Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 5 Tokoh Dunia Paling Berpengaruh dalam Sejarah Peradaban Manusia

Kompas.com - 28/09/2022, 10:00 WIB
Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia Sumber Gambar: Freepik.com Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia
Rujukan artikel ini:
200 Tokoh Inspiratif Penemu Dan…
Pengarang: Ismadi dan Eri Andwiatwoni
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Apakah kamu pernah membayangkan bagaimana keadaan dunia ini berabad-abad yang lalu?

Seperti yang sudah banyak diceritakan, dunia tempat tinggal kita saat ini sudah banyak melewati proses peradaban dan evolusi manusia, mulai dari zaman purba hingga ke zaman ketika para tokoh dunia mulai melakukan penelitian dan penemuan.

Meski tidak langsung bisa terbukti, beberapa temuan-temuan tersebut tanpa disadari telah banyak berdampak positif bagi kehidupan manusia saat ini.

Setelah melalui proses yang panjang, tercatat ada 100 nama tokoh yang dianggap sebagai tokoh dunia paling berpengaruh, dinilai dari peran dan dedikasinya pada berbagai macam hal.

Siapa saja mereka? Berikut adalah lima orang diantaranya.

5 Tokoh Dunia Paling Berpengaruh dalam Sejarah

1. Johannes Gutenberg

Johannes Gutenberg Johannes Gutenberg

Negara Asal: Jerman

Dikenal Atas: Penemuan Movable Printing Press

Pada sekitar tahun 1440-an, mesin cetak sebenarnya sudah lebih dulu ditemukan, hal ini dibuktikan dari adanya beragam bentuk hasil pencetakan sederhana yang bisa ditemukan di Tiongkok dan Korea.

Beberapa tahun kemudian, seorang ahli logam bernama Johannes Gutenberg mencoba untuk memodifikasi alat cetak tersebut, supaya terlihat jauh lebih modern.

Gutenberg tercatat sebagai pencipta banyak jenis mesin cetak seperti mesin print movable yang berbasis tinta, mesin cetak yang digunakan untuk membuat anggur, dan masih banyak lagi.

Atas kontribusinya, ia sampai sekarang dikenal dengan julukan The Father of a Printing Revolution, dan hasil karya cetak pertamanya disebut dengan nama ‘gutenberg bible’, yakni sebuah buku alkitab 42 baris yang nilai estetikanya telah diakui dunia.

2. Isaac Newton

Sir Isaac Newton Sir Isaac Newton

Negara Asal: Inggris

Dikenal Atas: Menemukan hukum gerak Newton, mekanika Newton, dan lainnya.

Jika Isaac Newton tidak pernah menemukan ilmu Matematika dan Fisika, kita semua mungkin tidak akan pernah bisa memahami alasan mengapa benda-benda bisa jatuh ke bawah, dan berbagai fenomena kehidupan lainnya.

Semasa hidupnya, Isaac Newton banyak memperkenalkan teori dan hukum seperti hukum gerak Newton, mekanika Newton, gaya gravitasi, kalkulus, deret binomial, metode Newton, dan masih banyak lagi.

Berbagai hasil penemuan tersebut benar-benar terbukti bermanfaat sampai hari ini, berkat kontribusinya terutama pada dunia Sains, Isaac Netwon kemudian banyak dikenal sebagai ‘Bapak Ilmu Fisika klasik’.

3. Martin Luther

Martin Luther Martin Luther

Negara Asal: Romawi

Dikenal Atas: Tulisan-tulisan yang mempelopori reformasi Protestan

Martin Luther adalah seorang profesor teologi, komponis, imam, dan rahib yang namanya mulai dikenal publik saat beliau menentang beberapa ajaran dan praktik dalam Gereja Khatolik Roma.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Pada sekitar tahun 1520-an, Martin Luther banyak menyuarakan kritiknya terhadap beberapa pandangan Khatolik mengenai kebebasan dan hukuman akibat dosa yang dilakukan oleh manusia.

Berbagai kritikan tersebut juga ia lontarkan dalam beberapa tulisannya seperti “Kepada Bangsawan Kristen dari Negara Jerman (1520)” dan “Tentang Kebebasan Seorang Kristen (1520)”

Dari beragam aksi protes yang ia kemukakan, Martin Luther dianggap sebagai salah satu tokoh pencetus reformasi Kristen Protestan, dan namanya banyak dikenang sampai hari ini.

4. Charles Darwin

Charles Darwin Charles Darwin

Negara Asal: Inggris

Dikenal Atas: Teori evolusi manusia dan spesies lainnya

Jika membicarakan soal evolusi dan peradaban manusia, nama Charles Darwin tentu tidak bisa dilewatkan begitu saja, sebab beliau sampai sekarang dikenal sebagai salah satu tokoh yang berkontribusi terhadap teori tersebut.

Dalam teorinya, Darwin mengemukakan bahwa semua spesies pada hakikatnya berasal dari satu nenek moyang yang sama, yang kemudian berkembang menjadi lebih besar dari waktu ke waktu.

Secara spesifik, berbagai teori evolusi yang dikemukakan oleh Darwin bisa kamu baca di beberapa bukunya seperti On the Origin of Species (1895), The Descent of Man, dan Selection in Relation to Sex (1871).

5. William Shakespeare

William Shakespeare William Shakespeare

Negara Asal: Inggris

Dikenal Atas: Karya Kolaborasi

Kalau kamu familiar dengan kisah romansa klasik “Romeo and Juliet” yang melegenda, kamu juga harus mengetahui siapa tokoh besar dibalik penciptaan karya tersebut, beliau adalah William Shakespeare.

Sebagai seorang pujangga dan aktor nasional Inggris, William Shakespeare juga telah banyak menghasilkan karya-karya kolaborasi seperti ’39 drama’, ‘154 soneta’, dan masih banyak lagi.

Atas perannya dalam dunia seni tersebut, William Shakespeare telah dijuluki sebagai ‘Pujangga dari Avon’, sekaligus juga dikenal sebagai salah satu penulis terhebat dan aktor termasyhur yang karyanya masih bisa dinikmati sampai hari ini.

Selain kelima nama tokoh diatas, sebenarnya masih banyak tokoh lain yang juga dianggap sebagai tokoh paling berpengaruh bagi dunia dan peradaban manusia.

Jika kamu penasaran dan ingin mengenal lebih dalam mengenai biografi dan peran tokoh-tokoh tersebut, kamu bisa temukan informasinya dalam buku 200 Tokoh Inspiratif Penemu dan Pengubah Dunia karya Ismadi dan Eri Andwiatwoni.

Dalam buku ini, memuat 200 riwayat singkat para penemu dan proses penemuannya yang disajikan secara singkat dan padat, dengan bahasa yang mudah dipahami.

Selain itu, di dalam buku ini juga berisi kutipan-kutipan bijak dari para tokoh dunia yang bisa kita jadikan inspirasi.

Bagi kamu yang penasaran, kamu bisa membeli buku ini melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com