7 Contoh Ice Breaking Untuk Mencairkan Suasana 

Lihat Foto
Photo by Matheus Bertelli on Pexels
contoh ice breaking
Rujukan artikel ini:
150 Teka-Teki Asyik Untuk Ice…
Pengarang: Johan Suwignjo
|
Editor: Rahmad

Kegiatan ice breaking merupakan kegiatan yang biasanya disusun dalam seminar-seminar baik di lingkungan kantor maupun organisasi. Kegiatan ice breaking dinilai mampu mencairkan suasana.

Terutama kondisi yang cukup serius atau menegangkan antar pendengar atau peserta seminar. Ada beberapa contoh ice breaking yang bisa digunakan untuk acara resmi.

Cara ini bisa disesuaikan dengan peserta yang terlibat, seperti dari status, umur, pekerjaan, dan sebagainya.

Salah satu tujuan dari ice breaking ini adalah memberikan kesempatan kepada para peserta untuk saling mengenal, memahami satu sama lain dan berinteraksi dengan baik satu sama lain.

Dengan begitu, tidak ada sekat yang bisa melakukan pelatihan dengan suasana yang lebih menyenangkan. Hal yang sama berlaku jika kegiatan ini dilakukan di lingkungan kerja atau di antara jam kerja.

Contoh Ice Breaking

Berikut ini contoh ice breaking yang bisa kamu terapkan di berbagai acara:

1. Permainan Harimau Memakan Harimau

Dari namanya, game ini memang terlihat sangat menyeramkan, walaupun sebenarnya tidak. Dalam permainan ini, peserta diminta membentuk lingkaran dan mengangkat tangan ke samping.

Tangan kanan terbuka seperti menanyakan sesuatu dan tangan kiri seperti menunjuk. Letakkan tangan kiri di tangan kanan teman di sebelah teman dan seterusnya.

Kunci dari permainan ini adalah ketika pemandu acara menyebutkan kata harimau dalam cerita, peserta harus meletakkan jari telunjuknya di atas tangan kanan peserta lain.

Selain itu, dia harus meletakkan tangan kirinya di tangan kanan kontestan lain sesegera mungkin agar dia tidak perlu makan.

Pemain yang jarinya terjepit dalam permainan dapat dihukum atau dianggap kalah dan permainan dilanjutkan.

2. Permainan Rumus Benar-Salah

Permainan ini lebih mengandalkan satu orang yang bertindak sebagai pemandu dan melatih konsentrasi para peserta. Cara memainkannya ice breaking ini tidak sulit asalkan fokus pada dengan rumus benar-salah.

Orang yang dipilih akan diminta untuk mengarahkan permainan dan menjelaskan permainan tersebut. Kemudian, setiap peserta diminta untuk berdiri di depan pemandu.

Setiap pemimpin berhak mengubah formula sesuka hati, sehingga permainan ini melatih konsentrasi para pekerja.

3. Strip Seven

Cara memainkan permainan ini adalah dengan membentuk lingkaran dan mengatur peserta. Mereka akan ditugaskan secara acak untuk menghitung satu dan mengikuti temannya searah jarum jam. Sebelum sampai ke hitungan 7, peserta tidak boleh mengatakan 7.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Tetapi menggantinya dengan tepuk tangan. Setelah bertepuk tangan, mulailah dengan angka 1, 2, 3, dst. Semakin lama angka-angka ini diucapkan dan akan semakin cepat.

Mereka yang kalah jika terlambat berbicara, mengucapkan angka 7, dan salah mengucapkan urutan angka.

4. Permainan Kata Kunci

Pada dasarnya, tujuan dari ice breaker kata kunci adalah untuk menguji ketelitian peserta dengan mendengarkan cerita dan kata kunci yang disebutkan dalam panduan.

Caranya adalah dengan mengarahkan seorang untuk menemui pemandu yang akan bercerita. Sebelumnya, pemandu harus diberi kata isyarat, dan ketika disebutkan, staf harus menjawab dengan "oh, oh, ya" (atau kata-kata lain yang disepakati).

5. Cocokkan kata-katanya

Permainan pencocokan kata adalah permainan di mana setiap peserta membentuk kalimat dari kata yang disebutkan sebelumnya oleh setiap peserta sebelumnya. Caranya adalah mengarahkan peserta untuk mengucapkan sepatah kata.

Peserta berikut harus dapat mengucapkan setiap kata yang diucapkan sebelumnya, satu kata pada satu waktu, hingga mereka dapat membentuk sebuah kalimat.

Jika ada kesalahan dalam mengucapkan kata, orang tersebut harus menerima hukuman ringan. Permainan ini diyakini dapat melatih konsentrasi dan daya ingat para peserta.

6. Tebak-tebakan Lucu

Tebak-tebakan lucu jadi contoh ice breaking yang ampuh untuk mencairkan suasana. Tebak-tebakan ini juga punya banyak alternatif seperti lewat media gambar, logo, atau lewat kata-kata.

Ini merupakan permainan yang bertujuan untuk menambah pengetahuan peserta sekaligus waktu sela.

Selain itu, cara ini juga membantu memberi kesan acara yang tidak membosankan dan kaku. Apalagi jika tipe acara yang dibuat cukup serius dalam waktu yang lama. Ice breaking ini mungkin membutuhkan pemandu acara yang memiliki banyak tebak-tebakan lucu.

7. Permainan Siapa Dia

Permainan ini adalah contoh ice breaking yang bisa membuat masing-masing peserta lebih mengenal satu sama lain.

Cara bermainnya adalah dengan mengajak seorang peserta atau untuk memperkenalkan nama.

Karyawan berikutnya kemudian diminta untuk menyebutkan nama peserta sebelumnya tersebut hingga urutan seterusnya. Jika seorang peserta tidak mengetahui nama peserta, ia harus berani bertanya langsung kepada peserta tersebut.

Buku 150 Teka-Teki Asyik Untuk Ice Breaker yang ditulis Johan Suwignjo bisa kamu jadikan referensi tentang contoh ice breaking yang akan membangkitkan minat audiens, agar mereka menjadi bersemangat kembali. Contoh ini bisa digunakan di berbagai acara.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

TAG:

Terkini
Lihat Semua
Jelajahi