Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Mimpi Aneh? Ini Arti dan Penyebabnya

Kompas.com - 28/11/2022, 20:30 WIB
mimpi aneh Photo by magwood_photography on Pixabay mimpi aneh
Rujukan artikel ini:
Tafsir Arti Mimpi Edisi Lengkap&Terupdate
Pengarang: Himatu Mardiah Rosana
|
Editor Rahmad

Apakah kamu pernah mimpi aneh? Beberapa orang mungkin menganggap itu aneh karena melanggar logika atau tidak sesuai dengan kenyataan. Namun dibalik itu semua bisa jadi ada arti dari mimpi aneh tersebut, baik itu pertanda buruk atau justru pertanda baik.

Contohnya mimpi terbang, atau jika kamu perempuan yang belum menikah tapi mimpi hamil. Lalu, apa arti mimpi hamil tersebut? Apakah pertanda baik atau justru sebaliknya? Ternyata sering mimpi aneh juga sering disebabkan oleh beberapa hal, baik secara fisik atau psikis dari kebiasaanmu.

Arti Mimpi Aneh

Berikut ini beberapa mimpi aneh yang mungkin kamu alami dan penafsirannya, baik secara Islam maupun primbon dan budaya yang ada di Indonesia:

1. Arti Mimpi Alien

Keberadaan alien tentu masih jadi perdebatan dan banyak orang tidak percaya. Jadi, wajar jika kamu mimpi alien adalah salah satu mimpi aneh yang bisa saja memiliki arti. Tafsir mimpi tentang alien ini adalah pertanda yang kurang baik karena kamu akan dihadapkan pada situasi sulit.

Hal ini termasuk dalam hal percintaan atau pertemanan, sehingga kamu disarankan untuk waspada. Mimpi aneh ini juga bisa disebabkan ketika kamu sedang dalam kondisi khawatir pada sesuatu alasan lainnya.

2. Arti Mimpi Berada di Kotak Kosong

Mimpi berada dalam kotak kosong mungkin akan membuatmu sedikit khawatir dan merasa aneh. Seperti berada dalam ruangan kotak yang kosong tanpa ada barang sama sekali yang bisa berarti kamu lahir dengan bakat.

Kotak kosong tersebut menyimbolkan kalau kamu bisa bertahan hidup dan menyelesaikan seluruh permasalahan yang dihadapi. Jadi, arti mimpi dalam kotak sosong ini bisa menjadi pertanda baik tentang dirimu.

3. Arti Mimpi Terbang

Terbang tentu jadi hal aneh bagi manusia karena mustahil baginya untuk terbang sendiri tanpa alat apapun. Namun, hal ini mungkin saja terjadi dalam mimpi yang ada dalam alam bawah sadar kita. Arti mimpi terbang ini bisa menjadi pertanda baik karena kamu akan segera menyelesaikan masalah. Bahkan, dengan cara yang mudah sekalipun.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir dan cemas dengan masalah yang sedang kamu hadapi. Terbang jadi simbol kebebasan, sehingga membuat bebanmu hilang dan hidupmu akan terasa lebih ringan.

4. Arti Mimpi Hamil

Meskipun kehamilan ada dalam dunia nyata, tetapi situasi ini akan sangat aneh dalam mimpi jika pada kondisi tertentu. Contohnya jika kamu adalah perempuan belum menikah. Arti mimpi hamil ini bisa jadi pertanda baik sekaligus juga buruk.

Misalnya, kamu mungkin akan mendapat kabar kehamilan dari orang-orang terdekat, memiliki peluang baru, mengalami perubahan hidup atau kabar buruk seperti pertanda kemungkinan keguguran dan kelelahan atau kondisi tubuhmu yang buruk.

5. Arti Mimpi Kencing di Tempat Umum

Ini tentu jadi hal aneh dan memalukan jika benar-benar terjadi dalam kehidupan nyata. Namun, hal ini bisa terjadi dalam mimpi, dan artinya kamu mungkin sangat ingin melepaskan kepenatan dalam hidupmu yang terlalu menyesakan.

6. Arti Mimpi Berjalan Lambat

Jika kamu merasa kesulitan berjalan dan sangat lambat saat dalam mimpi, kemungkinan kamu sedang dalam kondisi tertahan oleh suatu hal. Artinya, kehidupan nyatamu mungkin terasa berat dan melelahkan dan hal itu terbawa sampai alam bawah sadar.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

7. Arti Mimpi Gagal Menikah

Ini tentu jadi mimpi yang menakutkan bagi sebagian orang. Namun, arti mimpi gagal menikah justru memberi pertanda baik untukmu bahwa akan ada hal baik yang akan datang.

8. Arti Mimpi Kesurupan

Mimpi kesurupan tentu sangat aneh jika terjadi dalam bunga tidurmu. Namun, arti mimpi kesurupan juga bisa jadi pertanda baik. Jika kamu mimpi diri sendiri yang kesurupan bisa jadi pertanda akan dapat keberuntungan besar.

Berdasarkan primbon Jawa, keberuntungan ini bisa dalam bentuk asmara, keuangan, atau tentang pekerjaan. Kamu mungkin merasa kaget jika mimpi kesurupan, baik merasa ketakutan atau cemas, namun ini bisa jadi pertanda baik untukmu.

Penyebab Sering Mimpi Aneh

Terlepas dari pertanda baik atau buruk, kamu mungkin akan berada dalam kondisi yang tidak nyaman setelah bermimpi aneh. Apalagi kamu sering mimpi aneh-aneh dan sangat random. Dalam praktiknya, ada penyebab yang membuat kamu sering mimpi aneh seperti berikut ini:

1. Sedang Dalam Proses Informasi Baru

Berdasarkan penelitian, alam bawah sadar kita juga akan ikut berproses jika kamu sedang memperoleh dan memproses informasi baru. Misalnya, jika kamu fokus pada satu hal atau topik sebelum tidur, maka hal ini kemungkinan besar juga akan muncul dalam mimpi.

2. Emosi saat Beraktivitas

Berdasarkan pendapat psikiater Alex Dimitriu, ia mengungkapkan bahwa mimpi adalah terapi diri untuk pikiran. Wajar jika mimpi menggambarkan ingatan, pengalaman, dan perasaan saat tidur. Contohnya tingkat stres yang juga dapat memperjelas mimpi.

3. Perubahan dalam Rutinitas

Rutinitas tentu akan mempengaruhi alam bawah sadar, sehingga wajar saja jika ada perubahan rutinitas, alam bawah sadar juga akan merespon salah satunya dengan bermimpi.

Buku Tafsir Arti Mimpi Edisi Lengkap&Terupdate yang ditulis Himatu Mardiah Rosana bisa kamu jadikan referensi untuk memahami mimpi. Termasuk mimpi aneh yang mungkin kamu alami dan kamu ingin menafsirkannya.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com