Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Melancarkan Rezeki yang Bisa Kamu Praktikkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Kompas.com - 30/11/2021, 14:00 WIB
Sumber Foto : Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Rahasia Magnet Rezeki
Pengarang: H. Nasrullah, S. Si,…
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Dalam Islam, ada 3 perkara yang sudah diatur oleh Allah SWT sejak manusia berada dalam kandungan, yaitu rezeki, jodoh, dan maut.

Meskipun sudah diatur sejak awal, manusia tetap boleh mencoba untuk berusaha yang terbaik, selama usaha yang dilakukannya tidak melewati batasan yang dilarang oleh agama.

Perkara rezeki adalah salah satu perkara yang harus kita upayakan dalam hidup, walaupun Allah SWT sendiri sudah menjaminnya.

Karena pada kenyataannya, tidak semua manusia terlahir di keluarga yang ekonominya stabil, masih banyak dari kita yang harus bekerja keras untuk mendapatkan rezeki demi bisa memiliki kehidupan yang lebih layak.

Nabi Muhammad SAW juga mengingfatkan kepada umatnya untuk selalu bekerja keras dan menghindari kemiskinan, karena kemiskinan bisa menjadi salah satu alasan terbesar manusia untuk berjalan di jalan kemaksiatan.

Jika kita menonton tayangan berita di televisi atau membaca sebuah artikel di internet, masih banyak sekali manusia yang terpaksa harus melakukan suatu kejahatan demi memenuhi dan memperbaiki kondisi ekonominya.

Berbeda saat kita memiliki rezeki yang berlimpah, kita bisa dengan mudah membantu sesama dan bisa membahagiakan orang-orang di sekitar kita.

Sebenarnya pintu rezeki bisa kita cari dimana saja, tapi jalan menuju ke pintu itu tidak semudah yang dibayangkan.

Kita harus berusaha keras untuk bisa melewati bukit yang terjal sebelum nanti akhirnya berhasil mencapai puncaknya.

Tapi jika diingat, ada pepatah yang mengatakan bahwa “dibalik kesulitan, pasti ada kemudahan”, dan kalimat ini juga berlaku pada perkara rezeki.

Ada banyak sekali cara yang bisa ditempuh untuk membantu memperlancar peluang kita dalam membuka pintu-pintu rezeki.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.


Baca juga: Feng Shui Rumah


Tips Melancarkan Rezeki

1. Memperbanyak Istighfar dan Taubat

Jika kita ingin mendapatkan keridhaan Allah SWT dalam mencari rezeki, ada baiknya kita lebih dulu menyadari setiap kesalahan yang sudah kita perbuat, dan bertaubat untuk meminta ampunan-Nya, serta berjanji untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Karena secerdas apapun kita sebagai manusia, tidak akan mampu mengetahui dan menghitung seberapa banyak kekhilafan yang sudah kita perbuat dalam sehari.

Kalimat istigfar adalah kalimat yang bisa membantu menghapus dosa-dosa yang menjadi penghalang terkabulnya doa-doa kita.

Semakin sering kita mengucap istigfar, maka akan semakin dekat pula kita kepada Allah Swt, sang pemberi rezeki yang utama.

2. Meningkatkan Ketakwaan

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT, seperti:

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

  • Memperbaiki Salat

Salat adalah salah satu cara kita untuk bisa berkomunikasi langsung dengan Allah SWT, oleh karena itu memperbaiki salat adalah hal utama yang bisa dilakukan untuk meningkatkan ketakwaan.

Yang harus diperbaiki bukan hanya jadwal salatnya saja, tapi kita juga harus berusaha untuk khusyuk dan fokus saat sedang sembahyang, supaya apa yang menjadi doa dan keinginan kita bisa segera dikabulkan.

  • Membaca Al-Qur’an

Al-Qur’an adalah sebaik-baiknya petunjuk bagi manusia, dengan membaca dan mengamalkan pesannya ke dalam kehidupan sehari-hari, bisa membantu kita untuk meningkatkan iman dan takwa kita kepada Allah SWT.

  • Berkumpul dengan Orang-Orang Shaleh

Sering kita mendengar bahwa orang yang dekat dengan kita adalah cerminan dari diri kita. Oleh karena itu, Islam menganjurkan kita untuk berteman dengan orang-orang yang shaleh, supaya kita bisa ikut termotivasi dan semangat dalam menjalankan perintah-Nya.

3. Bersedekah

Sebagian harta yang kita miliki, seberapapun besarnya, adalah hak milik orang lain yang membutuhkan.

Saat kita ikhlas dalam bersedekah, Allah SWT juga akan menggantikan harta yang disedekahkan tersebut dengan rezeki yang jauh berkali-kali lipat lebih berharga dari jumlah harta yang sudah kita sedekahkan sebelumnya. Baca selengkapnya Resensi Buku Rahasia Magnet Rezeki.

4. Menjaga Tali Silaturahmi

Sejatinya manusia adalah makhluk sosial, yang tidak bisa berdiri sendiri dan membutuhkan bantuan orang lain.

Dengan begitu, silaturahmi adalah salah satu hal penting yang bisa kita lakukan untuk menjaga persaudaraan, sekaligus sebagai alasan pembuka pintu rezeki lainnya.

5. Membantu Orang yang Kesulitan

Bantuan tidak harus melalui uang atau materi, saat kita memiliki suatu keahlian khusus, kita bisa membantu orang lain yang sedang dalam kesulitan.

Karena saat kita membantu orang yang kesulitan, maka disitulah Allah SWT juga akan mengirim orang lain untuk membantu hidup kita.

Selain kelima cara diatas, masih ada banyak cara dan usaha untuk memperlancar rezeki yang bisa kita praktikkan dalam keseharian.

Salah satu buku mengenai cara memperlancar rezeki yang bisa kamu baca adalah buku Rahasia Magnet Rezeki yang ditulis oleh Nasrullah.

Dalam buku Rahasia Magnet Rezeki, Nasrullah membagikan pengalaman hidupnya.

Ia menceritakan bagaimana usaha dan doa yang dilakukannya bisa berbuah manis, dan membuatnya sering mendapatkan rezeki di waktu yang tidak terduga.

Setelah kamu membaca buku ini, kamu akan menyadari bahwa dalam hidup manusia tidak pernah benar-benar kehabisan rezeki.

Saat kita merasa kurang dan meminta pertolongan, Allah SWT sebenarnya sedang menyiapkan sesuatu yang terbaik untuk kita, dan akan memberikan rezekinya di waktu yang tepat.

Kisah-kisah inspiratif yang ada dalam buku ini dijamin bisa menambah semangatmu dalam berjuang mencari rezeki, sekaligus menambah ketakwaanmu kepada Allah SWT.

Buku Rahasia Magnet Rezeki bisa kamu beli di laman Gramedia.com atau Gramedia digital.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com