Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shining Shimmering Splendid Artinya Apa Ya? Ini Fakta Menarik dari Lagu Aladdin

Kompas.com - 10/07/2022, 12:00 WIB
Shining Shimmering Splendid Artinya Sumber Gambar: elle.com Shining Shimmering Splendid Artinya
Rujukan artikel ini:
Disney Movie Collection: Aladdin
Pengarang: Disney
|
Editor Ratih Widiastuty

Kesuksesan film Aladdin yang diproduksi oleh Walt Disney turut mengangkat popularitas dari soundtrack lagunya yang berjudul A Whole New World.

Baru-baru ini pun dibawakan oleh salah satu mantan anggota One Direction, Zayn Malik, sebagai soundtrack film Aladdin versi live action.

Vibes Timur Tengah, melodi yang menghipnotis, dan lirik lagu yang indah menjadikan A Whole New World sebagai salah satu lagu soundtrack paling populer dan melegenda.

Bahkan, A Whole New World sendiri sudah beberapa kali diaransemen dan dinyanyikan oleh penyanyi yang berbeda-beda, tapi tetap masih memiliki kekuatan magic yang sama di telinga para penggemar film Aladdin.

Aladdin sendiri telah dirilis sebelumnya di tahun 1992 dalam format animasi.

Pada tahun 2019, Disney pun resmi menghadirkan film Aladdin dalam bentuk live action agar kekuatan dan keindahan dalam jalan ceritanya bisa tersampaikan secara lebih nyata.

Dalam soundtrack untuk film versi live action-nya sendiri memiliki aransemen dengan nuansa Timur Tengah yang semakin membuat lagunya menjadi syahdu di telinga.

Apalagi terdapat satu penggalan lirik yang sepertinya sekarang ini tengah viral dan banyak digunakan di media sosial, yaitu “Shining Shimmering Splendid” yang mungkin banyak orang penasaran akan artinya.

Ditambah lagi, fakta menarik apa saja yang terdapat dalam lagu A Whole New World? Berikut fakta menarik yang terdapat dalam lagu A Whole New World sekaligus arti dari lirik Shining Shimmering Splendid.

Fakta Menarik Lagu A Whole New World

Lagu A Whole New World memang terkenal fenomenal, tapi tahukah kamu siapa pencipta dan penyanyi asli dari lagu ini?

Lagu A Whole New World diciptakan oleh Tim Rice dan Alan Menken yang dirilis pada 31 Oktober 1992.

Lagu ini merupakan sebuah balada antara dua tokoh utama, yakni Aladdin dan Jasmine dalam filmnya yang dinyanyikan oleh Brad Kane dan Lea Salonga.

Lagu A Whole New World juga mencatatkan beberapa prestasi, seperti berhasil menjadi lagu Disney pertama yang menempati posisi puncak dalam tangga lagu Billboard Hot 100.

Tidak hanya itu, sejak pertama kali dirilis, lagu ini berhasil terjual hingga 500 ribu kopi.

Prestasi lainnya yang berhasil ditorehkan oleh lagu A Whole New World ialah memboyong Piala Oscar yang ke-65 kategori Best Original Song dan Piala Grammy Awards yang ke-36 untuk kategori Song of the Year.

Jika ditilik dalam filmnya, lagu A Whole New World mempunyai makna yang ingin ditunjukkan oleh Aladdin kepada Jasmine tentang betapa indah dan luasnya dunia, mengingat Jasmine yang terjebak di dalam istana sepanjang hidupnya.

Tidak hanya menunjukkan keindahan dunia, Aladdin juga turut menyampaikan perasaan cintanya terhadap Jasmine melalui lagu tersebut.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Fakta menarik lainnya mengenai lagu ini ialah terdapat enam versi lagu yang berbeda, mulai dari versi pertama yang dinyanyikan oleh Brad Kane dan Lea Salonga, Peabo Bryson dan Regina Belle, Ricardo Montaner dan Michelle, Adam Jacobs dan Courtney Reed, hingga yang terbaru oleh Zayn Malik dan Zhavia Ward.

Lalu, apa arti dari penggalan lirik lagu A Whole New World yang berbunyi Shining Shimmering Splendid?

Arti Shining Shimmering Splendid

Memang tidak bisa disangkal ketika mendengar kalimat shining shimmering splendid pastinya sebagian besar orang akan langsung mengingat film Aladdin, karena potongan lirik dari lagi A Whole New World ini memang terdengar indah dan mudah diingat.

Bagi kamu yang mungkin lupa bagian mana dari penggalan lirik ini, berikut sedikit potongan lagunya:

I can show you the world

Shining, shimmering, splendid

Tell me, Princess, now when did

You last let your heart decide?

Namun, di balik kata-katanya yang terdengar menancap di benak, penggalan lirik “shining, shimmering, splendid“ sendiri secara harfiah berarti bersinar berkilauan indah, di mana dalam filmnya ini merujuk pada Aladdin ketika memperlihatkan keindahan dunia pada Jasmine saat menaiki karpet terbang.

Akan tetapi, kalimat ini juga sekarang ini kerap digunakan dalam obrolan dalam media sosial untuk menggambarkan tampang seseorang yang terlihat cantik, ganteng, cakep, atau bening.

Memang tidak lengkap rasanya jika sebuah kalimat yang menarik tidak dibuat viral dan kekinian oleh para warga media sosial.

Setelah puas akan arti dari kalimat shining shimmering splendid, kini saatnya untuk kamu mulai bernostalgia dengan cerita Aladdin melalui buku Disney Movie Collection: Aladdin.

Buku ini bercerita tentang Aladdin yang menemukan lampu ajaib dan menjadi seorang tuan bagi Genie yang dapat mengabulkan tiga permintaan.

Namun, penasihat sultan yang jahat bernama Jafar berusaha untuk merebut lampu ajaib tersebut.

Dimulailah petualangan Aladdin bersama Genie untuk menyelamatkan Kesultanan sekaligus merebut hati Jasmine.

Buku Disney Movie Collection: Aladdin ini bisa kamu pesan dan beli melalui Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com