Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Situs Baca Novel Indonesia Populer, 100% Legal!

Kompas.com - 01/11/2021, 14:24 WIB
Sumber gambar : pixabay.com
Rujukan artikel ini:
Keajaiban Toko Kelontong Namiya
Pengarang: Keigo Higashino
Penulis Lika Purnama
|
Editor Novia Putri Anindhita

Siapa sih yang nggak suka menghabiskan waktu berlama-lama di toko buku? Mengitari rak-rak yang penuh dengan deretan buku berbaris rapi tentu menjadi kesenangan tersendiri.

Apalagi jika salah satu diantara rak-rak itu terdapat buku dari penulis favorit yang plastiknya terbuka, berdiri berlama-lama untuk membaca pun tak jadi persoalan.

Sebut saja Tere Liye, Leila S. Chudori, Dee Lestari dan sederet nama-nama penulis Indonesia lainnya yang bukunya selalu masuk jajaran buku terlaris.

Sayangnya, akibat pandemi yang berlangsung begitu lama, kebiasaan mengunjungi toko buku menjadi tidak bisa leluasa seperti dulu.

Tetapi tak perlu khawatir, sebab banyak novel-novel Indonesia yang sekarang sudah tersedia versi e-book dan dapat dibaca secara digital.



Meskipun memang memegang buku fisik akan selalu memunculkan kepuasan tersendiri, namun tak ada salahnya mencoba eksplorasi kebiasaan baru membaca buku digital atau e-book.

Selain sebagai pengganti obat rindu ke toko buku, e-book juga lebih efisien dan fleksibel karena dapat diakses dimana saja.

Namun, membaca novel secara digital bukan berarti kita bisa sembarang membaca tanpa memperhatikan dari mana e-book itu berasal.

Sebab, masih banyak masyarakat yang justru salah informasi atau bahkan terang-terangan memilih berlabuh pada e-book ilegal yang beredar bebas di pasaran.

Alasan mereka pun beragam, mulai dari harga buku yang dipandang sangat jauh lebih murah dari toko buku resmi, hingga tidak mengetahui bagaimana cara membeli e-book yang original.

Padahal, ada beberapa situs yang memungkinkan kamu untuk membaca novel indonesia secara digital dengan harga yang terjangkau, bahkan gratis dan pastinya legal.

Berikut adalah 3 diantaranya:

1. iPusnas

Aplikasi iPusnas adalah perpustakaan versi digital yang dikelola secara resmi oleh tim Perpustakaan Nasional.

Cara membaca buku di situs ini hampir mirip dengan perpustakaan pada umumnya, yaitu kamu harus melakukan registrasi pada aplikasi iPusnas menggunakan alamat email dan nomor telepon.

Setelah proses registrasi dan pembuatan akun selesai, kamu dapat mencari novel yang kamu inginkan.

Setiap pengguna diberi batas waktu sekitar satu minggu untuk mengembalikan buku yang telah dipinjam.

iPusnas memiliki beragam koleksi novel-novel Indonesia dari penulis baru hingga terkemuka.

Namun, stok novel yang ada di iPusnas dibuat terbatas, sehingga kamu harus menunggu antrean yang cukup panjang untuk beberapa waktu sampai ada pengguna lain yang mengembalikan novel tersebut.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

2. Storial.co

Situs ini menyediakan berbagai macam genre novel Indonesia yang dapat kamu baca, mulai dari romance, horor, hingga novel adult romance.

Uniknya, tak hanya menyediakan bacaan, situs ini juga memungkinkan kamu untuk menulis cerita milikmu sendiri.

Di situs Storial.co, kamu bisa membaca novel Indonesia dengan gratis, namun ada pula fitur premium berbayar yang memungkinkan kamu untuk membaca bab-bab premium yang biasanya dikunci.



3. Gramedia Digital

Pecinta buku yang hobi membaca e-book pasti tak asing dengan situs yang satu ini.

Gramedia Digital adalah platform berbayar tempat kamu bisa membaca berbagai macam judul buku mulai dari novel fiksi, non fiksi, buku pengembangan diri, hingga buku resep.

Aksesnya cukup mudah, kamu bisa mengunduh aplikasi Gramedia Digital di gawai kesayangan lalu membuat akun dengan mendaftarkan email atau nomor telepon.

Platform ini memberikan pilihan bagi penggunanya untuk membeli e-book satuan atau paket berlangganan yang ramah di kantong.

Kelebihannya, kamu tidak perlu menunggu antrean dan buku yang tersimpan pada library di akun Gramedia Digital milikmu bisa dibaca meskipun tidak memiliki koneksi internet.



Buat kamu yang bingung memilih novel apa yang menarik untuk dijadikan bahan bacaan selanjutnya, mungkin novel-novel dari Keigo Higashino patut untuk dicoba.

Rekomendasi yang pertama adalah novel berjudul Keajaiban Toko Kelontong Namiya.

Novel heartwarming ini memiliki konsep yang sederhana, tentang tiga berandalan yang bersembunyi di sebuah toko kelontong pada dini hari setelah mereka mencuri.

Tiga berandalan itu dikejutkan dengan surat-surat aneh yang datang ke toko itu, dan tanpa terasa mereka terus membalasnya.

Setiap bab dalam Keajaiban Toko Kelontong Namiya akan memberikan pelajaran berharga tentang kehidupan.

Kamu akan dibawa terbang ke masa lalu, masa kini, dan masa depan, dengan cara yang begitu menyenangkan.

Buku ini secara tidak langsung memberikan pemahaman menarik bahwa ketika seseorang meminta saran, mereka sebetulnya telah memiliki keputusan namun hanya ingin dikuatkan.

Selain itu, buat kamu yang suka berpetualang mengupas kasus bersama detektif, Keigo Higashino juga menulis novel-novel menarik lainnya seperti Pembunuhan di Nihonbashi dan Catatan Pembunuhan sang Novelis.

Buku-buku best seller karya Keigo Higashino ini tersedia di Gramedia.com, dan bisa kamu baca e-booknya di Gramedia Digital.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com