Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Cepat, Dijamin Ampuh!

Kompas.com - 03/07/2023, 10:00 WIB
Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Cepat Sumber Gambar: Freepik.com  Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Cepat
Rujukan artikel ini:
All About Skincare
Pengarang: Nada A.
Penulis Okky Olivia
|
Editor Puteri

Selain jerawat, bruntusan juga termasuk salah satu permasalahan kulit yang paling umum dirasakan oleh sebagian besar orang.

Bruntusan ini merupakan sebuah kondisi ketika beberapa bintik merah kecil muncul di kulit dan membuat permukaan kulit terasa kasar, tidak rata, bahkan terlihat ‘gradakan’.

Selain itu, bruntusan terkadang juga ditandai dengan mengelupasnya permukaan kulit secara berlebihan, hal ini biasanya terjadi pada orang-orang dengan kulit yang kering.

Dengan bentuk yang cenderung kecil dibandingkan jerawat, bruntusan sebenarnya tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya, tapi tetap saja bisa mengganggu penampilan.

Bicara soal penyebab, banyak sumber yang mengatakan kalau bruntusan ini disebabkan oleh adanya jerawat, komedo, dan milia yang menyumbat pori-pori di kulit wajah.

Untuk mengatasinya, perlu ada beberapa langkah perawatan tertentu untuk bisa menghilangkan bruntusan dengan cepat.

Perlu diingat, bruntusan terkadang juga bisa menjadi tanda bahwa kulit sedang sensitif, jadi cobalah untuk lebih cermat dalam memilih produk perawatan kulit dan hindari bahan-bahan tertentu yang bisa memicu alergi.

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan bruntusan dengan cepat dan bisa kamu lakukan di rumah.

Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Cepat

1. Rutin Membersihkan Kulit

Cara pertama untuk menghilangkan bruntusan dengan cepat adalah rutin membersihkan kulit terutama kulit wajah.

Langkah ini sangat penting untuk menjaga kulit tetap bersih dan terhindar dari kotoran, debu, dan riasan make up yang masih tertinggal dan bisa menyumbat pori-pori.

Cobalah untuk menerapkan double cleansing agar hasilnya lebih maksimal, misalnya dengan mengaplikasikan cleansing balm atau milk cleanser terlebih dahulu, baru kemudian gunakan micellar water dan sabun pencuci muka atau facial wash.

Gunakan facial wash yang bahan dasarnya ringan dan bebas dari pewangi, hindari bahan-bahan tertentu yang bisa membuatmu alergi.

Selain itu, mandi lebih dari 10 menit juga bisa membuat kulit terasa kering dan memperparah bruntusan, jadi usahakan mandi sesuai dengan waktu yang normal dan jangan lupa keringkan tubuh dengan baik setelah mandi.

2. Lakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi berguna untuk mengangkat sel kulit mati sekaligus membantu melawan bruntusan sehingga kulit wajah akan terlihat lebih halus.

Proses eksfoliasi ini bisa dilakukan dengan 2 cara, yakni secara fisik dan kimia tergantung dari produk yang digunakan.

Eksfoliasi fisik biasanya menggunakan produk scrub yang bisa mengikis sel kulit mati, sayangnya produk ini tidak disarankan untuk pemilik kulit sensitif karena bisa memicu pertumbuhan jerawat dan menimbulkan kemerahan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Sementara itu, eksfoliasi kimia biasanya menggunakan toner atau serum yang memiliki kandungan bahan AHA BHA yang memang berfungsi untuk menyembuhkan berbagai jenis permasalahan pada kulit.

Tapi cobalah untuk lebih cermat saat mengeksfoliasi kulit dan pastikan mengikuti petunjuk pemakaian dari produk yang digunakan agar kulit terhindar dari iritasi yang justru akan semakin memperparah bruntusan di kulitmu.

3. Jangan Lupa Gunakan Pelembab

Setelah eksfoliasi, kamu juga bisa mengoleskan krim pelembab yang berfungsi untuk menjaga hidrasi kulit dan mencegah kulit mengalami kemerahan, selain itu juga berfungsi untuk membuat produk make up lebih menyatu dengan kulit.

Pelembab juga berfungsi untuk mencegah kulit menjadi kering, tidak hanya untuk pemilik kulit yang kering tapi juga untuk pemilik kulit berminyak.

Saat memilih produk pelembab, jangan lupa untuk memilih bahan dasar yang tidak memicu alergi, terutama untuk kamu yang kulitnya sensitif.

4. Rutin Minum Air Putih

Cara selanjutnya yang tidak boleh dilupakan adalah rutin minum air putih, sebab salah satu manfaat air putih ini adalah untuk menjaga kelembapan kulit.

Tubuh yang kekurangan cairan biasanya akan terlihat dari kulit yang kering dan bersisik, jadi usahakan untuk rutin minum air putih setidaknya satu liter sehari, sesuai anjuran para ahli medis.

Tidak hanya bermanfaat untuk kulit, rutin minum air putih juga bisa membantu menyehatkan sistem pencernaan, menjaga tekanan darah, menghindari penyakit jantung, dan menjaga kesehatan tulang.

5. Gunakan Masker Tea Tree Oil

Tea tree oil merupakan salah satu bahan dasar yang biasa digunakan pada produk perawatan kulit yang berfungsi untuk mengatasi kulit berjerawat dan bruntusan.

Tea tree oil ini mengandung sifat antibakteri yang dipercaya ampuh membersihkan dan menenangkan pori-pori di kulit, sekaligus juga bisa mengeringkan komedo dan menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Selain itu, tea tree oil juga memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa menghambat tumbuhnya jerawat dan mengentaskan kulit dari bruntusan.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan bruntusan dengan cepat yang bisa kamu lakukan di rumah menggunakan bahan-bahan yang bisa didapatkan dengan mudah.

Dengan begitu banyaknya informasi di media sosial dan beragam komposisi yang terdapat dalam berbagai produk skincare, sering kali membuat banyak orang kebingungan untuk menentukan jenis skincare mana yang cocok untuk kondisi kulitnya.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menemukan banyak informasi mengenai skincare dalam buku All About Skincare yang ditulis oleh Nada A.

Buku ini akan membantu mengenalkan berbagai macam kandungan skincare dan bahan-bahan apa saja yang harus dihindari oleh pemilik kulit sensitif.

Selain itu, buku ini juga berisi materi mengenai cara mengenal kulit wajah, cara mengaplikasikan skincare sesuai jenis kulit, dan sekaligus membagikan beberapa rekomendasi makanan yang bermanfaat untuk menutrisi kulit.

Kalau tertarik, kamu bisa mendapatkan buku ini di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com