat berbicara di depan orang banyak yang akhirnya semua yang sudah kamu pelajari buyar seketika.

Namun, bukan berarti memiliki rasa percaya diri saat melakukan presentasi tidak bisa dipelajari.

Untuk melatih percaya diri, kamu bisa melatih pola pikir menjadi lebih positif dengan cara memikirkan bahwa “tidak ada yang salah dalam isi skripsi kamu selama kamu sudah melalui proses bimbingan dengan baik” serta mengeluarkan energi grogi kamu dengan cara mengatur napas sebelum memulai sidang.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Selain itu, kamu bisa melakukan latihan presentasi jauh sebelum jadwal skripsi kamu, idealnya 5–7 hari sebelum sidang.

Kamu bisa meminta bantuan teman kamu untuk mendengarkan presentasi kamu dan mintalah masukan dari mereka sekaligus meminta mereka bertanya terkait isi skripsi kamu untuk melatih kamu menjawab pertanyaan.

Namun, sebelum melakukan latihan sidang, salah satu tips yang bisa kamu lakukan supaya presentasi kamu lancar adalah kamu bisa mencatat kalimat apa yang akan kamu bicarakan saat pembukaan, isi presentasi, dan penutup sidang di dalam sebuah kertas yang nantinya bisa kamu baca berulang-ulang tanpa harus kamu membuka-buka atau membawa-bawa skripsi kamu.

Cara tersebut dianggap membantu karena apa yang sudah kamu baca berulang kali akan terekam dengan baik di pikiran kamu.

4. Mengatasi Overthinking sebelum Sidang Skripsi

Overthinking atau berpikir berlebihan kerap kali menyerang malam-malam mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi.

Overthinking sering muncul ketika kamu memikirkan kemungkinan terburuk yang akan terjadi selama sidang berlangsung, seperti gagal menjawab pertanyaan dosen penguji, grogi saat presentasi, mendapat nilai jelek, sampai tidak lulus sidang skripsi.

Memikirkan kemungkinan terburuk yang akan terjadi memang penting agar kamu dapat antisipasi menghadapi hal tersebut dengan mempersiapkan sidang sebaik mungkin.

Akan tetapi, jika berlebihan, hal tesebut tidaklah baik karena apa yang kamu pikirkan secara berlebihan itu mungkin saja tidak terjadi.

Alhasil, waktu yang seharusnya kamu gunakan untuk mempersiapkan sidang malah kamu habiskan untuk overthinking dan membuatmu cemas berlebihan.

Untuk mengurangi overthinking, kamu perlu menyadari bahwa ada hal-hal yang bisa kamu kendalikan dan ada hal-hal di luar kendali kamu.

Hal yang bisa kamu kendalikan adalah mempelajari isi skripsi kamu, memaksimalkan persiapan, mengatur emosi kamu, dan berlatih.

Sedangkan, hal-hal di luar kendali kamu adalah pertanyaan dosen penguji serta penilaian dosen penguji terhadap isi dan sidang skripsi kamu.

Akan tetapi, yang perlu kamu ingat adalah jika kamu sudah berusaha maksimal dan persiapan kamu matang, apa pun yang kamu hadapi nanti saat sidang, kamu akan mampu melewatinya dengan baik dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Begitupun sebaliknya, jika persiapan kamu sekadarnya, nilai yang kamu dapatkan pun secukupnya.

Maka, fokus pada hal-hal yang bisa kamu kendalikan, percaya bahwa kamu bisa melakukan yang terbaik saat mengerjakan skripsi dan sidang skripsi, serta singkirkan kemungkinan buruk yang akan merusak semangat kamu menghadapi sidang skripsi.

Saat ini, kamu tidak perlu lagi merasa khawatir mengerjakan skripsi dan menghadapi sidang skripsi karena buku Sukses Sidang Skripsi karya Ezra Alfatah (@ezraalfatah) yang diterbitkan oleh Penerbit Grasindo dapat menjadi buku pegangan kamu selama mengerjakan skripsi.

Di dalam buku itu dikupas lengkap terkait kiat-kiat menghadapi sidang skripsi, mulai dari apa yang harus persiapkan, bocoran penilaian sidang skripsi, kumpulan pertanyaan dosen penguji, overthinking saat mengerjakan skripsi, sampai bagaimana cara melatih agar percaya diri saat sidang skripsi.

Membaca buku ini serasa kamu sedang melakukan bimbingan skripsi.

Selamat membaca dan semoga kamu Sukses Sidang Skripsi...

Dapatkan segera bukunya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com