Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Dekorasi Hiasan Dinding Kelas SD yang Unik dan Menarik

Kompas.com - 28/11/2022, 13:00 WIB
Hiasan Dinding Kelas SD Sumber Gambar: Freepik.com Hiasan Dinding Kelas SD
Rujukan artikel ini:
Buku Kreasi Anak Cerdas: Gunting,…
Pengarang: Tim BIP
|
Editor Puteri

Hiasan dinding kelas SD selain mampu membuat ruangan menjadi tampak jauh lebih dekoratif, suasana belajar pun akan tambah menyenangkan karena memberikan estetika yang membuat mata dan hati gembira.

Daripada membiarkan dinding kelas kosong melompong dan tampak membosankan, alangkah jauh lebih baik jika didekorasi dengan beberapa kerajinan tangan murid-murid yang tentunya indah dipandang mata.

Melihat ruang kelas yang jauh lebih meriah dengan dekorasi unik dan menarik akan menambah semangat belajar para murid dengan hiburan berupa hiasan di dinding.

Selain belajar, sekolah pun harus mampu mengasah kreativitas para muridnya. Mengajak mereka berkreasi dengan membuat hiasan dinding kelas akan menjadi cara yang tepat dan cermat.

Daripada ruang kelas hanya digantungi foto presiden, wakil presiden, dan gambar Garuda Pancasila, mendekorasinya dengan beberapa kerajinan tangan juga akan menambah rasa nyaman dan betah bagi para murid.

Diskusikan tema atau hiasan dinding seperti apa yang ingin ditempelkan pada ruangan kelas agar semua penghuninya bisa merasa senang ketika menuntut ilmu nantinya.

Ide untuk menghias dinding ini sebenarnya tidak hanya berlaku untuk ruang kelas SD saja, tingkat SMP dan SMA pun bisa mengaplikasikan ide dekorasi ini untuk tempat belajar yang jauh lebih menginspirasi.

Karena kreativitas akan turut serta membantu proses belajar para murid untuk memaksimalkan potensi yang mereka miliki.

Ide dekorasi apa saja yang dapat menjadi hiasan dinding kelas? Berikut 5 dekorasi hiasan dinding kelas yang dapat dicoba.

5 Dekorasi Hiasan Dinding Kelas

1. Dekorasi Hewan dan Tumbuhan dari Prakarya

Ide dekorasi hiasan dinding kelas yang pertama ialah dengan membuat prakarya atau kerajinan tangan bertemakan hewan dan tumbuhan untuk menambah pengetahuan sekaligus mengenalkan murid pada makhluk hidup ciptaan Tuhan lainnya.

Berbagai bahan untuk berkreasi, seperti karton, kertas lipat, hingga kardus bekas sekalipun dapat digunakan sebagai media untuk menciptakan beragam bentuk hewan dan tumbuhan.

Beberapa contoh hewan dan tumbuhan yang bisa dibuat, ialah bunga mawar, pohon, dedaunan, kucing, burung, anjing, gajah, dan lain sebagainya.

Atau beberapa tema tertentu pun yang berhubungan dengan hewan dan tumbuhan bisa dipilih, seperti kehidupan bawah laut, hutan tropis, atau sabana.

2. Dekorasi Hiasan Dinding dengan Kreasi Tulisan

Selain dengan gambar, kita juga bisa menghias dinding kelas dengan beragam tulisan yang tentunya mempunyai makna dan maksud untuk dibaca oleh para murid.

Beberapa ide tulisan yang dapat dikreasikan seperti jadwal piket, jadwal pelajaran, kutipan motivasi, peraturan kelas, atau tugas masing-masing murid.

Tulisan yang dibuat pun dapat dikreasikan sesuai dengan kreativitas masing-masing, sehingga menciptakan momen yang menyenangkan saat mendekorasinya.

Gunakan warna yang cerah dan beragam agar suasana di dalam kelas bisa terasa jauh lebih ceria lagi.

3. Dekorasi Dinding dengan Melukis Gambar Planet di Tata Surya

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Langsung mengaplikasikan ide dan kreativitas di permukaan dinding pun patut dicoba untuk mendekorasi ruang kelas agar tampak jauh lebih menarik.

Tema Tata Surya dapat dipilih sebagai salah satu metode pembelajaran murid untuk mengenal dan menghafal berbagai macam planet yang ada di sana.

Pertama-tama kita bisa membuat sketsa atau pola terlebih dahulu untuk urutan atau penempatan gambar planet yang nantinya akan diaplikasikan di dinding kelas.

Selanjutnya mulai lukis ilustrasi planet-planet tersebut dengan pilihan warna yang fun untuk membuat semangat belajar bertambah.

4. Menambahkan Rak pada Dinding sebagai Dekorasi

Agar space yang ada di sekitar dinding tidak terlihat kosong dan polos, maka kita bisa menambah beberapa furniture agar terlihat lebih berisi dan berfungsi.

Salah satu furniture yang bisa dipilih adalah rak yang biasanya dapat digunakan untuk menyimpan beberapa benda yang digunakan untuk kegiatan belajar.

Kita bisa menaruh buku, peralatan berkebun, pernak-pernik untuk prakarya, hingga alat-alat kebersihan di dalam rak tersebut.

Tidak hanya bersifat sebagai hiasan, rak tersebut juga dapat difungsikan untuk kebutuhan murid dan guru.

5. Membuat Mading (Majalah Dinding) untuk Ruang Kelas

Dekorasi hiasan dinding kelas yang terakhir adalah membuat majalah dinding atau yang lebih dikenal dengan mading.

Bentuk tim redaksi khusus setiap minggunya yang memberikan kesempatan untuk para murid menyumbangkan karya mereka yang akan ditempelkan pada mading tersebut.

Karya-karya tersebut bisa berupa cerpen, puisi, pantun, prakarya, atau mungkin artikel lainnya yang sehubungan dengan edukasi dan pembelajaran di kelas.

Selain mampu mempercantik ruang kelas, kehadiran mading pun akan meningkatkan interaksi, partisipasi, dan kreativitas para murid untuk lebih aktif lagi.

Dan, daripada bingung mencari referensi untuk membuat prakarya yang akan ditempelkan pada dinding kelas, buku Kreasi Anak Cerdas: Gunting, Tempel, Warnai (Edisi Merah Muda) akan mengajarkan anak-anak dalam mengembangkan kreativitasnya.

Buku ini akan melatih kemampuan koordinasi antara mata dan tangan yang merangsang kinerja otak serta mengembangkan kecerdasan anak.

Buku aktivitas ini akan mengajak anak-anak untuk berkontribusi langsung dalam kegiatan yang memudahkan mereka dalam berkarya karena isinya sendiri sangat mudah untuk dipraktikkan.

Yuk, tunggu apa lagi, langsung order saja bukunya di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com